Profil & Informasi tentang Negara Jerman [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Jerman [Lengkap]

Informasi mengenai Jerman.

NamaJerman
Nama resmiRepublik Federal Jerman
Bundesrepublik Deutschland (Jerman)
Ibu kotaBerlin
Semboyan-
Lagu kebangsaanDeutschlandlied
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
PembentukanKekaisaran Romawi Suci: 2 Februari 962
Konfederasi Jerman: 8 Juni 1815
Kekaisaran Jerman: 18 Januari 1871
Republik Weimar: 9 November 1918
Jerman Nazi: 30 Januari 1933
Republik Federal: 23 Mei 1949
Reunifikasi: 3 Oktober 1990
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanKanselir
Badan LegislatifBundesrat + Bundestag
Bahasa NasionalJerman
AgamaKristen
Katolik Roma
Islam
Yahudi
Buddha
Hindu
Mata UangEuro (€) (EUR)
Zona WaktuWaktu Eropa Tengah (CET) (UTC+1)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST) (UTC+2)
Kode Telepon+49
Domain.de
Situs Resmihttps://www.bundesregierung.de/breg-de
Jumlah Penduduk80.159.662 (estimasi Juli 2020)

Republik Federal Jerman adalah sebuah federasi berdaulat di Eropa Barat yang memiliki peran penting dalam perekonomian dan perpolitikan Eropa.

Dengan luas 357.021 km² dan populasi sekitar 82 juta jiwa, Jerman adalah anggota kunci organisasi Uni Eropa, penghubung logistik barang dan jasa antar negara di kawasan. Jerman adalah negara dengan jumlah imigran terbanyak ketiga di dunia.

Batas-batas wilayah Jerman:

Letak negara Jerman
Letak Jerman

Jerman memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Jerman
Bendera Jerman

Pembagian Administratif

Jerman terdiri dari enam belas negara federal yang secara kolektif disebut sebagai Bundesländer. Setiap negara memiliki konstitusi masing-masing, dan sebagian besar negara menikmati hak otonom dalam hal organisasi internal.

Berikut daftar 16 negara federal di Jerman.

  1. Baden-Württemberg,
  2. Bavaria,
  3. Berlin,
  4. Brandenburg,
  5. Bremen,
  6. Hamburg,
  7. Hesse,
  8. Mecklenburg-Vorpommern,
  1. Saxony Bawah,
  2. Rhine Utara-Westphalia,
  3. Rhineland-Palatinate,
  4. Saarland,
  5. Saxony,
  6. Saxony-Anhalt,
  7. Schleswig-Holstein,
  8. Thuringia.
Pembagian wilayah administratif Jerman
Negara federal di Jerman

Karena perbedaan ukuran dan populasi, subdivisi negara federal berbeda-beda. Untuk tujuan administratif regional, empat negara federal yakni Baden-Württemberg, Bavaria, Hesse dan Rhine Utara-Westphalia terbagi menjadi 19 distrik pemerintah.

Pada 2017 Jerman dibagi menjadi 401 distrik tingkat kota. Jerman terdiri dari 294 distrik pedesaan dan 107 distrik perkotaan.

Lambang negara Jerman
Lambang negara Jerman

Geografi

Jerman berada di kawasan Eropa Barat dan Tengah. Jerman secara astronomis terletak di antara 47°LU hingga 55°LU dan 5°BT hingga 16°BT. Wilayah Jerman yang seluas 357.021 km² terdiri dari 349.223 km² daratan dan 7.798 km² perairan. Jerman adalah negara terluas ketujuh di Eropa dan terluas ke-64 dunia.

  • Titik tertinggi: Zugspitze (2.962 meter) di Pegunungan Alpen.
  • Titik terendah: Wilstermarsch (3,54 meter)

Jerman dilalui sungai-sungai besar seperti Sungai Rhine, Danube dan Elbe. Sumber daya alam yang signifikan dari Jerman adalah bijih besi, batu bara, kalium, kayu, lignit, uranium, tembaga, gas alam, garam, dan nikel.

Pasar Natal khas Jerman di Dresden
Pasar Natal khas Jerman di Dresden

Agama

Sensus Jerman 2011 menunjukkan Kekristenan sebagai agama terbesar di Jerman, dengan 66,8% beragama Kristen (3,8% dari mereka tidak menjadi jemaat).

31,7% menyatakan diri mereka sebagai Protestan termasuk jemaat Gereja Evangelis Jerman (Lutheran, Reformasi, dan Gereja Persatuan) dan Evangelische Freikirchen. 31,2% adalah jemaat Gereja Katolik Roma dan jemaat Ortodoks sebanyak 1,3%. Menurut data tahun 2016, Gereja Katolik dan Gereja Evangelis masing-masing mengklaim 28,5% dan 27,5% populasi.

Islam adalah agama terbesar kedua di Jerman. Dalam sensus 2011, 1,9% populasi beragama Islam. Sebagian besar Muslim adalah Sunni dan Alevit dari Turki. Selain Sunni, terdapat sejumlah kecil Syiah, Ahmadiyah, dan denominasi lainnya. Agama-agama lain terdiri dari < 1% populasi.

Sebuah studi pada tahun 2018 memperkirakan bahwa 38% populasi bukan umat keagamaan atau denominasi mana pun, meskipun sepertiganya masih menganggap diri mereka religius. Ateisme lebih kuat di bekas Jerman Timur yang dulunya didominasi Protestan dan di wilayah metropolitan utama.

Ibu kota Jerman, Berlin
Ibu kota Jerman, Berlin

Bahasa

Bahasa resmi Jerman adalah bahasa Jerman. Bahasa Jerman standar adalah bahasa Jermanik Barat. Bahasa Jerman adalah bahasa dengan penutur terbanyak di Uni Eropa, sekitar 100 juta penutur.

Bahasa minoritas yang diakui Jerman adalah bahasa Denmark, Jerman Bawah, Rhenish Bawah, Sorbian, Romani, Frisian Utara, dan Frisian Saterland. Bahasa imigran denga penutur terbanyak adalah bahasa Turki, Kurdi, Polandia, Balkan, dan Rusia.