Profil & Informasi tentang Negara Denmark [Lengkap]

Profil negara Denmark

Informasi mengenai Denmark.

NamaDenmark
Nama resmiKerajaan Denmark
Kongeriget Danmark (Denmark)
Ibu kotaKopenhagen
Semboyan-
Lagu kebangsaanDer er et yndigt land
Lagu KerajaanKong Kristian stod ved højen mast
Bentuk PemerintahanMonarki konstitusional
Sistem PemerintahanKonstitusional
Kemerdekaan24 Maret 1948
Kepala NegaraRatu
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifFolketinget
Bahasa NasionalDenmark
AgamaKristen
Mata UangKrone (kr.) (DKK)
Zona WaktuWaktu Eropa Tengah (CET) (UTC+1)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST) (UTC+2)
Kode Telepon+45
Domain.dk
Situs Resmihttps://denmark.dk/
Jumlah Penduduk5.869.410 (estimasi Juli 2020)

Kerajaan Denmark adalah negara Nordik terkecil dan terletak paling selatan jika Greenland tidak dihitung. Denmark terletak di barat daya Swedia dan selatan Norwegia.

Denmark terletak di kawasan Skandinavia, Eropa Utara meski tidak berada di Semenanjung Skandinavia. Denmark adalah salah satu anggota Uni Eropa.

Batas-batas wilayah Denmark:

Letak negara Denmark
Letak Denmark

Denmark memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Denmark
Bendera Denmark

Pembagian Administratif

Denmark yang seluas 43.094 km² dibagi menjadi lima region administratif. Region selanjutnya dibagi menjadi 98 kotamadya.

Wilayah paling timur di Denmark yakni Kepulauan Ertholmene (39 hektar) bukan merupakan bagian dari kotamadya atau region tetapi milik Kementerian Pertahanan.

Berikut daftar 5 region di Denmark.

  1. Region Ibu Kota Denmark,
  2. Region Denmark Tengah,
  3. Region Denmark Utara,
  4. Region Zealand,
  5. Region Denmark Selatan.
Pembagian wilayah administratif Denmark
Region di Denmark

Greenland dan Kepulauan Faroe

Kerajaan Denmark adalah negara kesatuan yang terdiri dari Denmark dan dua wilayah otonom di Samudra Atlantik Utara yaitu Greenland dan Kepulauan Faroe. Mereka telah menjadi bagian yang terintegrasi dari Danish Realm sejak abad ke-18.

Home rule diberikan kepada Kepulauan Faroe pada tahun 1948 dan Greenland pada tahun 1979. Keduanya dulu mendapat status kabupaten.

Greenland dan Kepulauan Faroe memiliki pemerintahan dan parlemen sendiri dan secara efektif mengatur diri sendiri dalam urusan dalam negeri selain sistem peradilan dan kebijakan moneter.

Komisaris Tinggi bertindak sebagai perwakilan pemerintah Denmark di Faroese Løgting dan di Parlemen Greenland.

Pemerintahan Faroe adalah mitra yang setara dengan pemerintah nasional Denmark, sementara orang-orang Greenland adalah kelompok terpisah dengan hak untuk menentukan nasib sendiri.

Lambang negara Denmark
Lambang negara Denmark

Geografi

Terletak di Eropa Utara, Denmark terdiri dari Semenanjung Jutland, 443 pulau bernama, dan banyak pulau kecil. Dari jumlah tersebut, 74 pulau dihuni (Januari 2015), dengan yang terbesar adalah Selandia, Jutlandia Utara, dan Funen. Pulau Bornholm terletak di perbatasan timur negara.

Banyak pulau besar di Denmark dihubungkan oleh jembatan. Jembatan Øresund menghubungkan Selandia dengan Swedia, Jembatan Sabuk Besar menghubungkan Funen dengan Selandia, dan Jembatan Sabuk Kecil menghubungkan Jutland dengan Funen.

Empat kota dengan populasi lebih dari 100.000 adalah ibukota Kopenhagen di Selandia, Aarhus dan Aalborg di Jutlandia, dan Kota Odense di Funen.

  • Titik paling utara: Skagen (57°45’7″LU),
  • Titik paling selatan: Gedser (54°33’35″LU),
  • Titik paling barat: Blåvandshuk (8°4’22” BT)
  • Titik paling timur: Østerskær (15°11’55” BT).
Bentang alam Denmark ditandai oleh tanah datar, subur dan pantai berpasir.
Bentang alam Denmark ditandai oleh tanah datar, subur dan pantai berpasir.

Demografi

Populasi Denmark menurut Statistik Denmark, pada Januari 2017 diperkirakan sebanyak 5.748.769 jiwa. The World Happiness Report sering menempatkan penduduk Denmark sebagai penduduk yang paling bahagia di dunia.

Menurut Statistik Denmark tahun 2016, sekitar 86,9% populasi adalah orang Denmark (setidaknya salah satu orang tua lahir di Denmark dan memiliki kewarganegaraan Denmark). 13,1% populasi adalah pendatang.

Dengan definisi yang sama, imigran yang paling umum berasal dari Polandia, Turki, Jerman, Irak, Rumania, Suriah, Somalia, Iran, Afghanistan, dan negara-negara Balkan.

Teluk Aarhus dilihat dari Djursland selatan
Teluk Aarhus dilihat dari Djursland selatan

Bahasa

Bahasa Denmark adalah bahasa nasional de facto Denmark. Bahasa Faroe dan Greenlandic adalah bahasa resmi Kepulauan Faroe dan Greenland.

Bahasa Jerman adalah bahasa minoritas yang diakui di bekas wilayah Jutlandia Selatan (sekarang adalah bagian Region Denmark Selatan) yang menjadi bagian Kekaisaran Jerman sebelum Perjanjian Versailles.

Sebagian besar populasi (86%) menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Bahasa Jerman adalah bahasa asing kedua yang paling banyak digunakan (47% populasi). Denmark memiliki 25.900 penutur bahasa Jerman pada tahun 2007.

Pulau Kunoy, Kepulauan Faroe
Pulau Kunoy, Kepulauan Faroe

Agama

Agama Kristen adalah agama yang dominan di Denmark. Pada Januari 2018, 75,3% populasi adalah jemaat Gereja Denmark. Hanya 19% populasi yang menganggap agama sebagai bagian penting dalam kehidupan.

Menurut Poll 2010 Eurobarometer, 28% populasi percaya ada Tuhan, 47% percaya ada semacam roh atau kekuatan hidup, dan 24% tidak percaya ada semacam roh, Tuhan atau kekuatan hidup.

Jajak pendapat lain yang dilakukan pada tahun 2009 menemukan bahwa 25% populasi percaya bahwa Yesus adalah Putra Allah dan 18% percaya bahwa Dia adalah penyelamat dunia.

  • 1
    Share