SemutAspal

Profil Negara Belarus [Lengkap]

NamaBelarus
Nama resmiRepublik Belarus
Рэспубліка Беларусь
Respublika Biełaruś (Belarus)
Республика Беларусь
Respublika Belarus' (Rusia)
Ibu kotaMinsk
Semboyan-
Lagu kebangsaanМы, беларусы
My Belarusy
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
KemerdekaanDiumumkan: 27 Juli 1990
Didirikan: 25 Agustus 1991
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifMajelis Nasional (Савет Рэспублікі [Savyet Respubliki] + Палата Прадстаўнікоў [Palata Pradstawnikow])
Bahasa NasionalBelarus dan Rusia
AgamaKatholik
Mata UangRubel Belarus (Br) (BYR)
Zona WaktuWaktu Eropa Timur Jauh (FET) (UTC+3)
Kode Telepon+375
Domain.by dan .бел
Situs ResmiSitus Pemerintah
Jumlah Penduduk9.477.918 (estimasi Juli 2020)

Profil Negara Belarus

Republik Belarus adalah sebuah negara berdaulat di Eropa Timur. Ibukota Belarusia adalah Minsk. Negara ini secara administratif terbagi menjadi 6 provinsi dan sebuah kota dengan status khusus.

Batas-batas wilayah Belarusia:

Republik ini memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Belarus
Bendera

Pembagian Administratif

Negara ini dibagi menjadi enam region yang dinamai berdasarkan ibu kotanya.

Setiap daerah memiliki otoritas legislatif, yang disebut dewan region yang dipilih oleh penduduknya, dan otoritas eksekutif disebut sebagai pemerintah daerah yang ketuanya ditunjuk oleh presiden.

Region selanjutnya dibagi menjadi raion. Setiap raion memiliki otoritas legislatif yakni dewan raion yang dipilih oleh penduduknya, dan otoritas eksekutif raion yang ditunjuk oleh otoritas eksekutif yang lebih tinggi. Keenam region dibagi menjadi 118 raion.

Kota Minsk dibagi menjadi sembilan raion dan menikmati status khusus sebagai ibu kota negara. Kota tersebut dijalankan oleh komite eksekutif dan telah diberikan piagam pemerintahan sendiri.

Berikut daftar 6 region dan 1 daerah khusus di negara ini:

  1. Brest
  2. Gomel
  3. Grodno
  4. Mogilev
  5. Vitebsk
  6. Minsk
  7. Ibu Kota Minsk
Lambang negara Belarus
Lambang negara

Geografi

Letak astronomis negara Belarus adalah di antara 51°LU hingga 57°LU dan 23°BT hingga 33°BT. Luas wilayah Belarus adalah 207.595 km².

Panjangnya dari utara ke selatan 560 km dan dari barat ke timur 650 km, negara ini terkurung daratan, relatif datar, dan tanah berawa. Sekitar 40% dari wilayah negara ini adalah hutan.

Banyak sungai dan danau ditemukan di negara ini, setidaknya ada sebelas ribu danau di negara tersebut. Tiga sungai besar mengaliri seluruh negeri yakni Sungai Neman, Pripyat, dan Dnieper.

Titik tertinggi negara ini adalah Dzyarzhynskaya Hara pada 345 meter dan titik terendah negara ini berada di Sungai Neman pada 90 meter. Rata-rata ketinggian negara ini adalah 160 meter.

Negara ini memiliki musim dingin ringan hingga dingin dengan suhu minimum pada bulan Januari mulai dari -4°C di Brest hingga -8°C di Vitebsk dan musim panas yang dingin dan lembap dengan suhu rata-rata 18°C.

Negara ini memiliki curah hujan tahunan rata-rata 550 hingga 700 mm. Negara ini berada di zona transisi antara iklim kontinental dan maritim.

Negara ini berbatasan dengan lima negara yakni Latvia di utara, Lithuania di barat laut, Polandia di barat, Rusia di utara dan timur, dan Ukraina di selatan. Perjanjian pada tahun 1995 dan 1996 tentang perbatasan negara ini dengan Latvia dan Lithuania.

Negara ini telah meratifikasi perjanjian 1997 yang menetapkan perbatasan Belarusia-Ukraina pada tahun 2009. Negara ini dan Lithuania meratifikasi dokumen demarkasi perbatasan pada Februari 2007.

Bahasa

Dua bahasa resmi Belarus adalah bahasa Rusia dan Belarus. Bahasa Rusia adalah bahasa utama yang dituturkan oleh 72% populasi, sementara bahasa Belarus dituturkan oleh 11,9% populasi.

Beberapa orang menuturkan bahasa Polandia, Ukraina, dan Yiddish Timur. Bahasa Belarus adalah bahasa ibu bagi 53,2% populasi dan bahasa Rusia adalah bahasa ibu bagi 41,5% populasi.

Agama

Menurut sensus November 2011, 58,9% populasi adalah umat beragama. Ortodoks Timur mencapai sekitar 82% populasi.

Gereja Katolik Roma memiliki jemaat yang banyak di wilayah barat, dan ada juga denominasi lain. Minoritas mempraktekkan Katolik Yunani, Yahudi, Islam, dan Neo-pagan.

Secara keseluruhan, 48,3% populasi adalah Kristen Ortodoks, 41,1% ateis, 7,1% adalah Katolik, dan 3,3% beragama lain. Umat Katolik terkonsentrasi di bagian barat negara itu terutama di sekitar Hrodna yang terdiri dari etnis Belarus, Polandia, dan Lithuania.

Wilayah negara ini pernah menjadi pusat orang Yahudi Eropa, dengan 10% populasi adalah orang Yahudi. Namun akibat Holocaust, deportasi, dan emigrasi, Yahudi adalah minoritas yang sangat kecil.

Tatar Lipka setidaknya berjumlah 15.000 orang yang sebagian besar beragama Islam. Menurut Pasal 16 Konstitusi, negara ini tidak memiliki agama resmi.

Apa ibu kota Belarusia?

Minsk


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal