SemutAspal

Profil Negara Ukraina [Lengkap]

Profil negara Ukraina
Profil negara Ukraina
NamaUkraina
Nama resmiУкраїна
Ukrayina (Ukraina)
Ibu kotaKiev
Semboyan-
Lagu kebangsaanЩе не вмерла Українa
Shche ne vmerla Ukraina
Bentuk PemerintahanRepublik Semi Presidensial
Sistem PemerintahanSemi Presidensial
Kemerdekaan24 Agustus 1991
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifВерховна Рада
Verkhovna Rada
Bahasa NasionalUkraina
AgamaKatolik Orthodox
Katolik Yunani
Kristen
Islam
Katolik Roma
Yahudi
Hindu
Mata UangHryvnia (₴) (UAH)
Zona WaktuWaktu Eropa Timur (EET) (UTC+2)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Timur (EEST) (UTC+3)
Kode Telepon+380
Domain.ua dan .укр
Situs ResmiSitus Pemerintahan
Jumlah Penduduk43.922.939 (estimasi Juli 2020)

Profil Negara Ukraina

Ukraina adalah sebuah negara berdaulat di Eropa Timur. Beserta Krimea, negara ini adalah negara terluas di Eropa dan terluas ke-46 dunia. Dengan populasi sejumlah 44,5 juta jiwa, negara ini adalah negara berpenduduk terbanyak ke-32 di dunia.

Batas-batas wilayah Ukraina:

Negara ini memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Ukraina
Bendera Ukraina

Pembagian Administratif

Termasuk Sevastopol dan Republik Otonom Krimea yang dianeksasi oleh Federasi Rusia pada tahun 2014, negara ini terdiri dari 27 region yang terdiri dari dua puluh empat oblast, satu republik otonom, dan dua kota status khusus.

Oblast dan kota status khusus dibagi lagi menjadi 490 raion dan kota. Luas rata-rata sebuah raion di negara ini adalah 1.200 km² dengan populasi rata-rata 52.000 orang.

Oblast:

  1. Cherkasy
  2. Chernihiv
  3. Chernivtsi
  4. Dnipropetrovsk
  5. Donetsk
  6. Ivano-Frankivsk
  7. Kharkiv
  8. Kherson
  9. Khmelnytskyi
  10. Kiev
  11. Kirovohrad
  12. Luhansk
  1. Lviv
  2. Mykolaiv
  3. Odessa
  4. Poltava
  5. Rivne
  6. Sumy
  7. Ternopil
  8. Vinnytsia
  9. Volyn
  10. Zakarpattia
  11. Zaporizhia
  12. Zhytomyr

Republik Otonom

  1. Republik Otonom Krimea

Kota dengan Status Khusus

  1. Kiev
  2. Sevastopol
Lambang negara Ukraina
Lambang negara

Geografi

Luas wilayah Ukraina adalah 603.628 km² dan memiliki garis pantai sepanjang 2.782 kilometer, menjadikannya sebagai negara terluas ke-46 di dunia (setelah Sudan Selatan dan sebelum Madagaskar).

Negara ini adalah negara Eropa terluas atau terluas kedua di Eropa (setelah bagian Eropa Rusia dan di atas Heksagon Prancis). Letak astronomis negara Ukraina adalah di antara 44°LU hingga 53°LU dan 22°BT hingga 41°BT.

Lanskap negara ini sebagian besar terdiri dari stepa dan dataran tinggi yang dilintasi oleh Sungai Dnieper (Dnipro), Seversky Donets, Dniester, dan Southern Bug yang mengalir menuju Laut Hitam dan Laut Azov. Di sebelah barat daya, delta Sungai Donau adalah batas alami negara ini dengan Rumania.

Negara ini memiliki Pegunungan Carpathian di barat dengan puncak tertingginya di Hora Hoverla (2.061 meter) dan Pegunungan Krimea di selatan yang ekstrim. Negara ini juga memiliki sejumlah dataran tinggi seperti Volyn-Podillia di sebelah barat dan Near-Dnipro di tepi Sungai Dnieper.

