SemutAspal

Cara Mengeluarkan Semut dari Laptop tanpa Bongkar

Cara mengeluarkan semut dari laptop
Cara menghilangkan semut di laptop

Banyak dari kita yang laptopnya pernah kemasukan semut padahal tidak ditemukan gula atau sumber makanan di dalamnya. Bagaimana cara mengeluarkan semut dari laptop? Mari bahas cara mengusir semut yang terjebak di dalam laptop sekarang!

Metode Semut Memasuki Laptop

Di berbagai bagian laptop, terdapat celah-celah yang memungkinkan semut untuk masuk. Beberapa bagian laptop yang bisa dijadikan akses oleh semut termasuk ventilasi udara, celah-celah di antara tombol keyboard, serta engsel pada layar.

Oleh karena itu, jangan terkejut jika tiba-tiba kamu melihat semut datang dari dalam keyboard atau di sekitar layar.

Panduan untuk Mengeluarkan Semut dari Laptop

Satu metode sederhana untuk mengusir semut dari dalam laptop tanpa membongkar perangkat tersebut adalah dengan memanfaatkan kapur anti serangga.

Dengan trik khusus, kapur tersebut bisa dipakai untuk mengeluarkan semut yang terjebak pada laptop. Bagaimana langkah-langkah yang perlu diikuti untuk membasmi semut dari laptop memanfaatkan kapur serangga?

Menghilangkan semut dengan langkah ini, tentunya perlu menyiapkan dulu alat dan bahan yang dibutuhkan yakni kapur serangga serta selembar kertas.

1. Temukan Jalur Masuk Semut

Sebelum kamu melakukan cara mengatasi laptop kemasukan semut, pastikan perangkatmu dalam posisi mati. Ini perlu untuk membuat laptop tidak terpencet atau terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Lalu setelahnya kamu bisa siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membersihkan laptopmu.

Setelah alat dan bahan disiapkan, cari jalan semut memasuki laptop. Saya kerap menjumpai bahwa jalan keluar masuk semut di laptop adalah melalui ventilasi bagian bawah.

2. Gunakan Kapur untuk Mencegah Semut Masuk

Salah satu cara untuk membuat semut enggan masuk ke laptop adalah penggunaan kapur serangga. Untuk mengaplikasikan kapur serangga, goreskan kapur tersebut secara merata pada kertas atau permukaan meja kerja.

Pastikan untuk menggunakan sarung tangan ketika menangani kapur serangga karena kapur ini bersifat racun. Gunakanlah sedikit kapur serangga dengan tidak terlalu berlebihan, pastikan bahwa lapisannya tipis dan merata.

3. Letakkan di Atas Kapur

Untuk mengatasi masalah semut di dalam laptop, kamu dapat meletakkan laptop di area yang telah ditabur dengan kapur serangga. Ini bertujuan untuk memungkinkan kandungan kapur serangga menyebar di sekitar laptop. Semut akan pergi dari laptop ketika mencium bau kapur.

Pastikan laptop dibiarkan di atas kapur serangga selama sekitar 10 hingga 15 menit, karena jika dibiarkan terlalu lama, semut mungkin akan mati di laptop dan mengakibatkan kesulitan untuk mengeluarkannya. Jika perlu, langkah ini dapat diulangi dengan memberikan jeda waktu.

4. Bersihkan Laptop lalu Cuci Tangan

Ketika semut-semut berhasil dikeluarkan dari dalam laptop, segera bersihkan dengan kain maupun tisu. Tujuannya adalah agar tidak ada sisa-sisa kapur serangga tertinggal pada laptop. Setelah melakukan langkah ini, kamu harus mencuci tangan.

Tips untuk Mencegah Semut Menyusup ke Laptop

Tentu agak merepotkan jika kita melakukan langkah di atas setiap kali laptop kemasukan semut. Daripada bingung untuk mengatasinya, ada baiknya kita mencegah agar laptop tidak dimasuki oleh semut. Hal-hal yang perlu diperhatikan itu antara lain:

  • Hindari makan atau minum di atas perangkatmu karena mungkin menyisakan sisa yang dapat menempel pada perangkat. Jika semut tertarik dengan aroma tersebut, kemungkinan besar semut akan datang.
  • Kamu dapat menghalau semut dengan menggunakan kapur serangga pada sekitar kaki meja tempat meletakkan laptop.
  • Jangan meletakkan mejamu terlalu dekat dengan tembok agar semut tidak dapat merayap ke meja melalui tembok tersebut. Serta jaga-jaga juga apabila tembok rumahmu menjadi lembab.

Itulah pembahasan mengenai cara mengeluarkan semut dari laptop dan mencegahnya kembali. Menurut saya, cara membersihkan semut dari laptop di atas bisa diikuti oleh semua orang. Semoga dengan langkah-langkah ini kamu bisa menggunakan laptop dengan nyaman kembali.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal