Profil & Informasi tentang Negara Islandia [Lengkap]

Profil biodata negara Islandia

Informasi mengenai Islandia.

NamaIslandia
Nama resmiRepublik Islandia
Lýðveldið Ísland (Islandia)
Ibu kotaReykjavík
Semboyan-
Lagu kebangsaanLofsöngur
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
KemerdekaanKerajaan: 1 Desember 1918
Republik: 17 Juni 1944
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifAlþingi
Bahasa NasionalIslandia
AgamaKristen
Heathenisme Jerman
Asosiasi humanis
Zuism
Buddha
Islam
Bahá'í
Mata UangKróna Islandia (kr) (ISK)
Zona WaktuWaktu Greenwich (GMT) (UTC+0)
Kode Telepon+354
Domain.is
Situs Resmihttp://iceland.is/
Jumlah Penduduk350.734 (estimasi Juli 2020)

Islandia adalah sebuah negara Nordik yang terletak di persimpangan Samudera Atlantik dan Arktik. Islandia terdiri dari Pulau Islandia dan beberapa pulau kecil di lepas pantai Eropa.

Islandia terletak 300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia. Islandia memiliki populasi sebanyak 364.260 jiwa dan wilayah seluas 103.000 km², menjadikannya sebagai negara dengan penduduk terjarang di Eropa.

Ibu kota dan kota terbesar di Islandia adalah Reykjavík yang dihuni oleh dua pertiga populasi.

Batas-batas wilayah Islandia:

  • Utara: Samudra Arktik,
  • Selatan: Samudra Atlantik,
  • Barat: Greenland (Denmark),
  • Timur: Samudra Arktik.
Letak negara Islandia
Letak Islandia

Islandia memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Islandia
Bendera Islandia

Pembagian Administratif

Islandia dibagi menjadi beberapa region, konstituensi, dan kota. Kedelapan region tersebut digunakan untuk keperluan statistik. Yurisdiksi pengadilan distrik menggunakan versi yang lebih lama.

Sampai tahun 2003, konstituensi untuk pemilihan parlemen adalah sama dengan region, tetapi setelah amandemen konstitusi diubah menjadi enam konstituensi saat ini:

  • Reykjavík Utara dan Reykjavík Selatan,
  • Barat Daya,
  • Barat Laut dan Timur Laut,
  • Selatan.

Perubahan dilakukan untuk menyeimbangkan bobot berbagai distrik di Islandia.

Peta pembagian wilayah administratif Islandia
Peta pembagian konstituensi di Islandia

Geografi

Islandia berada di persimpangan antara Samudra Atlantik Utara dan Arktik. Pulau Islandia berada di selatan Lingkaran Arktik. Pulau Grímsey di lepas pantai utara Pulau Islandia dilewati oleh Lingkaran Arktik. Islandia terletak di antara 63°LU hingga 68°LU dan 25°BB hingga 13°BB.

Islandia relatif lebih dekat ke Benua Eropa daripada ke daratan utama Amerika Utara. Namun, Islandia dekat ke Greenland (290 km) sebuah pulau yang luas di lepas kawasan Amerika Utara.

Peta pembagian region di Islandia
Peta pembagian region di Islandia

Islandia umumnya digolongkan sebagai negara Eropa karena alasan historis, politik, budaya, bahasa, geografis, dan praktis.

Pulau Eropa terdekat adalah Kepulauan Faroe (420 km), Pulau Jan Mayen (570 km), Shetland dan Outer Hebrides (sekitar 740 km), daratan Skotlandia dan Orkney (sekitar 750 km).

Bagian terdekat dari Benua Eropa adalah daratan Norwegia sekitar 970 km jauhnya. Sementara, daratan Amerika Utara terdekat adalah ujung utara Labrador 2.070 km.

Islandia adalah pulau terluas ke-18 di dunia dan pulau terbesar kedua di Eropa setelah Britania Raya. Pulau Islandia memiliki wilayah seluas 101.826 km² dan secara keseluruhan Islandia memiliki wilayah seluas 103.000 km². 62,7% wilayah Islandia adalah tundra.

Sekitar 30 pulau kecil dimiliki Islandia termasuk Pulau Grímsey yang berpenduduk sedikit dan Kepulauan Vestmannaeyjar. Danau dan gletser menutupi 14,3% permukaannya dan hanya 23% yang bervegetasi. Puncak tertinggi Islandia adalah Hvannadalshnúkur (2.110 m).

Lambang negara Islandia
Lambang negara Islandia

Bahasa

Penduduk asli Islandia berasal dari Nordik dan Gaelik. Bahasa resmi Islandia adalah bahasa Islandia. Bahasa Isyarat Islandia secara resmi diakui sebagai bahasa minoritas pada tahun 2011.

Bahasa Inggris dipahami dan diucapkan secara luas, sementara pengetahuan dasar hingga moderat tentang bahasa Denmark dimiliki generasi yang lebih tua.

Bahasa Polandia sebagian besar dituturkan oleh komunitas Polandia. Bahasa Denmark sebagian besar dituturkan dengan cara yang sangat dipahami oleh orang Swedia dan Norwegia.

Reykjavík, ibu kota Islandia
Reykjavík, ibu kota Islandia

Agama

Orang Islandia mendapatkan hak beragama yang dijamin Konstitusi, meskipun Gereja Islandia, sebuah Gereja Lutheran, adalah gereja negara.

The Evangelical Lutheran Church shall be the State Church in Iceland and, as such, it shall be supported and protected by the State.

— Article 62, Section IV of Constitution of Iceland
Sebuah gereja di barat laut Islandia
Sebuah gereja di barat laut Islandia

Sensus Islandia mencatat afiliasi keagamaan dari setiap warga negara Islandia. Pada 2017, penduduk Islandia dibagi menjadi beberapa kelompok agama.

  • 67,22% jemaat Gereja Islandia,
  • 11,56% jemaat Gereja dari denominasi lain,
  • 11,29% beragama lain atau tidak spesifik,
  • 6,69% ateis,
  • 1,19% anggota kelompok Germanic Heathen (99% dari mereka termasuk Ásatrúarfélagið),
  • 0,67% anggota Asosiasi Humanis Etis Islandia,
  • 0,55% anggota kelompok Zuist.

Statistik di atas mewakili keanggotaan administratif organisasi keagamaan yang tidak mencerminkan keyakinan demografis penduduk. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2001, 23% populasi adalah ateis atau agnostik.

Sebuah jajak pendapat Gallup yang dilakukan pada 2012 menemukan bahwa 57% populasi menganggap diri mereka “religius”, 31% menganggap diri mereka “tidak beragama”, sementara 10% mendefinisikan diri mereka sebagai “ateis yang yakin”.

  • 1
    Share