Profil & Informasi tentang Negara Moldova [Lengkap]

Profil negara Moldova

Informasi mengenai Moldova.

NamaMoldova
Nama resmiRepublik Moldova
Republica Moldova (Rumania)
Ibu kotaChișinău
Semboyan-
Lagu kebangsaanLimba noastră
Bentuk PemerintahanRepublik Parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
Kemerdekaan27 Agustus 1991
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifParlamentul
Bahasa NasionalRumania
AgamaOrthodox
Kristen
Kepercayaan lokal
Katolik Roma
Yahudi
Mata UangLeu Moldova (L) (MDL)
Zona WaktuWaktu Eropa Timur (EET) (UTC+2)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Timur (EEST) (UTC+3)
Kode Telepon+373
Domain.md
Situs Resmihttp://www.moldova.md/en
Jumlah Penduduk3.364.496 (estimasi Juli 2020)

Republik Moldova adalah sebuah negara berdaulat yang terletak di Eropa Timur. Moldova adalah negara yang tidak memiliki akses langsung ke laut.

Batas-batas wilayah Moldova:

Letak negara Moldova
Letak Moldova

Moldova memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Moldova
Bendera Moldova

Pembagian Administratif

Moldova dibagi menjadi 32 distrik, tiga kotamadya, dan dua daerah otonom (Gagauzia dan Transnistria). Status terakhir Transnistria diperdebatkan karena pemerintah pusat tidak mengontrol wilayah itu.

Moldova memiliki 66 kota, termasuk 13 dengan status kotamadya, dan 916 komune. 700 desa lain yang terlalu kecil untuk memiliki administrasi mandiri secara administratif merupakan bagian dari salah satu kota atau komune.

Pembagian wilayah administratif Moldova

Berikut daftar 32 distrik di Moldova.

  1. Anenii Noi,
  2. Basarabeasca,
  3. Briceni,
  4. Cahul,
  5. Cantemir,
  6. Călărași,
  7. Căușeni,
  8. Cimișlia,
  9. Criuleni,
  10. Dondușeni,
  11. Drochia,
  1. Dubăsari,
  2. Edineț,
  3. Fălești,
  4. Florești,
  5. Glodeni,
  6. Hîncești,
  7. Ialoveni,
  8. Leova,
  9. Nisporeni,
  10. Ocnița,
  11. Orhei,
  1. Rezina,
  2. Rîșcani,
  3. Sîngerei,
  4. Soroca,
  5. Strășeni,
  6. Șoldănești,
  7. Ștefan Vodă,
  8. Taraclia,
  9. Telenești,
  10. Ungheni.
Lambang negara Moldova

Geografi

Moldova secara astronomis terletak di antara 45°LU hingga 49°LU dan 26°BT hingga 30°BT. Moldova berada di wilayah seluas 33.851 km².

Moldova berada di antara Sungai Dniester dan Sungai Prut. Perbatasan barat Moldova dibentuk oleh Sungai Prut yang bergabung dengan Sungai Danube sebelum mengalir menuju Laut Hitam. Moldova memiliki akses ke Sungai Danube hanya sekitar 480 m dan Giurgiulești adalah satu-satunya pelabuhan Moldova di Sungai Danube.

Menara Prut dekat Fetești, Distrik Edineț
Menara Prut dekat Fetești, Distrik Edineț

Demografi

Istilah “Moldavian” pada awalnya menggambarkan penduduk Kerajaan Moldavia. Pada 1775, Austria menganeksasi bagian utara kerajaan yang kemudian dikenal sebagai Bukovina. Pada 1812, bagian timur Moldavia dianeksasi oleh Rusia yang kemudian dikenal sebagai Bessarabia.

Moldavian yang bergabung dengan Austria maupun Rusia tidak mengalami proses perkembangan bangsa yang sama seperti yang dialami Moldavian di Kepangeranan Denmark yang diidentifikasi diri sebagai Rumania baru.

Pada awal abad ke-20, apa yang sekarang disebut Moldova dihuni oleh etnis Rumania, Ukraina, Rusia, Polandia, Bulgaria, dan Nogai Tatar.

Pemandangan di Moldova, dengan Sungai Dniester
Pemandangan di Moldova, dengan Sungai Dniester

Bahasa

Bahasa resmi Moldova adalah bahasa Rumania, sebuah bahasa Roman yang terkait dengan bahasa Italia, Prancis, Spanyol, dan Portugal.

Deklarasi Kemerdekaan 1991 menamai negara menggunakan bahasa Rumania. Konstitusi 1994 menyatakan bahwa bahasa nasional Republik Moldova adalah Moldovan yang ditulis menggunakan abjad Latin.

Pada sensus 2014 (tidak termasuk Transnistrian), 54,6% populasi menggunakan bahasa Moldovan dan 24,0% populasi menggunakan bahasa Rumania.

Meskipun etnis Rusia hanya menyumbang 4,1% populasi, bahasa Rusia digunakan oleh 14,5% populasi. Sekitar 50% etnis Ukraina, 33% Gagauz, 33% orang Bulgaria, dan 5,7% Moldova memakai bahasa Rusia sebagai bahasa sehari-hari.

Gereja gua di Orhei Tua
Gereja gua di Orhei Tua

Agama

Pada sensus 2004, 93,3% populasi moldova adalah jemaat Gereja Kristen Ortodoks. Gereja Ortodoks Moldova otonom dan disubordinasikan ke Gereja Ortodoks Rusia. Gereja Ortodoks Bessarabia otonom dan disubordinasikan ke Gereja Ortodoks Rumania.

Baik Gereja Ortodoks Rumania mupun Gereja Ortodoks Moldova, keduanya mengklaim sebagai gereja nasional di Moldova. Lebih dari 2,0% populasi adalah Protestan termasuk Saksi-Saksi Yehuwa, 0,9% beragama lain, 1% adalah non-agama, 0,4% adalah ateis, dan 2,2% tidak menjawab pertanyaan agama pada sensus.

  • 1
    Share