SemutAspal

Profil Negara Chili [Lengkap]

NamaChili
Nama resmiRepublik Chili
República de Chile (Spanyol)
Ibu kotaSantiago
SemboyanPor la razón o la fuerza
(Spanyol: "Dengan akal budi atau kekuatan")
Lagu kebangsaanHimno Nacional de Chile
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
Kemerdekaan12 Februari 1818
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPresiden
Badan LegislatifKongres Nasional (Senado + Cámara de Diputados)
Bahasa NasionalSpanyol
AgamaKristen dan Katholik
Mata UangPeso Chili ($) (CLP)
Zona WaktuWaktu Chili (CLT) dan Waktu Pulau Paskah (EAST) (UTC−3 and −5)
Kode Telepon+56
Domain.cl
Situs ResmiSitus Pemerintah
Jumlah Penduduk18.186.770 (estimasi Juli 2020)

Profil Negara Chili

Republik Chili, kadang-kadang dieja Chile, Cili, atau Cile, adalah sebuah negara berdaulat di Benua Amerika, tepatnya menghadap pantai Pasifik Amerika Selatan. Ibukota negara Chili adalah Santiago.

Batas-batas wilayah Chili:

Republik ini memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Chili
Bendera Chili

Pembagian Administratif

Pada tahun 1978, negara Chile secara administratif dipecah dalam region. Pada tahun 1979, region dibagi menjadi beberapa provinsi yang kemudian dibagi lagi menjadi komune. Secara total, negara ini memiliki 16 region, 56 provinsi, dan 348 komune.

Berikut daftar 16 region di negara ini:

  1. Arica y Parinacota
  2. Tarapaca
  3. Antofagasta
  4. Atacama
  5. Coquimbo
  6. Valparaiso
  7. Metropolitan Santiago
  8. Libertador General Bernardo O’Higgins
  1. Maule
  2. Nuble
  3. Biobio
  4. Araucania
  5. Los Rios
  6. Los Lagos
  7. Aysen del General Carlos Ibanez del Campo
  8. Magallanes dan Antartika Chili

Setiap region memiliki nama dan angka Romawi yang diurutkan dari utara ke selatan, kecuali untuk Region Metropolitan Santiago yang tidak memiliki nomor.

Penciptaan dua region baru pada tahun 2007, Arica dan Parinacota (XV) dan Los Rios (XIV), dan satu region pada 2018, Nuble (XVI) membuat penomoran ini kehilangan urutan orisinalnya.

Lambang negara Chili
Lambang negara Chili

Geografi

Sebuah negara Kerucut Selatan berpantai panjang dan sempit di sisi barat Pegunungan Andes, negara ini membentang lebih dari 4.300 km dari utara ke selatan, tetapi hanya 350 km di titik terlebarnya. Negara ini memiliki berbagai iklim dan lanskap luar biasa.

Luas wilayah Chili adalah 756.950 km². Tidak termasuk pulau-pulau di Pasifik dan klaimnya di Antartika, letak astronomis negara Chili adalah di antara 17°LS hingga 56°LS dan 66°BB hingga 75°BB.

Negara ini termasuk salah satu negara terpanjang di dunia. Jika hanya melihat wilayah daratannya, negara ini unik karena sempit wilayahnya dari timur ke barat.

Negara ini mengklaim 1.250.000 km² wilayah Antartika sebagai bagian dari wilayahnya. Namun, klaim ini ditangguhkan di bawah Perjanjian Antartika. Negara ini adalah negara paling selatan di dunia secara geografis jika dilihat dari wilayah daratannya.

Negara ini berdaulat atas Pulau Paskah dan Pulau Sala y Gomez, salah satu pulau di kawasan Polinesia, yang dikuasai pada tahun 1888, dan Pulau Robinson Crusoe yang jaraknya lebih dari 600 km dari daratan.

Pulau-pulau kecil San Ambrosio dan San Felix juga ditinggali oleh nelayan lokal. Gurun Atacama mengandung kekayaan mineral yang luar biasa terutama tembaga dan nitrat.

Lembah Tengah yang relatif kecil mendominasi negara dalam hal populasi dan sumber daya pertanian. Daerah ini juga merupakan pusat sejarah perkembangan negara ini pada akhir abad ke-19.

Wilayah selatan negara ini dipenuhi hutan, tanah penggembalaan, gunung berapi, dan danau. Pegunungan Andes terletak di perbatasan timur.

Bahasa

Bahasa Spanyol adalah bahasa resmi Chili. Ada beberapa bahasa lokal di negara ini antara lain bahasa Mapudungun, Quechua, Aymara, dan Rapa Nui.

Setelah invasi Spanyol, bahasa Spanyol mengambil alih sebagai lingua franca dan bahasa pribumi menjadi bahasa minoritas. Bahasa Jerman masih dituturkan di wilayah selatan.

Melalui inisiatif seperti Program Membuka Pintu Bahasa Inggris, pemerintah membuat bahasa Inggris wajib bagi siswa kelas lima dan lebih tinggi. Sebagian besar sekolah swasta di negara ini mengajarkan bahasa Inggris mulai dari taman kanak-kanak.

Agama

Pada 2012, 66,6% populasi yang berusia lebih dari 15 tahun adalah jemaat Gereja Katolik Roma. Dalam sensus yang sama, 17% populasi adalah jemaat Gereja Evangelis.

Sekitar 90% jemaat Gereja Evangelis adalah Pantekosta. tetapi Wesleyan, Lutheran, Anglikan, Episcopalian, Presbyterian, Reformed, Baptis, dan Methodis juga ada. Orang tidak religius, ateis, dan agnostik mencapai 12% populasi.

Pada tahun 2015, agama dominan di Chili adalah Kristen (68%) dengan 55% populasi adalah jemaat Gereja Katolik Roma, 13% dari berbagai gereja Injili, dan 7% penganut agama lain. Agnostik dan ateis diperkirakan mencapai 25% populasi.

Pemerintah Chili menetapkan hari Natal, Jumat Agung, Pesta Perawan Carmen, Perayaan Santo Petrus dan Paulus, Perayaan Maria Diangkat ke Surga, Hari Semua Orang Kudus, dan Pesta Konsepsi Tanpa Noda sebagai hari libur nasional.

Baru-baru ini, pemerintah menyatakan Hari Reformasi yang jatuh pada 31 Oktober sebagai hari libur nasional untuk menghormati Gereja Evangelis di Chili.

Orang-orang kudus pelindung Chili adalah Our Lady of Mount Carmel dan St. James the Greater (Santiago). Pada tahun 2005, Paus Benediktus XVI mengkanonisasi Alberto Hurtado sebagai santo Katolik Roma pribumi kedua setelah Teresa de los Andes.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal