Profil & Informasi tentang Negara Dominika [Lengkap]

Profil negara Dominika

Informasi mengenai Dominika.

NamaDominika
Nama resmiPersemakmuran Dominika
Commonwealth of Dominica (Inggris)
Ibu kotaRoseau
SemboyanAprès le Bondie, C'est la Ter
(Kwéyòl: "Setelah Tuhan adalah Dunia")
Lagu kebangsaanIsle of Beauty, Isle of Splendour
Bentuk PemerintahanRepublik Parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
Kemerdekaan3 November 1978
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifHouse of Assembly
Bahasa NasionalInggris
AgamaKatolik Roma
Kristen
Baha'i
Buddha
Hindu
Islam
Agama rakyat Cina
Mata UangDolar Karibia Timur (EC$) (XCD)
Zona WaktuWaktu Standar Atlantik (AST) (UTC-4)
Kode Telepon+1-767
Domain.dm
Situs Resmihttp://dominica.gov.dm/
Jumlah Penduduk74.243 (estimasi Juli 2020)

Persemakmuran Dominika adalah sebuah negara pulau berdaulat di Karibia. Ibu kota negaranya, Roseau, terletak di sisi barat pulau. Secara geografis, Dominika adalah bagian dari Kepulauan Leeward, Antilles Kecil, Laut Karibia.

Pulau ini terletak di dekat Guadeloupe dan Martinik. Dominika berada di wilayah seluas 750 km². Titik tertinggi Dominika adalah Mourne Diablotins (1.447 m). Populasi Dominika sebanyak 71.293 jiwa menurut sensus 2011.

Batas-batas wilayah Dominika:

  • Utara: Samudra Atlantik
  • Selatan: Samudra Atlantik
  • Barat: Samudra Atlantik
  • Timur: Samudra Atlantik
Letak negara Dominika
Letak Dominika

Dominika memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Dominika
Bendera Dominika

Pembagian Administratif

Berikut adalah daftar 10 paroki di Dominika.

  1. Saint Andrew,
  2. Saint David,
  3. Saint George,
  4. Saint John,
  5. Saint Joseph,
  6. Saint Luke,
  7. Saint Mark,
  8. Saint Patrick,
  9. Saint Paul,
  10. Saint Peter.
Pembagian wilayah administratif Dominika
Peta Dominica.

Geografi

Dominika adalah sebuah negara kepulauan di Laut Karibia. Dominika adalah bagian paling utara dari Kepulauan Windward (kadang-kadang juga dianggap sebagai pulau paling selatan dari Kepulauan Leeward). Dominika berada di wilayah seluas 750 km² dengan panjang sekitar 47 km dan lebar 26 km.

Dikenal sebagai “Pulau Alam Karibia” karena pemandangannya yang indah serta keberagaman flora dan fauna. Dominika didominasi oleh hutan hujan. Dominika adalah pulau paling bergunung-gunung di Antilles Kecil.

Taman Nasional Morne Trois Pitons adalah hutan tropis yang dipadukan dengan fitur vulkanik. Daerah Calibishie di timur laut negara itu memiliki pantai berpasir.

Beberapa tumbuhan dan hewan yang diperkirakan punah di pulau-pulau sekitarnya masih dapat ditemukan di hutan Dominika. Pulau ini memiliki beberapa kawasan hutan lindung, termasuk Taman Nasional Cabrits.

Lambang negara Dominika
Lambang negara Dominika

Ada dua pusat populasi utama di Dominika yakni Ibu kota Roseau dan Portsmouth.

Dominika sangat rentan terhadap badai karena pulau ini terletak di daerah yang disebut sebagai wilayah topan. Pada tahun 1979, Badai David menyerang pulau itu sebagai badai kategori 4, menyebabkan kerusakan yang luas dan ekstrim.

Pada 17 Agustus 2007, Badai Dean menghantam pulau itu sebagai badai kategori 1. Badai Maria (kategori 5) menghantam pulau itu pada tahun 2017 dan menyebabkan kerugian sekitar US$ 930 juta.

Charlotteville, Dominika
Charlotteville, Dominika

Bahasa

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi Dominika. Selain itu, kreol Dominika dan Antilla yang didasarkan pada bahasa Prancis banyak digunakan. Sejak 1979, Dominika telah menjadi anggota La Francophonie. Kreol Dominika digunakan oleh generasi yang lebih tua yang juga dapat berbahasa patois.

Bersama dengan kreol, dialek yang dikenal sebagai Kokoy dipakai. Kokoy adalah bahasa Inggris pidgin yang merupakan campuran dari kreol Pulau Leeward Inggris dan Dominika. Dominika juga merupakan anggota Persemakmuran Bangsa-bangsa.

Katedral Roseau di Dominika
Katedral Roseau di Dominika

Agama

61,4% populasi adalah jemaat Gereja Katolik Roma. Sekitar 10-12% populasi adalah jemaat denominasi Hari ke-7 (Sabtu), yang termasuk Kongregasi Yahweh, Gereja Tuhan (Hari ke-7), dan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.

Menurut Asosiasi Arsip Data Keagamaan tahun 2010, World Christian Database melaporkan bahwa kelompok agama non-Kristen terbesar adalah spiritualisme 2,6% populasi, Bahai 1,7%, agnostik 0,5%, Buddha, Hindu, dan Islam diikuti masing-masing 0,1%, dan agama rakyat Cina, Neoreligsi, dan Ateis masing-masing diikuti oleh < 0,1% populasi. Masjid pertama Dominika dibangun dekat Universitas Ross.

  • 1
    Share