SemutAspal

Profil Negara Swedia [Lengkap]

NamaSwedia
Nama resmiKerajaan Swedia
Konungariket Sverige (Swedia)
Ibu kotaStockholm
SemboyanFör Sverige, i tiden
(Swedia: "Untuk Swedia, bersama sang waktu")
Lagu kebangsaanDu gamla, Du fria
Lagu kerajaanKungssången
Bentuk PemerintahanMonarki konstitusional
Sistem PemerintahanKonstitusional
KemerdekaanPenyatuan Swedia: Awal abad ke-12
Uni Kalmar: 1397
Swedia-Norwegia: 4 November 1814
Uni Swedia-Norwegia dibubarkan: 13 Agustus 1905
Kepala NegaraRaja
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifRiksdag
Bahasa NasionalSwedia
AgamaKristen dan Katolik
Mata UangKrona Swedia (kr) (SEK)
Zona WaktuWaktu Eropa Tengah (CET) (UTC+1)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST) (UTC+2)
Kode Telepon+46
Domain.se
Situs ResmiSitus Pemerintah
Jumlah Penduduk10.202.491 (estimasi Juli 2020)

Profil Negara Swedia

Kerajaan Swedia adalah sebuah negara Nordik yang berdaulat dan terletak di Skandinavia, Eropa Utara. Daratan negara ini terhubung dengan Denmark melalui jembatan dan terowongan yang melintasi Selat Oresund.

Luas wilayah Swedia adalah 450.295 km², menjadikannya sebagai negara terluas ketiga di Uni Eropa. Negara ini dihuni oleh setidaknya 9,8 juta jiwa. Negara ini memiliki kepadatan penduduk yang rendah, hanya 21 penduduk/km².

Mayoritas populasi tinggal di bagian selatan negara yang relatif lebih hangat. Sekitar 85% penduduk negara ini tinggal di kawasan perkotaan.

Batas-batas wilayah Swedia:

Swedia memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Swedia
Bendera Swedia

Pembagian Administratif

Negara ini adalah negara kesatuan yang dibagi menjadi 21 dewan county dan 290 komune. Komune kemudian dibagi menjadi 2.512 paroki. Berikut adalah daftar 21 county di negara ini.

  1. Stockholm
  2. Västerbotten
  3. Norrbotten
  4. Uppsala
  5. Södermanland
  6. Östergötland
  7. Jönköping
  8. Kronoberg
  9. Kalmar
  10. Gotland
  11. Blekinge
  1. Skåne
  2. Halland
  3. Västra Götaland
  4. Värmland
  5. Örebro
  6. Västmanland
  7. Dalarna
  8. Gävleborg
  9. Västernorrland
  10. Jämtland

Geografi

Terletak di Eropa Utara, negara ini berada di sebelah barat Teluk Bothnia dan Laut Baltik. Teluk Bothnia termasuk teluk terbesar di wilayah Eropa bagian utara.

Teluk tersebut memisahkan Finlandia dengan negara ini. Garis pantainya membentuk bagian timur Semenanjung Skandinavia.

Di sebelah barat terdapat Pegunungan Skandinavia, pegunungan yang memisahkan negara ini dengan Norwegia. Finlandia terletak di timur laut. Letak astronomis negara Swedia adalah di antara 55°LU hingga 70°LU dan 11°BT hingga 25°BT.

Secara geografis, negara ini memiliki perbatasan laut dengan Denmark, Jerman, Polandia, Rusia, Lithuania, Latvia, dan Estonia, dan juga terhubung dengan Denmark oleh Jembatan Öresund.

Perbatasannya dengan Norwegia (1.619 km) adalah perbatasan tunggal terpanjang di Eropa.

Titik terendah di negara ini adalah Teluk Danau Hammarsjön (-2.41 meter). Titik tertinggi negara ini adalah Kebnekaise (2.111 meter). Sekitar 15% wilayah negara ini terletak di utara Lingkaran Arktik. Sekitar 65% wilayah negara ini merupakan hutan.

Kepadatan populasi tertingginya berada di Region Öresund di wilayah selatan, sepanjang pantai barat hingga tengah Bohuslän, lembah danau Mälaren dan Stockholm.

Gotland dan Öland adalah pulau terbesar yang dimiliki negara ini, Vänern dan Vättern adalah danau terbesar di negara ini. Danau Vänern adalah danau terbesar ketiga di Eropa setelah Danau Ladoga dan Danau Onega di Rusia.

Bersama dengan danau terbesar ketiga dan keempat (Mälaren dan Hjälmaren), danau-danau tersebut sebagian besar berada di wilayah selatan.

Lambang negara Swedia
Lambang negara Swedia

Bahasa

Bahasa resmi Swedia adalah bahasa Swedia. Penutur bahasa Finlandia adalah minoritas bahasa Swedia terbesar (5%). Karena masuknya penutur bahasa Arab pada abad ke-21, penggunaan bahasa Arab kemungkinan lebih luas di negara ini daripada di Finlandia.

Bersama dengan bahasa Finlandia, empat bahasa minoritas lainnya juga diakui yakni bahasa Meänkieli, Sami, Romani, dan Yiddish. Bahasa Swedia menjadi bahasa resmi Swedia pada 1 Juli 2009.

Karena saling memahami tiga bahasa Skandinavia, penutur bahasa Swedia sering menggunakan bahasa mereka sendiri ketika mengunjungi atau tinggal di Norwegia atau Denmark. Dalam survei tahun 2005 oleh Eurobarometer, 89% populasi mampu berbahasa Inggris.

Agama

Sebelum abad ke-11, orang lokal menganut paganisme Norse, menyembah dewa-dewa Æsir yang berpusat pada Kuil di Uppsala. Dengan Kristenisasi pada abad ke-11, hukum negara berubah kemudian melarang pemujaan dewa-dewa lain hingga akhir abad ke-19.

Setelah Reformasi Protestan tahun 1530-an, perubahan yang dipimpin oleh Martin Luther dari Olaus Petri Swedia, otoritas Gereja Katolik Roma dihapus dan Lutheranisme meluas. Adopsi Lutheranisme diselesaikan oleh Sinode Uppsala tahun 1593 dan denominasi tersebut menjadi agama resmi.

Era setelah Reformasi (periode ortodoksi Lutheran), kelompok-kelompok non-Lutheran terutama Calvinis Belanda, Gereja Moravia, dan Huguenot Prancis memainkan peran penting dalam perdagangan dan industri.

Suku Sami pada awalnya memiliki agama mereka sendiri, tetapi mereka dipertobatkan menjadi Lutheranisme oleh para misionaris Swedia pada abad ke-17 dan ke-18.

Dengan liberalisasi agama di akhir abad ke-18, umat dari kepercayaan lain termasuk Yudaisme dan Katolik Roma diizinkan untuk hidup dan bekerja secara bebas di negara ini.

Hak untuk berdiri di luar denominasi agama apa pun secara resmi ditetapkan dalam undang-undang tentang kebebasan beragama pada tahun 1951.

Pada tahun 2000, Gereja Swedia dibubarkan. Negara ini adalah negara Nordik kedua yang membubarkan gereja negaranya (setelah Finlandia melalui Undang-Undang Gereja tahun 1869).

Statistik

Pada akhir 2018, 57,7% populasi adalah jemaat Gereja Swedia. Sekitar 2% jemaat gereja secara teratur menghadiri kebaktian hari Minggu. Sekitar 275.000 orang di negara ini adalah jemaat dari berbagai gereja gratis Protestan.

Karena imigrasi baru-baru ini, sekarang ada sekitar 100.000 orang Kristen Ortodoks Timur dan 92.000 umat Gereja Katolik Roma yang tinggal di negara ini.

Muslim pertama ada di negara ini pada tahun 1949 ketika sekelompok kecil Tatar bermigrasi dari Finlandia. Imigrasi selanjutnya dari Afrika Utara dan Timur Tengah telah membuat populasi Muslim menjadi 600.000.

Menurut Poll Eurobarometer 2010:

  • 18% populasi percaya ada Tuhan.
  • 45% populasi percaya ada semacam roh atau kekuatan hidup.
  • 34% populasi tidak percaya ada jenis roh, dewa, atau kekuatan hidup.

Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal