SemutAspal

Pengertian Cyber Security dan Jenisnya

Pengertian cyber security
Pengertian cyber security

Perkembangan teknologi terutama dunia digital memang mampu membawa banyak perubahan dalam kehidupan, namun mengandung beberapa risiko juga.

Istilah cyber security ini muncul setelah banyak kasus kejahatan di dunia maya yang membutuhkan proteksi yang lebih kuat. Berikut kami akan jelaskan pengertian cyber security dan juga beberapa jenisnya.

Pengertian Cyber Security

Supaya kita bisa menggunakan secara maksimal, maka kamu harus memahami dulu soal pengertian dari cyber security tersebut. Cyber security adalah sebuah metode atau sistem yang akan melindungi berbagai device mulai dari komputer, Android, sampai dengan jaringan.

Hal semacam ini tentu saja akan meningkatkan keamanan pada saat kamu berselancar di dunia maya dan tentunya jadi lebih bebas. Dengan perkembangan dunia digital saat ini sudah semakin banyak saja orang yang bisa melakukan kejahatan dengan sangat mudah.

Keamanan siber ini menjadi salah satu alat untuk mengamankan dan memiliki peran yang tentunya sangat penting dan wajib dimiliki. Jadi nantinya jaringan, server, bahkan komputer akan bisa terlindungi dari berbagai akses yang memang tidak diizinkan.

Penerapan Cyber Security

Setelah sudah tahu mengenai pengertiannya, maka selanjutnya mempelajari mengenai bagaimana penerapan dari cyber security sebenarnya. Berikut ini beberapa penerapan yang mungkin bisa kamu pergunakan untuk melindungi device atau juga jaringan kamu.

1. Firewall

Pertama adalah firewall yang memang merupakan penerapan yang paling simpel untuk bisa memberikan perlindungan. Cara kerjanya adalah membatasi akses, jadi seperti pagar pembatas untuk menentukan akses ke atau dari jaringan internet.

2. Autentikasi

Berikutnya adalah autentikasi yang juga menjadi salah satu bentuk penerapan dari sebuah keamanan siber itu sendiri. Jadi sistem kerja dari autentikasi itu adalah dengan melakukan verifikasi atau meyakinkan kalau seseorang itu memang memiliki akses.

Autentikasi ini bisa dipergunakan untuk orang yang ingin mendapat akses atau sistem yang akan mengakses sistem atau data.

3. Enkripsi

Penerapan yang ketiga adalah enkripsi yang merupakan sistem mengubah informasi menjadi satu kode khusus untuk akses.

Kode tersebut tidak bisa dibaca oleh siapa pun yang tidak memiliki kunci dari deskripsi tersebut, jadi sangat unik untuk digunakan. Bila dilihat dari pengertian cyber security, maka jelas ini merupakan penerapan yang cukup baik.

Jenis Jenis Cyber Security

Melihat perkembangan kriminalitas di dunia digital, memang membuat banyak orang wajib untuk memiliki atau menerapkan keamanan siber.

Jenis dari keamanan siber itu sendiri ada banyak sekali, dan setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda-beda nantinya. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih jenis dari cyber security tersebut.

1. Cloud Security

Jenis yang pertama adalah cloud security, di mana ini akan mengamankan data yang kamu simpan di dalam cloud. Pada dasarnya, keamanan siber akan menjaga informasi dan juga data yang tersimpan di dalam cloud, sehingga tidak ada data yang bocor.

Banyak juga server lain yang menyimpan data dan memiliki sistem penjaga cyber yang bisa kamu pilih di sekitar kamu.

2. Network Security

Jenis yang kedua adalah network security yang dari namanya sudah jelas kalau memang tujuan diadakannya jenis ini adalah menjaga jaringan. Kamu bisa jauh lebih aman saat berselancar di internet, karena security jenis ini yang akan mengamankan jaringan.

3. Aplikasi Security

Jenis yang terakhir adalah aplikasi security yang jelas tujuannya adalah mengamankan aplikasi dari beragam serangan cyber.

Aplikasi saat ini sudah banyak yang terhubung dengan kontak bahkan ke rekening bank yang berhubungan dengan uang. Adanya jenis cyber security ini akan sangat membantu menjaga agar supaya hanya orang tertentu yang bisa mengakses.

Tujuan Cyber Security

Ada beberapa tujuan mengapa cyber security ini sangat diperlukan dan harus dibuat dengan semaksimal mungkin supaya bekerja baik. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih tujuan perlu menggunakannya.

  1. Tujuan yang pertama menjaga supaya tidak ada data yang dicuri atau mungkin uang yang dicuri karena serangan cyber.
  2. Tujuan yang kedua bila dilihat dari pengertian cyber security adalah menjaga sistem untuk bisa tetap bekerja dengan baik dan stabil.

Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal