Translate Huruf Hangul Korea ke Tulisan Latin [Online]

Teks Latin
Korean Hangul

Aplikasi translate huruf Hangul yang bisa kamu gunakan untuk mengubah karakter dengan abjad Latin ke huruf Hangul dengan mudah. Layanan ini juga bisa digunakan untuk translate nama ke huruf Korea Hangul.

Alat ini bisa menjadi alternatif Google Translate untuk penerjemahan alfabet Latin menjadi huruf Hangul Korea. Tentu program ini akan lebih akurat digunakan untuk menulis teks dalam bahasa Korea. Sebaiknya gunakan bahasa Korea sesuai artinya untuk penulisan Hangul Korea.

Buka halaman translate bahasa Korea online yang telah kami buat untuk menerjemahkan teks bahasa Indonesia ke bahasa Korea. Kamu bisa menerjemahkan nama orang maupun nama tempat sesuai artinya.

Translate huruf Korea
Translate Indonesia Korea Hangul

Huruf Hangul

Bahasa Korea memiliki sistem penulisannya sendiri yang diciptakan beberapa abad yang lalu. Huruf Hangul dikembangkan oleh Raja Sejong yang Agung pada abad ke-15 untuk menggantikan huruf Hanja yang diadaptasi dari karakter Cina dan telah dipakai sejak abad ke-1 SM.

Awalnya, huruf Hangul diperlakukan sebagai amkeul (“naskah untuk wanita”) dan diabaikan oleh bangsawan. Hanja di sisi lain dianggap sebagai jinseo (“teks asli”). Akibatnya, dokumen resmi selalu ditulis dalam Hanja selama era Joseon.

Dalam perkembangannya, raja-raja Korea sesekali merilis kabar menggunakan Hangul pada abad ke-16 karena tidak semua orang mengerti Hanja. Lama kelamaan, penggunaan huruf Hanja ditinggalkan dan kini hanya sering dipakai dalam ranah akademik.

Translate nama Korea Hangul
Gambar tulisan Hangul Korea

Beberapa tahun ke belakang juga, kita bisa melihat penyebaran budaya Korea yang masif melalui industri kreatif mereka, misalnya drakor (drama korea) dan musik k-pop yang mendunia. Melalui media tersebut, kita sekarang jadi lebih sering melihat huruf Hangeul.

Translate huruf Hangul Korea tulisan Korea nama kita
Tulisan “Hangeul” dalam alfabet Hangeul.

Huruf Vokal dalam Abjad Korea

Huruf Hangul memiliki 10 karakter sebagai huruf vokal dasar dalam bahasa Korea. Berikut adalah ke-10 huruf vokal tersebut.

ㅏ = a
ㅑ = ya
ㅓ = eo
ㅕ = yeo
ㅗ = o
ㅛ = yo
ㅜ = u
ㅠ = yu
ㅡ = eu
ㅣ = i

Huruf Vokal Gabungan dalam Alfabet Korea

Bahasa Korea juga mengenal beberapa kombinasi huruf vokal. Terdapat 11 karakter yang mewakili huruf vokal rangkap alfabet Korea. Berikut adalah ke-11 karakter vokal gabungan dalam abjad Korea.

ㅐ = ae
ㅒ = yae
ㅔ = e
ㅖ = ye
ㅘ = wa
ㅙ = wae
ㅚ = oe
ㅝ = weo
ㅞ = we
ㅟ = wi
ㅢ = ui

Konsonan Abjad Korea

Bahasa Korea juga mengenal huruf konsonan, jumlahnya 14 karakter konsonan dasar. Berikut adalah 14 karakter konsonan dasar dalam abjad Korea.

ㄱ = g/k
ㄴ = n
ㄷ = d
ㄹ = r/l
ㅁ = m
ㅂ = b/p
ㅅ = s
ㅈ = jh
ㅊ = ch
ㅋ = kh
ㅌ = th
ㅍ = ph
ㅎ = h
ㅇ = –

Konsonan Rangkap dalam Huruf Abjad Korea

Kamu akan menemukan beberapa pasangan huruf konsonan dalam sebuah kosakata bahasa Korea. Karakter tersebut merupakan konsonan kembar atau konsonan rangkap. Berikut adalah lima karakter konsonan rangkap dalam abjad Korea.

ㄲ = kk
ㄸ = tt
ㅃ = pp
ㅆ = ss
ㅉ = jj

Huruf Mati

Karakter ini digunakan setelah setelah huruf vokal dan dibaca mati. Berikut adalah beberapa contoh konsonan akhir yang digunakan dalam bahasa Korea.

ㄱ, ㄲ, ㅋ = k
ㄴ = n
ㄷ, ㅅ, ㅈ, ㅊ, ㅌ, ㅎ, ㅆ = t
ㄹ = l
ㅁ = m
ㅂ, ㅍ = p
ㅇ = ng

Aturan Menulis Kata

Kosakata dalam bahasa Korea ditulis dengan mengelompokkan huruf. Berikut adalah beberapa aturan yang harus kamu perhatikan saat translate nama Korea Hangul.

  • Huruf konsonan harus selalu didahulukan pada suatu blok
  • Beberapa kata yang terdiri dari sekumpulan konsonan di bagian paling bawah disebut dengan 받침 (batchim)
  • Hanya terdapat 11 kombinasi konsonan dalam kosakata bahasa Korea

Berikut ini merupakan 11 kombinasi konsonan dalam kosakata bahasa Korea sebagai batchim.

ㄱㅅ = 품삯 artinya upah
ㄴㅈ = 앉다 artinya duduk
ㄴㅎ = 않다 artinya tidak
ㄹㄱ = 읽다 artinya baca
ㄹㅁ = 삶다 artinya mendidih
ㄹㅂ = 짧다 artinya pendek
ㄹㅅ = 돐 artinya ulang tahun pertama
ㄹㅍ = 읊다 artinya membaca/menceritakan
ㄹㅎ = 뚫다 artinya menembus lubang
ㅂㅅ = 없다 artinya tidak ada

Buka artikel tentang angka dalam bahasa Korea yang membahas lebih lengkap mengenai cara penulisan bilangan di bahasa ini.

Itulah cara translate huruf Korea secara online dengan mudah. Kamu bisa menggunakannya untuk menerjemahkan huruf Latin ke huruf Hangul dengan mudah. Sayangnya, aplikasi yang bisa dipakai untuk translate nama ke huruf Hangul Korea ini belum mendukung terjemahkan foto.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Iklan banner