Profil & Informasi tentang Negara Belanda [Lengkap]

Profil negara Belanda

Informasi mengenai Belanda.

NamaBelanda
Nama resmiKerajaan Belanda
Koninkrijk der Nederlanden (Belanda)
Ibu kotaAmsterdam
SemboyanJe Maintiendrai
(Prancis: "Saya akan memegang teguh")
Lagu kebangsaanWilhelmus
Bentuk PemerintahanMonarki konstitusional
Sistem PemerintahanKonstitusional
KemerdekaanRepublik Belanda: 26 Juli 1581
Perdamaian Westfalen: 30 Januari 1648
Republik Batavia: 19 Januari 1795
Kerajaan Hollandia: 5 Juni 1806
Aneksasi oleh Kekaisaran Prancis: 1 Juli 1810
Kerajaan Belanda: 16 Maret 1815
Kepala NegaraRaja
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifDewan Negara (Eerste Kamer + Tweede Kamer)
Bahasa NasionalBelanda
AgamaKatolik Roma
Kristen
Yahudi
Buddha
Hindu
Islam
Mata UangEuro (€) (EUR)
Zona WaktuWaktu Eropa Tengah (CET) (UTC+1)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST) (UTC+2)
Kode Telepon+31
Domain.nl
Situs Resmihttps://www.government.nl/
Jumlah Penduduk17.280.397 (estimasi Juli 2020)

Kerajaan Belanda atau umumnya dikenal dengan Belanda saja adalah monarki konstitusional dengan sebagian besar wilayahnya berada di Eropa Barat dan beberapa pulau kecil di Laut Karibia (Kepulauan Leeward dan Leeward Antilles).

Empat bagian kerajaan (Belanda, Aruba, Curaçao, dan Sint Maarten) adalah negara-negara penyusun dan berpartisipasi atas dasar kesetaraan sebagai mitra di Kerajaan. Namun, dalam praktiknya, sebagian besar urusan Kerajaan dikelola oleh Belanda. Kerajaan ini memiliki populasi 17.737.438 jiwa pada November 2019.

Batas-batas wilayah Belanda:

  • Utara: Laut Utara,
  • Selatan: Belgia,
  • Barat: Laut Utara,
  • Timur: Jerman.
Letak kerajaan Belanda
Letak Belanda
Wilayah seberang laut Belanda
Wilayah seberang laut Belanda

Belanda memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Belanda
Bendera Belanda

Pembagian Administratif

Negara-negara penyusun Kerajaan Belanda.

  1. Belanda,
    • Provinsi Belanda Eropa,
    • Bonaire,
    • Sint Eustatius,
    • Saba,
  2. Aruba,
  3. Curaçao,
  4. Sint Maarten.
Struktur subdivisi Kerajaan Belanda yang menunjukkan lokasi geografis empat negara konstituennya.
Struktur subdivisi Kerajaan Belanda yang menunjukkan lokasi geografis empat negara konstituennya.

Belanda dibagi menjadi dua belas provinsi yang masing-masing di bawah Komisaris Raja. Secara informal di Limburg posisi ini dinamai Gubernur. Semua provinsi dibagi menjadi kota, di mana ada 355 kota pada tahun 2019.

Belanda memiliki beberapa eksklav Belgia dan bahkan di dalam beberapa enklave tersebut terdapat bagian dari Provinsi Brabant Utara.

Pembagian wilayah administratif Belanda
Provinsi dan teritori Belanda

Geografi

Kerajaan Belanda memiliki wilayah seluas 42.531 km² dengan 34.467 km² adalah daratan. Kerajaan Belanda memiliki perbatasan darat dengan Belgia, Jerman (keduanya di Eropa Belanda), dan Prancis (di Saint Martin).

Sekitar seperempat wilayah Belanda terletak di bawah permukaan laut. Tanggul didirikan untuk melindungi daratan dari banjir. Sebelumnya, titik tertinggi Belanda adalah Vaalserberg di Limburg (322,7 m).

Ketika Saba menjadi bagian dari Belanda sebagai kota khusus setelah reformasi konstitusi 10 Oktober 2010, Gunung Scenery (887 m) menggantikan Vaalserberg.

Kepulauan Karibia memiliki iklim tropis dengan cuaca hangat sepanjang tahun. Kepulauan Leeward menjadi sasaran badai pada musim panas. Bagian Eropa Belanda memiliki iklim laut sedang dengan musim panas dan musim dingin yang sejuk.

Lambang negara Belanda
Lambang negara Belanda

Demografi

Belanda memiliki perkiraan populasi 17.424.978 pada 1 November 2019. Belanda adalah negara terpadat ke-5 di Eropa.

Mayoritas penduduk Belanda adalah etnis Belanda. Menurut perkiraan tahun 2005, populasi terdiri dari 80,9% etnis Belanda, 2,4% orang Indonesia, 2,4% Jerman, 2,2% Turki, 2,0% Suriname, 1,9% Maroko, 0,8% Antillean dan Aruban, dan 7,4% etnis lainnya.

Sekitar 150.000 hingga 200.000 orang yang tinggal di Belanda adalah ekspatriat yang sebagian besar terkonsentrasi di Amsterdam dan Den Haag.

Orang Belanda adalah orang tertinggi di dunia dengan tinggi rata-rata 1,81 meter untuk pria dewasa dan 1,67 meter untuk wanita dewasa pada 2009. Orang-orang di selatan rata-rata lebih pendek 2 cm dari mereka yang di utara.

Kota Amsterdam, Belanda
Kota Amsterdam, Belanda

Bahasa

Bahasa resmi Belanda adalah bahasa Belanda. Selain bahasa Belanda, Frisia Barat diakui sebagai bahasa resmi kedua di Provinsi Friesland Utara. Frisia Barat memiliki status formal untuk korespondensi pemerintah di provinsi itu.

Di Belanda Eropa, dua bahasa daerah diakui di bawah Piagam Eropa untuk Bahasa Daerah atau Bahasa Minoritas. Bahasa daerah yang diakui pertama adalah Low Saxon. Kedua, bahasa Limburg juga diakui sebagai bahasa daerah.

Bahasa Inggris memiliki status formal di Kota Khusus Saba dan Sint Eustatius. Papiamento memiliki status formal di Munisipalitas Bonaire.

Bahasa Yiddish dan Romawi diakui pada tahun 1996 sebagai bahasa non-teritorial. Sekitar 90% populasi dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris, 70% dalam bahasa Jerman, dan 29% dalam bahasa Prancis.

Kehidupan bawah laut Klein Bonaire
Kehidupan bawah laut Klein Bonaire

Agama

Agama di Belanda didominasi agama Kristen hingga akhir abad ke-20. Meskipun keberagaman agama tetap ada, ada penurunan kepatuhan beragama.

Pada 2015, Statistik Belanda, lembaga pemerintah Belanda yang mengumpulkan informasi statistik tentang Belanda, menemukan bahwa 50,1% dari total populasi dinyatakan Non-agama.

Orang Kristen terdiri dari 43,8% dari total populasi dan dibagi dalam Katolik dengan 23,7%, Protestan dengan keanggotaan di Gereja Protestan di Belanda dengan 15,5% dan Kristen lainnya (termasuk Protestan tanpa keanggotaan di Gereja Protestan Belanda) 4,6%.

Islam terdiri dari 4,9% dari total penduduk dan agama-agama lain (seperti Yudaisme, Budha dan Hindu) terdiri dari 1,1% sisanya.

Workum, Friesland
Workum, Friesland