SemutAspal

11 Rekomendasi Merk Laptop Terbaik & Harganya

Merk laptop terbaik di dunia
Merk laptop terbaik di dunia

Merk Laptop Terbaik

Di masa modern ini, laptop menjelma menjadi suatu barang yang sangat penting dalam pekerjaan dan hiburan. Tak pelak, banyak orang kebingungan mencari merk laptop terbaik untuk menunjang setiap kegiatannya itu.

Saat ini banyak merk laptop yang sudah dijual di pasaran. Brand tersebut misalnya Asus, HP, Dell, Acer, Apple, Lenovo, Huawei, dan Xiaomi.

Masing-masing merek tersebut tentu memiliki keunggulan yang dijual sesuai dengan spesifikasi dan harga. Berikut adalah review merk laptop terbaik yang bisa kamu beli.

1. Apple

BrandApple Macbook Pro
KeunggulanProsesor yang kuat, mewah, berkelas

Tak ada yang tak kenal dengan brand mewah satu ini. Apple adalah perusahaan yang menawarkan berbagai macam gadget kelas atas seperti handphone dan laptop.

Harga Mackbook Pro cukup mahal karena desainnya yang membawa material premium. Performa laptop-laptop Apple tentu tak bisa dianggap enteng sebab dibekali prosesor yang kuat.

Sebagai informasi, kecepatan laptop akan berkurang seiring bertambahnya data yang ditampung dan usia laptop. Hal tersebut tidak berlaku bagi produk keluaran Apple.

Salah satu produk yang populer adalah Macbook Air dengan desain super tipis. Meski tipis, Macbook Air memiliki daya tahan baterai yang awet dan mumpuni.

Tak ketinggalan, layar retina khas Macbook sudah ada di merk laptop terbaik ini. Harga Macbook Air juga cukup mahal.

2. Dell

BrandDell
KeunggulanDaya tahan baterai yang panjang

Dell adalah merk laptop terbaik asal Amerika Serikat yang sangat kuat dengan berbagai inovasi terdepan. Merk ini sangat berfokus pada kualitas laptop yang dibuat. Hal ini berpengaruh pada update produknya yang tidak setiap tahun ada.

Kualitas laptop Dell diakui di pasar laptop internasional. Harga laptop Dell wajar untuk sebuah perangkat yang memiliki daya tahan baterai terbaik. Kamu bisa mencoba Dell Inspiron 14 5000 yang dibekali dengan processor Intel Gen-11.

3. Lenovo

BrandLenovo
KeunggulanVariasi laptop yang sesuai kebutuhan

Lenovo masuk ke pasar Indonesia dengan berbagai kelebihan yang ditawarkannya. Laptop ini menawarkan beragam laptop sesuai dengan harga dan kebutuhan masyarakat Indonesia mulai dari kebutuhan sekolah, kuliah, hingga bekerja.

Kamu bisa memilih untuk membeli laptop di bawah 5 juta atau menaikkan kualitas dengan membeli laptop seharga puluhan juta.

Durabilitas laptop Lenovo sangat baik. Salah satu produk yang laris adalah Lenovo Thinkbook 14G2 yang memiliki prosesor i3, RAM 8GB, dan SSD.

4. Asus

BrandAsus
KeunggulanVariasi produk beragam sesuai kebutuhan

Harga laptop Asus sebagai merk laptop ternama cukup ramah kantong. Sebagai brand, Asus mampu menjangkau banyak kalangan sehingga populer di pasar elektronik. Asus merupakan salah satu perusahaan elektronik asal Taiwan.

Salah satu produk unggulan brand ini adalah laptop seri Republic Of Gaming (ROG) yang dikhususkan bagi para gamer.

Spesifikasi laptop Asus ROG series sangat tinggi termasuk RAM dan prosesornya. Desainnya pun sangat keren untuk dinikmati. Harga Asus ROG tentu mahal mengikuti spesifikasinya.

5. MSI

BrandMSI
KeunggulanSpesifikasi cocok untuk gamer

MSI dikenal sebagai laptop para gamer dunia. Laptop ini hadir dengan spesifikasi mumpuni, misalnya RAM minimal 8GB.

Spesifikasi tersebut tentu sangat mendukung kegiatan para gamer sehingga popularitasnya sebagai merk laptop game terbaik ikut terdongkrak.

Meski demikian, kamu tetap bisa menggunakannya untuk pekerjaan sehari-hari. Laptop dari brand ini dibandrol dengan harga setidaknya 10 juta rupiah.

