Translate Bahasa Jawa Krama & Ngoko

Aksara

Bahasa

Hasil translate:

Hasil terjemahan muncul di sini…

Aplikasi ini bisa memberi terjemahan bahasa Jawa Krama Inggil maupun ngoko. Translate bahasa Jawa ke Indonesia dan sebaliknya.

Terjemahkan secara online ke bahasa krama dan ngoko. Ketahui arti dari bermacam kosakata dasar bahasa Jawa yang sering kamu dengar.

Petunjuk Translate Jawa

  1. Cari pasangan bahasa yang dibutuhkan.
  2. Terdapat 4 tingkatan bahasa, yaitu: Indonesia ke Krama Alus, Indonesia ke Krama Lugu, Indonesia ke Jawa Ngoko, dan Jawa ke Indonesia.
  3. Ketikkan kalimat atau kata pada kotak yang tersedia.
  4. Tanpa perlu klik tombol, hasil terjemahan bahasa bisa dilihat.

Frasa atau kata dalam kurung siku […] dipakai berbicara dengan orang lain karena lebih sopan. Sebaliknya, kata atau frasa tanpa kurung siku berarti termasuk krama lugu yang bisa dipakai untuk diri sendiri.

Pilih terjemahan Jawa ke Indonesia untuk translate kata Jawa ngoko atau krama. Pilihan ini mencakup kata dalam Jawa krama alus, krama lugu, dan ngoko.

Translate Jawa Krama ke bahasa Indonesia
Translate bahasa Jawa

Alih Bahasa Manual

Kamu mungkin tidak selalu terhubung ke internet untuk menjalankan aplikasi alih bahasa dari SemutAspal ini. Tapi tenang, cara translate bahasa Jawa ke Indonesia secara manual itu mudah. Sedikit tips dari SemutAspal untuk translate bahasa Indonesia ke bahasa Jawa.

  1. Imbuhan di dalam bahasa Jawa sama dengan bahasa Indonesia, misal dikumbah = dicuci
  2. Imbuhan ke dalam bahasa Jawa dipakai seperti bahasa Indonesia, misal kepangan = termakan
  3. Akhiran en sama dengan akhiran lah, misal ombenen = minumlah
  4. Akhiran ne/no/ke sama dengan akhiran kan, misal bukakno = bukakan
  5. Akhiran ne juga bisa dipakai seperti partikel nya, misalnya udanne = hujannya
  6. Bahasa Jawa krama kerap memakai imbuhan dipun- dan -ipun

Itu merupakan langkah-langkah menerjemahkan bahasa Indonesia menjadi ngoko lugu dan ngoko andhap.

Translate Bahasa Jawa

Alat translate bahasa Jawa online dari SemutAspal bisa kamu pakai untuk mengubah kata dan kalimat dalam bahasa Indonesia menjadi bahasa Jawa dan dari bahasa Jawa ke Indonesia yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Tak terbatas tingkatan bahasa, aplikasi ini bisa melakukan alih bahasa dari bahasa Jawa ngoko, ngoko alus, krama lugu, krama inggil / krama alus menjadi bahasa Indonesia. Aplikasi translate ini bisa digunakan untuk:

  • Memahami kosakata bahasa Jawa dalam interaksi sehari hari
  • Alih bahasa menjadi Jawa krama
  • Belajar bahasa Jawa dan artinya

Laporkan pada kami melalui kontak website ini jika mendapati kesalahan.

Translate Jawa ke Indonesia
Translate bahasa Jawa

Definisi

Bahasa Jawa (disebut juga “basa Jawa”) merupakan bahasa yang dipakai mayoritas suku Jawa bertutur kata dalam interaksi sehari hari. Mayoritas penuturnya menempati Pulau Jawa, terutama di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mudahnya, sejarah berkembangnya bahasa Jawa bisa digolongkan dalam dua fase, yaitu bahasa Jawa Baru dan Jawa Kuno.

Strata Bahasa

Dalam bahasa Jawa terdapat beberapa tingkatan bahasa yang dibedakan menurut lawan bicara, yaitu ngoko, madya, dan krama. Tingkatan bahasa Jawa dari halus ke kasar seperti berikut ini:

  • Krama dipakai berbicara oleh orang berstatus lebih rendah kepada orang berstatus lebih tinggi. Bahasa krama bisa dipakai anak muda dalam interaksinya dengan orang tua. Tingkat bahasa ini didengarkan dalam pidato atau sambutan.
  • Madya digunakan ketika berkomunikasi dengan orang yang belum dikenal karena strata bahasa Jawa ini cukup halus meskipun santai.
  • Ngoko adalah bahasa pertemanan yang umum dipakai. Di samping itu, orang berstatus lebih tinggi biasanya memakai bahasa ini saat berkomunikasi dengan orang berstatus di bawahnya, misalnya guru ke muridnya.

