Profil & Informasi tentang Negara Monako [Lengkap]

  • 1
    Share

Profil fakta biodata negara Monako

Profil negara Monako.

NamaMonako
Nama resmiKepangeranan Monako Principauté de Monaco (Prancis)
Ibu kotaMonako
SemboyanDeo Juvante
(Latin: "Dengan Bantuan Tuhan")
Lagu kebangsaanHymne Monégasque
Bentuk PemerintahanMonarki semi-konstitusional
Sistem PemerintahanSemi-konstitusional
KemerdekaanHouse of Grimaldi (di bawah kedaulatan Republik Genoa): 1297
dari Kerajaan Prancis: 17 Mei 1814
dari pendudukan Koalisi Keenam: 17 Juni 1814
Perjanjian Franco-Monegasque: 1861
Konstitusi: 1911
Kepala NegaraPangeran
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifConseil National
Bahasa NasionalPrancis
AgamaKatolik Roma
Mata UangEuro (€) (EUR)
Zona WaktuWaktu Eropa Tengah (CET) (UTC+1)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST) (UTC+2)
Kode Telepon+377
Domain.mc
Situs ResmiPemerintah Monako
Jumlah Penduduk39.000 (estimasi 2019)

Kepangeranan Monako adalah sebuah negara kota berdaulat yang terletak di Riviera Prancis, Eropa Barat. Luas wilayah negara Monako adalah 2,02 km² dan berpopulasi 39.000 jiwa, menjadikannya sebagai negara kedua terkecil dan terpadat di dunia.

Monako mempunyai perbatasan darat 4,4 km dan garis pantai 4,1 km. Titik tertinggi Monako berada di pegunungan yang bernama Chemin des Révoires di lereng Mont Agel, Distrik Les Révoires yang tingginya 161 meter di bawah permukaan laut.

Quartier terpadat adalah Monte Carlo dan ward terpadat adalah Larvotto/Bas Moulins. Monako terkenal dengan reklamasi tanahnya yang telah menambah luas negaranya hingga 20%. Monako termasuk salah satu negara maju yang terletak di Benua Eropa.

Batas-batas wilayah Monako:

  • Utara: Prancis,
  • Selatan: Laut Mediterania,
  • Barat: Prancis,
  • Timur: Prancis.
Letak negara Monako
Letak Monako

Monako memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Monako
Bendera Monako

Perbedaan warna bendera Indonesia dan Monako secara sekilas memang tidak ada. Namun jika diperhatikan lebih jauh, maka akan terlihat perbedaannya.

Perbedaan kedua bendera tersebut antara lain:

  • Perbandingan lebar dan panjang bendera Indonesia 2:3, sedangkan bendera Monako 4:5.
  • Warna merah dalam bendera Indonesia melambangkan darah dan putih melambangkan kesucian. Sementara warna merah dan putih dalam bendera Monako identik dengan House of Grimaldi. Dinasti Grimaldi adalah dinasti yang berperan dalam sejarah berdirinya Monako.
  • Bendera Monako pertama kali dipatenkan pada 4 April 1881 pada masa pemerintahan Pangeran Charles III. Indonesia mematenkan benderanya pada kemerdekaannya pada tahun 1945.

Pembagian Administratif

Monako adalah negara dan monarki terkecil kedua di dunia. Monako hanya terdiri dari satu kotamadya yakni Kotamadya Monako. Tidak ada perbedaan geografis antara Negara dan Kota Monako, meskipun tanggung jawab pemerintah tingkat negara dan tingkat kota berbeda.

Peta pembagian wilayah administratif Monako
Peta ward di Monako

Saat ini Monako dibagi menjadi sepuluh ward resmi. Baik Fontvieille II maupun Le Portier akan menjadi ward kesebelas yang efektif jika dibangun.

  1. Bekas Kota Monako
    1. Monaco-Ville.
  2. Bekas Kota Monte Carlo
    1. Monte Carlo/Spélugues,
    2. La Rousse/Saint Roman,
    3. Larvotto/Bas Moulins,
    4. Saint Michel.
  3. Bekas Kota La Condamine
    1. La Condamine,
    2. La Colle,
    3. Les Révoires,
    4. Moneghetti.
  4. Tanah baru direklamasi dari laut
    1. Fontvieille.
Lambang negara Monako
Lambang negara Monako

Geografi

Monako adalah negara kota berdaulat dengan lima quartier dan sepuluh ward di Riviera Prancis, Eropa Barat. Negara ini berbatasan dengan Département Alpes-Maritimes di tiga sisi, dengan satu sisi yang menghadap Laut Mediterania.

Letak astronomis negara Monako adalah di antara 43°44′23″LU dan 7°25′38″BT. Pusatnya sekitar 16 km dari Italia dan hanya 13 km timur laut Nice, Prancis. Saint-Jean adalah aliran air terpanjang (190 meter) dan Fontvieille adalah danau terbesar (5.000,00 meter²).

Setelah perluasan Port Hercules baru-baru ini luas total Monako bertambah menjadi 2,02 km². Rencana terbaru yang telah disetujui adalah perluasan Distrik Fontvieille (0,08 km²).

Ada dua pelabuhan di Monako yakni Pelabuhan Hercules dan Pelabuhan Fontvieille. Hampir seluruh Monako telah menjadi daerah perkotaan. Ada sebuah pelabuhan Prancis yang bernama Cap d’Ail di dekat Monako.

Pemandangan indah La Condamine dan Monte Carlo
Pemandangan indah La Condamine dan Monte Carlo

Demografi

Etnis lokal Monégasque adalah minoritas di Monako. Kelompok terbesar adalah warga negara Prancis (28,4%), Monégasque (21,6%), Italia (18,7%), Inggris (7,5%), Belgia (2,8%), Jerman (2,5%), Swiss (2,5%), dan Amerika Serikat (1,2%).

Penduduk lokal Monako disebut Monégasque. Monako memiliki angka harapan hidup tertinggi di dunia yakni hampir 90 tahun. Monako memiliki gedung opera, orkestra simfoni, dan perusahaan balet klasik sebagai salah satu tempat budaya musik negeri itu diperdengarkan.

Bahasa

Bahasa resmi Monako adalah bahasa Prancis, sementara bahasa Italia dituturkan oleh komunitas Italia. Dengan demikian, bahasa Prancis dan Italia menggantikan bahasa Monegasque. Bahasa Inggris digunakan oleh ekspatriat Amerika, Inggris, Kanada, dan Irlandia.

Pemandangan panorama Kota Monako dan pelabuhan Fontvieille
Pemandangan panorama Kota Monako dan pelabuhan Fontvieille

Agama

Secara resmi, agama di negara Monako adalah Katolik Roma dengan kebebasan agama dijamin konstitusi. Ada lima paroki di Monako dan satu katedral yang merupakan tempat uskup agung Monako. Santo pelindung Monako adalah Saint Devota. Orang Kristen membentuk 83,2% populasi.

Protestan
Menurut Laporan Kebebasan Religius Internasional Monako 2012, Protestan adalah kelompok terbesar kedua setelah Katolik Roma. Laporan itu menyatakan bahwa Gereja Anglikan dan Gereja Reformed eksis di Monako.

Anglikan
Ada satu Gereja Anglikan (Gereja St. Paul) yang terletak di Avenue de Grande Bretagne, Monte Carlo. Pada tahun 2007, gereja memiliki jemaat sebanyak 135 orang.

Gereja juga memiliki perpustakaan berbahasa Inggris dengan lebih dari 3.000 buku. Gereja tersebut adalah bagian dari Keuskupan Anglikan Eropa.

Panorama Monako dari Tête de Chien
Panorama Monako dari Tête de Chien

Ortodoks Yunani
Laporan Kebebasan Beragama Internasional 2012 Monako menyatakan bahwa ada satu Gereja Ortodoks Yunani di Monako.

Yahudi
Asosiasi Culturelle Israélite de Monaco adalah sinagoga, sekolah komunitas Ibrani, dan toko makanan kosher di Monte Carlo. Komunitas ini terdiri dari pensiunan Inggris (40%) dan Afrika Utara. Dua per tiga populasi Yahudi adalah Sephardic dari Afrika Utara, dan sisanya adalah Ashkenazi.

Islam
Populasi Muslim Monako terdiri dari sekitar 280 orang yang sebagian besar bukan warga negara. Mayoritas penduduk Muslim Monako adalah orang Arab dan Turki. Monako tidak memiliki masjid resmi. Ada masjid Muslim di Beausoleil, Prancis.


  • 1
    Share