Di sebelah timur ada pegunungan barat daya dari dataran tinggi Rusia Tengah yang membentang hingga perbatasan Federasi Rusia. Di dekat Laut Azov dapat kita lihat Donets Ridge dan Near Azov. Salju meleleh dari pegunungan mengaliri sungai-sungai dan perubahan alam di ketinggian menciptakan air terjun.

Etnolog

Menurut sensus tahun 2001, etnis Ukraina sebanyak 77,8% populasi. Etnis lainnya adalah etnis Rusia (17,3%), Belarus (0,6%), Moldova (0,5%), Tatar Krimea (0,5%), Bulgaria (0,4%), Hungaria (0,3%), Rumania (0,3%), Polandia (0,3%).

Ada pula orang Yahudi (0,3%), Armenia (0,2%), Yunani (0,2%), dan Tatar (0,2%). Kawasan industri di timur dan tenggara adalah wilayah terpadat dan sekitar 67,2% populasi tinggal di daerah perkotaan.

Agama

Agama kristen adalah agama mayoritas di negara ini dengan 81,9% populasi penganutnya, 65,4% menyatakan diri sebagai Ortodoks, 7,1% Kristen, 6,5% Yunani Ritus Katolik, dan 1,9% Protestan. 1,1% adalah Islam dan 1% Katolik Ritus Latin.

Yahudi dan Hindu masing-masing 0,2% populasi. 16,3% populasi ateis sampai sekarang. Menurut survei yang dilakukan oleh Razumkov pada tahun 2000-an dan awal tahun 2010, jumlah tersebut relatif konstan.

Sebuah survei pada tahun 2006 dari Razumkov Center, menemukan bahwa: 62,5% responden ateis, 33,6% beragama Kristen (26,8% Ortodoks, 5,9% Katolik, dan 0,9% Protestan), 0,1% Yahudi, dan 3,8% beragama lain.

Bahasa

Menurut konstitusi, bahasa resmi Ukraina adalah bahasa Ukraina. Bahasa Rusia dituturkan oleh kebanyakan orang di bagian timur dan selatan.

Menurut sensus 2001, 67,5% populasi menyatakan bahasa Ukraina sebagai bahasa ibu mereka dan 29,6% menyatakan memakai bahasa Rusia. Kebanyakan penutur asli bahasa Ukraina tahu bahasa Rusia sebagai bahasa kedua.

Efektif sejak Agustus 2012, undang-undang tentang bahasa daerah memberikan bahasa lokal yang diucapkan oleh setidaknya 10% populasi dinyatakan sebagai bahasa resmi dareah tersebut.

Dalam beberapa minggu setelah penerapan undang-undang tersebut, bahasa Rusia dinyatakan sebagai bahasa daerah beberapa oblast dan kota di selatan dan timur. Bahasa Rusia sekarang dapat digunakan dalam pekerjaan kantor dan dokumen administrasi kota atau oblast tersebut.

Pada 23 Februari 2014 setelah revolusi, parlemen memilih untuk mencabut undang-undang tersebut. Namun, pencabutan itu tidak ditandatangani oleh penjabat Presiden Turchynov dan Presiden Poroshenko saat ini.

Bahasa Ukraina sering digunakan di wilayah barat dan tengah. Di wilayah tengah, bahasa Ukraina dan Rusia sama-sama digunakan. Bahasa Rusia umum dipakai di Kiev dan bahasa Ukraina adalah bahasa dominan di pedesaan.

Di timur dan selatan, bahasa Rusia banyak digunakan di kota dan bahasa Ukraina di pedesaan. Bahasa Hongaria dituturkan oleh orang-orang di Oblast Zakarpattia. Menurut Konstitusi Republik Otonom Krimea, bahasa Ukraina adalah satu-satunya bahasa republik otonom itu.

Namun, konstitusi itu secara khusus juga mengakui bahasa Rusia sebagai bahasa mayoritas penduduk dan menjamin penggunaannya di semua bidang kehidupan publik.

Demikian pula, bahasa Tatar Krimea (bahasa yang dipakai 12% populasi Krimea) diberi perlindungan khusus negara serta “bahasa etnis lain”. Penutur bahasa Rusia adalah mayoritas di Krimea (77%), penutur Tatar Krimea 11,4%, dan penutur bahasa Ukraina hanya terdiri dari 10,1%.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal