SemutAspal

Profil Negara Finlandia [Lengkap]

NamaFinlandia
Nama resmiRepublik Finlandia
Suomen tasavalta (Finlandia)
Republiken Finland (Swedia)
Ibu kotaHelsinki
Semboyan-
Lagu kebangsaanMaamme
Bentuk PemerintahanRepublik Parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
KemerdekaanKadipaten Agung Finlandia: 29 Maret 1809
Proklamasi: 6 Desember 1917
Diakui: 4 Januari 1918
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifEduskunta
Bahasa NasionalFinlandia dan Swedia
AgamaKristen
Orthodox Finlandia
Katholik Roma
Islam
Yahudi
Mata UangEuro (€) (EUR)
Zona WaktuWaktu Eropa Timur (EET) (UTC+2)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Timur (EEST) (UTC+3)
Kode Telepon+358
Domain.fi
Situs ResmiSitus Pemerintah
Jumlah Penduduk5.571.665 (estimasi Juli 2020)

Profil Negara Finlandia

Republik Finlandia adalah sebuah negara Nordik yang terletak di kawasan Skandinavia, Eropa Utara.

Negara ini adalah anggota Uni Eropa dan wilayahnya merupakan bagian dari kawasan geografi Fennoscandia yang di dalamnya juga termasuk dan sebagian Rusia.

Batas-batas wilayah negara Finlandia:

  • Utara: Norwegia
  • Selatan: Teluk Finlandia
  • Barat: Teluk Bothnia, Laut Baltik, dan Swedia
  • Timur: Rusia

Finlandia memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Finlandia
Bendera Finlandia

Pembagian Administratif

Negara ini terdiri dari 19 maakunta atau region. Enam badan administrasi regional dibentuk pemerintah pada 2010, masing-masing bertanggung jawab untuk salah satu alue, selain itu, Åland ditunjuk sebagai wilayah ketujuh.

Badan tersebut mengambil alih beberapa tugas yang sebelumnya diurus oleh provinsi yang telah dihapuskan.

Negara ini terbagi menjadi 19 region:

  1. Lappi (Lapland)
  2. Pohjois-Pohjanmaa (Finland Utara)
  3. Kainuu (Finland Utara)
  4. Pohjois-Karjala (Finland Timur)
  5. Pohjois-Savo (Finland Timur)
  6. Etelä-Savo (Finland Timur)
  7. Etelä-Pohjanmaa (Finland Timur Barat dan Tengah)
  8. Keski-Pohjanmaa (Finland Timur Barat dan Tengah)
  9. Pohjanmaa (Finland Timur Barat dan Tengah)
  10. Pirkanmaa (Finland Timur Barat dan Tengah)
  11. Keski-Suomi (Finland Timur Barat dan Tengah)
  12. Satakunta (Finland Barat Daya)
  13. Varsinais-Suomi (Finland Barat Daya)
  14. Etelä-Karjala (Finland Selatan)
  15. Päijät-Häme (Finland Selatan)
  16. Kanta-Häme (Finland Selatan)
  17. Uusimaa (Finland Selatan)
  18. Kymenlaakso (Finland Selatan)
  19. Ahvenanmaa (Aland)
Lambang negara Finlandia
Lambang negara Finlandia

Geografi

Letak astronomis negara Finlandia adalah di antara 60°LU hingga 70°LU dan 20°BT hingga 32°BT, menjadikannya salah satu negara paling utara di dunia. Luas wilayah Finlandia adalah 338.440 km².

Dari ibu kota dunia, hanya Reykjavík yang terletak lebih utara daripada Helsinki. Jarak titik paling selatan (Hanko di Uusimaa) ke titik paling utara negara ini (Nuorgam di Lapland) adalah 1.160 kilometer.

Negara ini memiliki sekitar 168.000 danau dan 179.000 pulau. Danau terbesarnya, Saimaa, adalah yang terluas keempat di Eropa. Lakeland Finlandia adalah wilayah dengan danau terbanyak di negara tersebut.

Konsentrasi pulau terbesar ditemukan di barat daya, di Laut Kepulauan antara daratan utama dengan Pulau Aland. Sebagian besar geografi negara ini adalah peninggalan Zaman Es.

Gletser lebih tebal dan bertahan lebih lama di Fennoscandia dibandingkan dengan bagian Eropa lainnya.

Titik tertinggi negara ini berada di Halti dengan ketinggian yang mencapai 1.324 meter yang bisa dilihat di Lapland, perbatasan negara ini dengan Norwegia.

Gunung tertinggi yang seluruh puncaknya di negara ini adalah Ridnitšohkka dengan ketinggian 1.316 meter dan berbatasan langsung dengan Halti.

Demografi

Populasi negara ini saat ini berjumlah sekitar 5,5 juta jiwa yang selalu terkonsentrasi di bagian selatan yang lebih hangat.

Negara ini memiliki kepadatan penduduk rata-rata 18 jiwa per km² atau terendah ketiga dibandingkan dengan negara Eropa manapun, di belakang Norwegia dan Islandia, dan kepadatan penduduk terendah UE.

Dua dari tiga kota terbesar di negara ini terletak di wilayah metropolitan Helsinki yakni Helsinki dan Espoo. Kota Tampere memegang tempat ketiga.

Pada 2017, ada 384.123 ekspatriat tinggal di negara ini (7% populasi) yang sebagian besar berasal dari Rusia, Estonia, Somalia, Irak, dan negara-negara eks-Yugoslavia.

Dalam hasil studi PBB yang dirilis pada tahun 2019, negara yang terkenal dengan museum, taman, hingga seni budayanya terebut menempati posisi teratas dari 156 negara sebagai negara terbahagia di dunia.

Bahasa

Bahasa Finlandia dan Swedia adalah bahasa resmi yang diakui pemerintah. Mayoritas populasi (89%) menggunakan bahasa Finlandia yang merupakan bagian dari subkelompok Finnic dari bahasa Uralic.

Bahasa Finlandia adalah salah satu bahasa resmi yang dipakai Uni Eropa. Bahasa Swedia adalah bahasa ibu bagi 5,3% populasi. Bahasa Finlandia Romani dituturkan oleh setidaknya 5.000 orang.

Ada dua bahasa isyarat di negara ini yakni Bahasa Isyarat Finlandia yang dipakai setidaknya 4.000 orang dan Bahasa Isyarat Finland-Swedia yang setidaknya dipakai 150 orang. Bahasa Tatar dituturkan oleh minoritas Tatar yang berjumlah sekitar 800 orang.

Bahasa Sami adalah bahasa resmi di utara, tempat di mana etnis Sami yang berjumlah sekitar 7.000 orang diakui sebagai penduduk lokal. Bahasa Sami yang dipakai oleh mereka adalah Sami Utara, Inari Sami, dan Skolt Sami.

Imigran di negara ini kebanyakan berbahasa Rusia (1,4%), Estonia (0,9%), Arab (0,5%), Somali (0,4%), dan Inggris (0,4%).

Bahasa Inggris dipelajari oleh sebagian besar murid sebagai mata pelajaran wajib dari kelas tiga. Bahasa Jerman, Prancis, Spanyol, dan Rusia dapat dipelajari sebagai bahasa asing kedua dari kelas empat.

Agama

Dengan 3,9 juta jemaat (70,9% populasi), Gereja Lutheran Evangelis Finlandia adalah salah satu gereja Lutheran terbesar di dunia dan juga merupakan badan keagamaan terbesar di negara ini.

7 dari 10 orang di negara ini adalah jemaat Gereja Lutheran Evangelis Finlandia. Gereja tersebut disahkan pada tahun 1869 oleh Undang-Undang Gereja. Kelompok terbesar kedua yang menyumbang 26,3% populasi pada tahun 2017 adalah ateis.

Ada pula sebuah minoritas kecil jemaat Gereja Ortodoks Finlandia (1,1%). Denominasi Protestan lain dan Gereja Katolik Roma secara signifikan lebih kecil, seperti juga Islam (2,7% populasi), Yahudi, dan komunitas non-Kristen lainnya (sebesar 1,6%).

Gereja Lutheran dan Ortodoks adalah gereja nasional dengan peranan khusus misalnya dalam upacara kenegaraan dan sekolah.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal