Profil & Informasi tentang Negara Lituania [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Lituania [Lengkap]

Informasi mengenai Lituania.

NamaLituania
Nama resmiRepublik Lituania
Lietuvos Respublika (Lituania)
Ibu kotaVilnius
SemboyanLaisvė, vienybė, gerovė
(Lituania: "Kebebasan, Persatuan, Kemakmuran")
Lagu kebangsaanTautiška giesmė
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
KemerdekaanPenyebutan pertama kali: 9 Maret 1009
Bersatu dengan Polandia: 2 Februari 1386
Persemakmuran Polandia-Lituania: 1 Juli 1569
Pembagian Persemakmuran: 24 Oktober 1795
Proklamasi: 16 Februari 1918
Diduduki oleh Uni Soviet: 15 Juni 1940
Kemerdekaan dipulihkan: 11 Maret 1990
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifSeimas
Bahasa NasionalLituania
AgamaKristen dan Katolik
Mata UangEuro (€) (EUR)
Zona WaktuWaktu Eropa Timur (EET) (UTC+2)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Timur (EEST) (UTC+3)
Kode Telepon+370
Domain.lt
Situs Resmihttp://lrvk.lrv.lt/
Jumlah Penduduk2.731.464 (estimasi Juli 2020)

Republik Lituania adalah sebuah negara berdaulat di Eropa Timur. Lituania bersama dengan Estonia dan Latvia merupakan negara-negara Baltik.

Batas-batas wilayah Lituania:

Letak negara Lituania
Letak Lituania

Lituania memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Lituania
Bendera Lituania

Pembagian Administratif

Sistem pembagian administrasi saat ini didirikan pada 1994 dan dimodifikasi pada 2000 untuk memenuhi persyaratan Uni Eropa. 10 apskrity di Lituania dibagi menjadi 60 savivaldybės, dan selanjutnya dibagi menjadi 500 seniūnijos.

Savivaldybės telah menjadi unit administrasi paling penting di Lithuania sejak sistem apskrities viršininkas dibubarkan pada tahun 2010. Beberapa kotamadya secara historis disebut distrik dan kota.

Pembagian wilayah administratif Lituania
County di Lituania

Berikut adalah daftar 10 county di Lituania.

  1. Alytus,
  2. Kaunas,
  3. Klaipėda,
  4. Marijampolė,
  5. Panevėžys,
  6. Šiauliai,
  7. Tauragė,
  8. Telšiai,
  9. Utena,
  10. Vilnius.
Lambang negara Lituania
Lambang negara Lituania

Geografi

Lituania terletak di wilayah Baltik, Eropa dan mencakup wilayah seluas 65.200 km². Lituania secara astronomis terletak di antara 53°LU hingga 57°LU dan 21°BT hingga 27°BT.

Lituania memiliki garis pantai berpasir sepanjang 99 kilometer, hanya sekitar 38 kilometer di antaranya yang menghadap Laut Baltik terbuka, kurang dari dua negara Laut Baltik lainnya.

Kastil Pulau Trakai, bekas kediaman Grand Dukes dan ibu kota negara bagian abad pertengahan
Kastil Pulau Trakai, bekas kediaman Grand Dukes dan ibu kota negara bagian abad pertengahan

Sisa pantai dilindungi oleh semenanjung Curonian. Pelabuhan air hangat utama Lituania, Klaipėda, terletak di celah sempit Laguna Curonian. Sungai utama dan terbesar di Lituania, Sungai Nemunas, dan beberapa anak sungainya berperan dalam pelayaran internasional.

Bentang alamnya diperhalus oleh gletser zaman es terakhir. Titik tertinggi Lituania adalah Bukit Aukštojas (294 meter) yang terletak di bagian timur negara itu. Daerah ini memiliki banyak danau (Danau Vištytis misalnya), lahan basah, dan zona hutan campuran mencakup lebih dari 33% wilayah negara.

Setelah memperkirakan kembali batas-batas benua Eropa pada tahun 1989, Jean-George Affholder yang merupakan seorang ilmuwan di Institut Géographique National (Institut Nasional Geografis Prancis), menetapkan bahwa pusat geografis Eropa berada di Lithuania tepatnya 54°54′LU dan 25°19′BT, 26 kilometer di utara ibu kota Lithuania, Vilnius.

Dataran rata khas Lithuania dengan danau, rawa, dan hutan.
Dataran rata khas Lithuania dengan danau, rawa, dan hutan.

Demografi

Etnis Lituania membentuk lima per enam populasi dan Lithuania memiliki populasi paling homogen di kawasan Baltik.

Pada tahun 2015, populasi Lituania sebanyak 2.921.262 jiwa dan 86,7% di antaranya adalah etnis Lituania yang berbicara bahasa Lithuania. Beberapa minoritas yang cukup besar di Lituania adalah Polandia (5,6%), Rusia (4,8%), Belarus (1,3%), dan Ukraina (0,7%).

Etnis Polandia adalah minoritas terbesar yang terkonsentrasi di Vilnius. Etnis Rusia adalah minoritas terbesar kedua. Mereka merupakan minoritas dengan jumlah yang cukup besar di Vilnius (12%) dan Klaipėda (19,6%) serta mayoritas di Visaginas (52%).

Sekitar 3.000 orang Roma kebanyakan tinggal di Vilnius, Kaunas, dan Panevėžys. Selama berabad-abad komunitas kecil Tatar telah berkembang di Lituania.

Bukit pasir dari Curonian Spit dekat Nida, yang merupakan bukit pasir melayang tertinggi di Eropa (Situs Warisan Dunia UNESCO).
Bukit pasir Curonian Spit dekat Nida.

Bahasa

Bahasa resmi Lituania adalah bahasa Lituania. Bahasa lain seperti bahasa Polandia, Rusia, Belarus, dan Ukraina digunakan di kota-kota besar dan beberapa daerah seperti Distrik Šalčininkai, Distrik Vilnius, dan Kota Visaginas. Bahasa Yiddish dituturkan oleh komunitas Yahudi kecil yang tersisa di Lituania.

Menurut sensus penduduk Lituania tahun 2011, sekitar 85% populasi berbahasa Lithuania, 7,2% adalah penutur asli bahasa Rusia, dan 5,3% penutur bahasa Polandia.

Sekitar 39% populasi menggunakan bahasa Rusia sebagai bahasa asing utama, 20% bahasa Inggris, 9% bahasa Jerman, 6% bahasa Polandia, 3% bahasa Prancis.

Pusat Geografis Eropa menurut teori Affholder.
Pusat Geografis Eropa menurut teori Affholder.

Agama

Menurut sensus 2011, 77,2% populasi adalah jemaat Gereja Katolik. Agama Katolik telah menjadi agama utama sejak Kristenisasi Lituania pada 1387. 4,1% populasi adalah jemaat Ortodoks Timur, kebanyakan dianut oleh minoritas Rusia. Komunitas Old Believers (0,8% populasi) berasal dari tahun 1660-an.

Protestan sebanyak 0,8% populasi, 0,6% adalah Lutheran dan 0,2% Reformed Gereja-gereja injili yang baru tiba telah mendirikan misi di Lithuania sejak 1990.

Hindu adalah agama minoritas dan perkembangan yang cukup baru di Lituania. Komunitas historis Tatar Lipka mempertahankan Islam sebagai agama mereka.

Komunitas Yahudi Lituania berjumlah sekitar 4.000 orang pada akhir 2009. Menurut sensus 2001, ada 1.270 orang beragama Baltik di Lithuania.

  • 1
    Share