6. HP

BrandHP
KeunggulanDukungan pelanggan yang baik

Selanjutnya ada laptop HP, laptop ini memiliki keunggulan berupa garansi komprehensif hingga 3 tahun. Laptop HP memiliki dukungan pelanggan yang baik sehingga menjadi salah satu merk laptop terbaik tahun ini.

HP merupakan salah satu brand laptop asal Negeri Paman Sam. Brand ini berdiri pada tahun 1998 sehingga memiliki pengalaman panjang dalam pengembangan laptop berkualitas.

Salah satu produk yang menjadi andalan merk laptop satu ini adalah HP Spectre X360 dengan desain menarik dan daya tahan baterainya. Selain itu, banyak juga pilihan laptop HP harga 3 jutaan yang bisa kamu pilih.

7. Microsoft

BrandMicrosoft
KeunggulanSpesifikasi cocok untuk pekerjaan

Laptop dengan merk Microsoft memang sangat jarang ditemukan di Indonesia. Namun, laptop baru keluaran brand ini cukup diterima di pasar internasional.

Desainnya yang menarik dan kekuatannya yang mumpuni, membuatnya diterima sebagai laptop para pekerja.

Merk laptop ini mengahadirkan produk laptop dengan segmen harga yang cukup bervariasi sehingga cocok untuk berbagai target pasar.

8. Acer

BrandAcer
KeunggulanTersedia banyak varian laptop

Berikutnya adalah merk Acer yang juga berasal dari Taiwan. Merk ini sudah sangat populer dengan penjualannya di Indonesia berkontribusi sangat besar bagi penjualan secara internasional.

Harga laptop Acer sangat bervariasi sehingga cocok untuk banyak kalangan. Mulai dari laptop murah di bawah 2 jutaan hingga produk laptop mahal tersedia. Laptopnya bisa digunakan untuk kepentingan gaming, perkantoran, hingga desain grafis.

Salah satu produk terbaik yang dikembangkan Acer adalah Acer Swift 5 dengan spesifikasi processor i7, RAM 16 GB, dan SSD 512GB.

9. Samsung

BrandSamsung
KeunggulanWarna desain unik dan colorfull

Samsung, sebagai produsen elektronik ternama yang berasal dari Korea Selatan, telah memperoleh reputasi sebagai salah satu merek terbaik di tingkat global.

Keberhasilannya tidak hanya terbatas pada berbagai produk elektroniknya, tetapi juga merambah ke industri laptop dengan menciptakan perangkat yang menarik perhatian.

Laptop Samsung tidak hanya menonjolkan desain yang unik, tetapi juga didukung oleh spesifikasi yang sangat memadai. Kelebihan ini tidak hanya terletak pada aspek estetika, tetapi juga pada kinerja dan fungsionalitas yang dihadirkan.

Meskipun dengan berbagai keunggulannya, harganya tetap terjaga sehingga menjadikannya pilihan yang sangat terjangkau bagi konsumen yang menginginkan kombinasi nilai, gaya, dan kinerja dalam satu paket.

10. Huawei

BrandHuawei
KeunggulanBaterai tahan lama

Huawei adalah salah satu pemain baru bisnis laptop dari China. Mungkin kamu sudah tidak asing dengan beberapa produk smartphone keluaran Huawei.

Salah satu inovasi Huawei adalah menghadirkan laptop Matebook X Pro. Merk laptop untuk bisnis online memiliki spesifikasi prosesor Intel i7-10510U, RAM 16GB, dan daya tahan baterai lebih dari 12 jam.

11. Xiaomi

BrandXiaomi
KeunggulanDesain berkelas dengan harga bersaing

Dibandingkan merk laptop terbaik yang sudah disebutkan sebelumnya, Xiaomi adalah pemain baru dalam bisnis laptop.

Salah satu inovasinya, Xiaomi menghadirkan laptop Mi Notebook Air yang dibekali prosesor Intel Skylake Core M3-6Y30, VGA Intel, dan RAM 4GB.

Mi Notebook Air ini memiliki desain yang tipis sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli.

Cara Memilih Laptop sesuai Kebutuhan

Merk laptop terkenal
Merk laptop terkenal

Itulah 11 merk laptop terbaik yang ditawarkan saat ini. Tiap-tiap merk tersebut tentu dibekali bermacam kelebihan. Pastikan dulu kebutuhanmu baru mencari laptop dengan fitur yang sesuai.

Bagaimana cara memilih laptop sesuai kebutuhan? Berikut saya jabarkan beberapa hal yang patut kamu pikirkan sebelum berbelanja laptop.

1. Ukuran Laptop

Ukuran laptop adalah salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan. Biasanya, ukuran laptop dapat dilihat dari ukuran layar perangkat tersebut.

Berbagai merk laptop memiliki ukuran layar 11 inch ultrabook hingga 17,3 inci dengan berat antara 1 kg hingga 2 kg.

Bagi kamu yang melakukan mobilitas tinggi, sebaiknya pilih laptop dengan ukuran compact dan kecil. Hal tersebut akan sangat membantumu ketika hendak membawa laptop untuk bepergian.

2. Jenis dan Ukuran Penyimpanan

Penyimpanan adalah hal yang sangat diperhitungkan sebelum membeli laptop. Industri laptop dewasa ini menawarkan 2 jenis penyimpanan yakni SSD dan harddisk dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Harddisk merupakan penyimpanan dengan kapasitas besar dan tidak terlalu mahal namun tak memiliki kecepatan baca seperti SSD.

Sedangkan SSD adalah penyimpanan dengan kecepatan baca yang tinggi dan teknologi terbaru namun memiliki harga yang mahal.

3. Kapasitas RAM

Kapabilitas penggunaan laptop dapat ditingkatkan seiring dengan peningkatan kapasitas RAM yang dimilikinya.

Bagi mereka yang berprofesi sebagai gamer atau programmer, kebutuhan akan laptop dengan kapasitas RAM yang besar menjadi suatu keharusan.

Sementara itu, bagi mereka yang tidak memiliki kebutuhan khusus seperti itu, memilih laptop dengan RAM berkisar antara 4 GB hingga 6 GB sudah dapat memenuhi kebutuhan penggunaan sehari-hari dengan baik.

4. Daya Tahan Baterai

Besarnya RAM yang digunakan tentu berdampak pada banyaknya aplikasi yang bisa dijalankan secara bersamaan. Pada akhirnya, itu akan berpengaruh pada kecepatan habis baterai ketika laptop digunakan.

Oleh sebab itu, kamu perlu mempertimbangkan untuk mendapatkan laptop dengan ketahanan baterai yang baik. Jangan sampai memilih laptop dengan RAM besar namun ketahan baterainya rendah. Hal tersebut bisa sangat berbahaya untuk laptopmu.

5. Kualitas Layar

Kualitas layar yang dikembangkan oleh produsen laptop kini ada 2 jenis yakni LED dan LCD. Penggunaan layar LED dapat menghemat penggunaan listrik namun tidak cocok untuk penggunaan outdoor atau luar ruangan.

Sedangkan layar LCD memiliki kecerahan yang lebih daripada LED dan dapat digunakan di luar ruangan namun baterai laptop dihabiskan lebih cepat.

6. Konektvitas yang Lengkap

Semakin besar kapasitas RAM pada suatu laptop akan memberikan dampak positif terhadap kecepatan dan kinerja laptop tersebut, memungkinkan pengguna untuk menjalankan tugas-tugas dengan lebih efisien dan responsif.

Ketika membahas konektivitas, WiFi menjadi salah satu aspek paling vital dalam era ini. Selain ketergantungan pada WiFi, disarankan untuk memastikan bahwa laptopmu dilengkapi dengan beragam port yang meliputi USB, LAN, serta HDMI/VGA.

Keberadaan port-port ini memberikan fleksibilitas dalam penggunaan, memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan berbagai perangkat dan melakukan berbagai aktivitas tanpa hambatan.

7. Prosesor

Prosesor laptop mengalami perkembangan dari masa ke masa. Sekarang ini kita mengenal Core yang merupakan prosesor dari brand Intel, dan pesaingnya adalah brand AMD. Kedua brand prosesor tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Sudah banyak yang membuktikan bahwa Intel memiliki performa yang lebih baik daripada AMD. Semakin tinggi core laptopmu, semakin baik pula performa yang dihasilkan. Meski begitu, prosesor AMD terkenal sangat baik untuk laptop gaming.

8. Merk Laptop

Terakhir adalah merk laptop yang berpengaruh langsung pada layanan purnajual. Brand laptop juga penting untuk diperhatikan agar bisa memilih laptop terbaik dengan harga yang sesuai.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal