Profil & Informasi tentang Negara Brasil [Lengkap]

Profil negara Brasil

Informasi mengenai Brasil.

NamaBrasil
Nama resmiRepublik Federasi Brasil
República Federativa do Brasil (Portugis)
Respublica Foederativa Brasiliae (Latin)
Federative Republic of Brazil (Inggris)
Ibu kotaBrasília
SemboyanOrdem e Progresso
(Portugis: "Orde dan Kemajuan")
Lagu kebangsaanHino Nacional Brasileiro
(Portugis: "Lagu Kebangsaan Brasil")
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
Kemerdekaan7 September 1822
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPresiden
Badan LegislatifKongres Nasional (Senado Federal + Câmara dos Deputados)
Bahasa NasionalPortugis
AgamaKatolik Roma
Kristen
Kardisisme spiritisme
Agama Afro-Brasil
Buddha
Yahudi
Islam
Agama Amerindian
Mata UangReal (R$) (BRL)
Zona Waktuberagam (UTC−2 hingga −5)
Kode Telepon+55
Domain.br
Situs Resmihttps://www.gov.br/pt-br
Jumlah Penduduk211.715.973 (estimasi Juli 2020)

Republik Federal Brasil adalah negara terluas dan paling banyak penduduknya di Amerika Selatan. Brasil merupakan negara paling timur di Benua Amerika yang berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudera Atlantik.

Nama Brasil terinspirasi dari kayu brasil. Sebagai bekas koloni Portugal, Brasil menggunakan bahasa Portugis sebagai bahasa resmi. Selain itu, Brasil terkenal sebagai penghasil kopi terbesar di dunia.

Batas-batas wilayah Brazil:

Letak negara Brazil
Letak Brasil

Brazil memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan sebagai berikut.

Bendera negara Brazil
Bendera Brasil

Pembagian Administratif

Brasil adalah republik federasi yang terdiri dari 26 negara bagian, satu distrik federal, dan 5570 kotamadya. Negara bagian memiliki otonomi terbatas dalam pembuatan undang-undang daripada di Amerika Serikat.

Negara bagian dan distrik federal dapat dikelompokkan menjadi: Utara, Timur Laut, Tengah-Barat, Tenggara, dan Selatan. Region Brasil tersebut hanya divisi geografis bukan divisi administratif.

Meskipun didefinisikan oleh hukum, region Brasil berguna dalam keperluan statistik dan juga penentuan distribusi dana federal dalam proyek-proyek pembangunan.

Pembagian wilayah administratif Brazil
Region dan negara bagian di Brasil.

Geografi

Brasil berdaulat di sepanjang pantai timur Amerika Selatan dan mencakup sebagian besar ruang benua itu. Brasil berbagi perbatasan dengan setiap negara Amerika Selatan kecuali Ekuador dan Chili.

Negeri tersebut juga berdaulat atas sejumlah kepulauan di lautan seperti Fernando de Noronha, Rocas Atoll, Saint Peter dan Paul Rocks, serta Trindade dan Martim Vaz.

Termasuk kepulauan di Samudra Atlantik, letak astronomis Brasil adalah di antara 6°LU hingga 34°LS dan 28°BB hingga 74°BB.

Brasil adalah negara terluas kelima di dunia dan ketiga terluas di Amerika. Luas wilayah negara Brasil adalah 8.515.767,049 km², termasuk perairan seluas 55.455 km². Sekitar 204,5 juta orang tinggal di negara ini berdasar sensus tahun 2017.

Brasil terbagi dalam empat zona waktu.

  • UTC -5: Negara bagian Acre dan bagian paling barat Amazonas,
  • UTC -4: Brasil bagian barat,
  • UTC -3: Brasil bagian timur (waktu nasional),
  • UTC -3: Kepulauan di Samudera Atlantik.
Lambang negara Brazil
Lambang negara Brasil

Agama

Agama di Brasil didominasi oleh Katolik Roma. Brasil adalah negara dengan populasi umat Katolik terbesar di dunia. Menurut Sensus Demografis 2000:

  • Katolik Roma dipeluk oleh 73,57% populasi
  • 15,41% Protestan
  • 1.33% Kardisisme spiritisme
  • 1.22% denominasi Kristen lain
  • 0,31% agama Afro-Brasil
  • Buddha 0,13%
  • Yudaisme 0,05%
  • 0,02% Islam
  • 0,01% agama Amerindian
  • 0,59% agama lain, tidak diberitahukan, atau belum menentukan
  • 7,35% mengaku ateis.
Chapada Diamantina, di Taman Nasional Chapada Diamantina, Bahia.
Chapada Diamantina, di Taman Nasional Chapada Diamantina, Bahia.

Bahasa

Bahasa resmi Brasil adalah Portugis (Pasal 13 Konstitusi Republik Federal Brasil) yang secara luas digunakan di seluruh negeri.

Portugis Brasil memiliki perkembangannya sendiri. Sebagian besar Portugis Brasil mirip dengan dialek Tengah dan Selatan Eropa Tengah abad ke-16 dengan sedikit dipengaruhi bahasa Amerindian dan Afrika Barat.

Brasil adalah negara satu-satunya yang menggunakan bahasa Portugis di Amerika, menjadikan bahasa itu sebagai bagian penting dari identitas nasional Brasil dan memberinya budaya nasional yang berbeda dari negara-negara tetangga yang berbahasa Spanyol.

Hutan Amazon
Hutan Amazon

Pada tahun 1990, Komunitas Negara-Negara Bahasa Portugis (CPLP) yang beranggotakan semua negara yang menggunakan bahasa Portugis sebagai bahasa resmi mencapai kesepakatan tentang reformasi ortografi Portugis untuk menyatukan dua standar yang kemudian digunakan oleh Brasil di satu sisi dan negara-negara lusophone yang tersisa di sisi lain.

Reformasi ejaan tersebut berlaku di Brasil sejak 1 Januari 2009. Di Portugal, reformasi disahkan menjadi undang-undang pada 21 Juli 2008 yang memberikan periode adaptasi selama 6 tahun di mana kedua ortografi akan hidup berdampingan. Negara-negara CPLP lainnya bebas untuk membuat jadwal transisi mereka sendiri.

Seratus delapan puluh jenis bahasa Amerindian dituturkan di daerah terpencil dan sejumlah besar bahasa lainnya diucapkan oleh pendatang.

Ada beberapa komunitas Jerman (sebagian besar Hunsrückisch Brasil) dan Italia (kebanyakan dialek Talian) di daerah Selatan dan Tenggara.

Talian secara resmi merupakan warisan bersejarah Rio Grande do Sul dan dialek Jerman memiliki status bahasa kedua di beberapa kotamadya.

  • 2
    Shares