Cara Mengeluarkan Semut dari Laptop tanpa Bongkar

Cara mengeluarkan semut dari laptop

Banyak dari kita yang laptopnya pernah kemasukkan semut padahal tidak ada gula atau sumber makanan di dalamnya. Bagaimana cara mengeluarkan semut dari dalam laptop? Mari bahas langkah-langkahnya sekarang!

Cara Semut Masuk Ke Laptop

Di banyak bagian laptop terdapat celah yang bisa dimasuki semut. Bagian-bagian laptop yang bisa dimasukki semut antara lain ventilasi udara, sela-sela keyboard, dan engsel pada layar. Jadi, jangan heran apabila tiba-tiba ada semut muncul dari keyboard atau layar laptop.

Langkah Mengeluarkan Semut dari Laptop

Cara termudah yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan semut dari dalam laptop tanpa perlu membongkar adalah dengan menggunakan kapur pembasmi serangga. Dengan trik khusus, kapur tersebut bisa dipakai untuk mengeluarkan semut yang terjebak pada laptop.

Bagaimana cara menggunakan kapur serangga untuk mengusir semut dari laptop? Untuk melakukan langkah ini, tentunya siapkan dulu alat dan bahan yang dibutuhkan yakni sebatang kapur serangga serta selembar kertas.

1. Cari Jalan Semut Masuk

Setelah alat dan bahan disiapkan, cari jalan semut masuk ke dalam laptop. Saya kerap menjumpai bahwa jalan keluar masuk semut di laptop adalah melalui ventilasi bagian bawah.

2. Goreskan Kapur pada Kertas

Goreskan kapur serangga pada selembar kertas atau bisa juga di meja kerja. Gunakan sarung tangan ketika memegang kapur serangga karena itu adalah racun. Goreskan secara tipis dan merata namun jangan terlalu banyak.

3. Taruh Laptop di atas Goresan Kapur

Dalam keadaan mati, taruh laptopmu di atas goresan kapur yang telah dibuat. Hal ini dilakukan agar zat dari kapur serangga dapat menyebar pada laptop. Ketika baunya tercium oleh semut, mereka akan segera keluar dari laptop.

Biarkan laptop berada di atas kapur serangga selama kurang lebih 10-15 menit saja. Jika lebih, semut bisa mati di dalam laptop dan malah makin susah mengeluarkannya. Kamu boleh mengulang langkah ini asalkan diberi jeda waktu.

4. Bersihkan Laptop dan Cuci Tangan!

Setelah semut-semut berhasil dikeluarkan dari dalam laptop, segera bersihkan dengan kain maupun tisu. Tujuannya adalah agar tidak ada bekas kapur serangga yang menempel pada laptop. Setelah melakukan langkah ini, kamu harus mencuci tangan.

Mencegah Laptop Masuk ke Laptop

Tentu agak merepotkan jika kita melakukan langkah di atas setiap kali laptop kemasukkan semut. Ada baiknya kita mencegah agar laptop tidak dimasuki oleh semut. Hal-hal yang perlu diperhatikan itu antara lain:

  1. Jangan makan atau minum di atas laptop karena adanya potensi sisa makanan atau minuman yang dikonsumsi menempel pada laptop. Apabila aroma itu menarik bagi semut, tentu hewan kecil itu akan datang.
  2. Gunakan kapur serangga di kaki meja supaya semut enggan merangkak naik ke meja tempat laptop diletakkan.
  3. Jangan tempel meja ke tembok agar semut tidak bisa naik ke meja melalui tembok.