Ketiga strata tersebut dapat dijabarkan lebih lagi, yakni:

  • Bahasa ngoko dibagi menjadi ngoko lugu dan ngoko andhap.
  • Terdapat tiga jenis Jawa madya yaitu madya ngoko, madyantara, dan madya krama.
  • Terakhir, bahasa Jawa krama dikelompokkan menjadi krama lugu dan krama inggil (disebut juga “krama alus”).
Google Translate bahasa Jawa Timur
Translate ke bahasa Jawa

Perbedaan Krama Lugu dan Krama Alus

Kamu sekarang tau kalau bahasa Jawa dibagi dalam tingkatan bahasa ngoko dan krama. Kamu sekarang ini akan lebih mudah mendengarkan bahasa ngoko daripada krama. Ini bisa terjadi karena bahasa krama agak sulit dipelajari.

Meskipun bahasa Jawa krama terkesan halus dan sopan, masing-masing bahasa digunakan dengan tujuan berbeda. Berikut adalah perbedaan krama lugu dan krama alus.

Krama Inggil

Pengertian krama inggil (disebut juga “krama alus”) merupakan bahasa Jawa yang paling sopan. Inggil dalam bahasa Jawa berarti tinggi. Bahasa Jawa halus ini dituturkan kepada orang yang disegani. Contoh bahasa krama inggil dalam keseharian:

  • Murid sekolah berbicara pada guru
  • Anak pada orang tua
  • Individu atau kelompok yang perlu dihormati
  • Orang berstrata rendah kepada orang berstrata tinggi

Bagi orang yang pertama kali belajar bahasa Jawa bingung membedakan bahasa krama inggil dan krama lugu. Sebuah ciri krama inggil bisa dilihat dari penggunaan diksi “panjenengan” yang berarti “Anda“.

Translate Jawa ke Indonesia
Translate bahasa Jawa

Krama Lugu

Kramantara (disebut juga “krama lugu”) merupakan krama versi terbaru dengan tingkat kesopanan lebih rendah dari krama alus. Kramantara dipakai oleh orang yang setara secara latar belakang, kedudukan, atau pangkat berkomunikasi, misal:

  • Orang yang saling tidak mengenal karena baru bertemu
  • Orang tua ke orang yang lebih muda

Penggunaan krama lugu dalam interaksi terlihat pada penggunaan kata “sampeyan” sebagai kata ganti orang kedua. Orang yang berinteraksi dengan bahasa ini dapat berubah menjadi krama alus atau turun menjadi ngoko setelah mengetahui profil lawan bicara.

Lihat kamus bahasa Jawa Indonesia untuk melihat perbedaan kosakata lainnya lengkap dengan artinya.

Contoh Kalimat

Simak contoh penggunaan krama lugu dan krama alus di bawah ini supaya lebih memahami.

  • Kalimat krama inggil: Panjengan saking pundi?
  • Kalimat krama lugu: Sampeyan saking pundi?
  • Contoh ngoko alus: Sampeyan seko ngendi?
  • Contoh ngoko lugu: Kowe seko ngendi?
  • Bahasa Indonesia: Kamu dari mana?

Terdapat satu aturan unggah ungguh bahasa Jawa yang menyatakan bahwa “aku” tidak boleh memakai kata kerja krama alus. Contohnya “Kulo nembe dhahar”, itu tidak boleh. Lebih baik gunakan “Kulo nembe nedha”.

Aplikasi translate bahasa Jawa Krama Halus
Persebaran pengguna bahasa Jawa

Dialek Bahasa Jawa

Definisi dialek daerah merupakan kelompok bahasa menurut budaya, karakter, dan wilayah. Penulis Studies in Javanese morfology membagi bahasa Jawa menjadi 3 kelompok, yaitu:

  • Kelompok timur (disebut juga “Jawa Timuran”) yang mayoritas dipakai masyarakat Jawa Timur, seperti di Kota Surabaya dan Malang.
  • Kelompok tengah yang dianggap sebagai bahasa Jawa standar. Wilayah yang masuk kelompok ini adalah D.I. Yogyakarta dan Surakarta.
  • Dialek barat (disebut juga “dialek Ngapak”) yang mayoritas dituturkan di Banyumas dan Pekalongan.

Google Translate belum bisa menerjemahkan banyak kosakata dari masing-masing dialek tersebut. Maka, kamu tetap membutuhkan jasa penerjemah bahasa Jawa jika penerjemahan diperlukan untuk keperluan resmi.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Bagikan ke media sosial: