WA Web: Cara Menggunakan & Call WhatsApp Web

  • 1
    Share

Cara menggunakan Wa Web

WhatsApp adalah layanan pesan instan yang paling banyak digunakan. Tidak mau tinggal diam, produk yang diakuisisi Facebook ini terus berinovasi. WA Web adalah salah satu inovasi yang dilakukan. Bagaimana cara menggunakan WA Web?

Dalam perkembangannya, WhatsApp telah digunakan oleh beragam industri untuk membangun komunikasi antar tim. Hal itu tak lepas dari banyaknya fitur WhatsApp yang menunjang proses kerja perkantoran dan industri.

Apalagi sekarang, WhatsApp digunakan secara masif di berbagai bidang untuk menunjang proses komunikasi satu sama lain. Lantas, apa lagi kelebihan WhatsApp web ini? Simak ulasannya berikut ini.

Keunggulan Whatsapp Web

Berikut adalah beberapa fitur yang memberi keunggulan bagi WhatsApp web.

1. Hemat Waktu

Apabila kamu adalah orang yang bekerja dengan laptop dan perlu mengecek WhatsApp sesekali entah itu chating dengan klien atau rekan kerja, kamu bisa menggunakan WhatsApp Web. Cara ini akan sedikit mempercepat ritme kerjamu yang padat.

2. Mengetik Lebih Cepat

Kecepatan mengetik setiap orang memang berbeda-beda. Namun agaknya kamu akan setuju bahwa mengetik di laptop akan lebih cepat ketimbang mengetik di hp. Saya memang tak bisa mengetik 10 jari, akan tetapi saya bisa mengetik menggunakan setidaknya 6 jari.

Lagipula, letak huruf pada keyboard smartphone maupun laptop tidak berbeda. Jadi kamu pasti terbiasa dengan hal tersebut apabila kamu baru akan coba memakai WA Web.

3. Ringan

Aplikasi WhatsApp web didesain seringan mungkin untuk dapat berjalan di PC dengan spek standar. Apabila tidak mau pakai aplikasinya, kamu bisa membukanya lewat browser seperti kamu membuka situs saya sekarang.

4. Pemindah File

Apabila kamu adalah orang yang bekerja dengan komputer dan kerap mengirim hasil pekerjaan itu melalui WhatsApp, akan lebih baik kamu menggunakan WhatsApp web agar meningkatkan produksivitas.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan WhatsApp web sebagai media pemindahan file layaknya flashdisk. Jadi kamu kirim file ke nomor seseorang melalui hp lalu kamu mengunduhnya lewat laptop.

Kelemahan Whatsapp Web

Meski mempermudah, tentu ada harga yang harus dibayar. Beberapa kelemahan WhatsApp web adalah sebagai berikut.

1. Bergantung pada Smartphone

Pengguna harus melakukan scan barcode agar bisa menggunakan WhatsApp web. Selain itu, smartphone harus tersambung dengan koneksi internet agar WhatsApp web bisa online. Namun, WhatsApp web tidak dibatasi jarak.

Pada beberapa kasus mungkin harus selalu membuka aplikasi WA di HP agar WhatsApp web terus terhubung. Apabila layar mati, koneksi WhatsApp web secara otomatis terputus. Kasus ini memang sangat jarang terjadi tapi semoga saja segera diatasi.

2. Menguras Baterai Smartphone

Meski kita berkirim pesan menggunakan laptop, baterai handphone yang digunakan akan terkuras lebih cepat. Hal ini dapat terjadi karena handphone tetap menjalankan WhatsApp ditambah proses sinkronisasi yang harus dijaga.

3. Jaringan Internet Stabil

Sudah dijelaskan sekilas di atas bahwa menggunakan WhatsApp web memerlukan koneksi internet yang stabil. WhatsApp web membutuhkan koneksi yang stabil agar sinkronisasi data yang terjadi dapat berjalan mulus.

4. Tidak Bisa Melakukan Panggilan

Berbeda dengan aplikasi WhatsApp yang ada pada smartphone, WhatsApp web tidak mengakomodasi panggilan video maupun suara. Fitur ini mungkin akan ada di masa mendatang namun untuk sekarang kamu harus puas dengan fitur kirim file suara.

Tutorial Menggunakan WA Web

Cara menggunakan WhatsApp web tidaklah terlalu rumit. Kamu hanya perlu penyesuaian sedikit apabila sudah menggunakan WA versi aplikasi yang ada di handphone. Tutorial berikut mungkin akan sedikit membantu menemukan hal yang kamu butuhkan.

1. Cara Mengakses Whatsapp Web

Kamu bisa menggunakan WhatsApp web dengan dua cara yakni menggunakan aplikasi atau browser. Pembahasan keduanya ada di bawah ini.

Aplikasi

Jika ingin menggunakan aplikasi, kamu perlu mendownload dan install aplikasi WhatsApp web terlebih dahulu. Ikuti panduan singkat berikut ini.

  1. Buka browser misalnya Chrome, Firefox, atau Safari
  2. Kunjungi laman https://www.whatsapp.com/
  3. Klik pada menu UNDUH
  4. Di kolom Mac atau PC Windows, klik link atau tombol yang sesuai dengan sistem operasimu
  5. Tunggu hingga proses download selesai
  6. Setelah selesai, buka file installer hasil download dan lakukan proses instalasi
  7. WA web berhasil diinstall, kamu bisa menemukan Whatsapp di laptopmu
  8. Aplikasi siap digunakan

Melalui Browser

Jika kamu menganggap langkah di atas terlalu merepotkan atau penyimpanan laptop terlalu penuh, kamu bisa mengakses WhatsApp web.

  1. Jalankan browser andalanmu
  2. Kunjungi laman https://web.whatsapp.com/
  3. WhatsApp web siap digunakan

2. Login

Sebelumnya kamu sudah tau bagaimana cara untuk mengakses wa web. Sekarang mari kita bahas cara untuk melakukan login masuk ke WhatsApp web melalui Android dan iOS. Kamu bisa lakukan login WA sesuai tutorial berikut ini.

  1. Buka laman Whatsapp Web melalui aplikasi atau browser di laptop
  2. Buka aplikasi Whatsapp di smartphone
  3. Di HP, klik ikon titik tiga di kanan atas untuk menampilkan menu
  4. Ketuk opsi Whatsapp Web
  5. Scan barcode WA Web yang tampil di layar laptop
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses sinkronasi berhasil
  7. Jika berhasil login ke Whatsapp Web, layar laptop akan menampilkan daftar chat Whatsapp

3. Mengirim Pesan

Jika ini pengalaman pertama kalinya menggunakan WhatsApp web, coba kamu kirim satu pesan kepada kontakmu. WhatsApp di HP memulai pesan baru dengan mengeklik ikon di kanan bawah. Tapi di desktop berbeda, beginilah cara mengirim pesan lewat WA Web.

  1. Masuk ke WhatsApp Web dengan kode QR
  2. Klik tombol “New Chat” atau pilih chat yang ada di bagian kiri halaman Whatsapp Web
  3. Masukkan pesan pada kotak bertuliskan “Type a message”
  4. Setelah itu tekan tombol enter atau simbol pesawat untuk mengirim pesan

Catatan: Kamu bisa menambahkan emoji, stiker, atau gif. Klik simbol emoji, lalu terbuka tombol stiker dan gif. Satu trik yang bisa kamu coba, cara enter di WhatsApp Web dalam sebuah chat adalah dengan menekan tombol Shift+Enter.

4. Mengirim Foto

Seperti sudah dijelaskan di awal, kamu bisa mengirim foto dari laptop dengan lebih cepat menggunakan WhatsApp web. Berikut adalah cara melakukan pengiriman foto tersebut.

  1. Buka chat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya
  2. Klik ikon paper clip di sebelah kiri kolom pesan
  3. Kemudian klik ikon Photos & Videos
  4. Pilih gambar yang kamu inginkan
  5. Tambahkan keterangan jika diperlukan
  6. Klik ikon kirim

Catatan: Kamu juga bisa drag & drop file gambar ke halaman WhatsApp web. Gambar yang terkirim dari WhatsApp web tidak diambil dari memori telepon genggam. Jika ingin file tersebut ada di HP, kamu bisa mengunduhnya. Inilah langkah memindahkan file dari laptop ke HP lewat WhatsApp.

5. Mengirim File dan Dokumen

Selain gambar dan video, WhatsApp juga menyediakan pengiriman dokumen seperti file PDF, Excel, Word, dan ZIP. Gambar dan videopun bisa juga dikirimkan lewat metode pengiriman ini. Berikut adalah cara melakukan pengiriman file dan dokumen lewat WhatsApp.

  1. Pilih kontak atau grup yang akan dikirimi file
  2. Setelah itu, klik pada ikon attach
  3. Pilih ikon Document
  4. Pilih file yang ingin dikirimkan
  5. Klik ikon kirim untuk mengirimkan file

Catatan: File apapaun bisa kamu kirimkan menggunakan WhatsApp.

6. Mengirim Kontak

Sebelum metode ini ditemukan, banyak orang harus menulis kontak secara manual untuk membagi kontak yang mereka miliki. Cara mengirim kontak melalui WhatsApp bisa dilakukan dengan mudah melalui langkah berikut ini.

  1. Pilih salah satu kontak atau grup untuk masuk ke room chat
  2. Klik pada ikon paper clip (attach) lalu pilih Contact
  3. Daftar kontak yang kamu miliki ditampilkan
  4. Cari dan pilih kontak yang ingin dibagikan
  5. Klik ikon Send untuk mengirimkan kontak tersebut

Catatan: Kamu bisa mengirim beberapa kontak sekaligus menggunakan cara ini. Kontak yang dikirimkan adalah nomor WhatsApp, sehingga kamu tidak bisa membagikan nomor yang tidak punya WhatsApp.

7. Menggunakan Kamera

Kamu bisa mengirimkan foto terbaru melalui WhatsApp dengan menggunakan kamera laptop yang tersambung. Berikut adalah tutorial menggunakan kamera di Whatsapp Web.

  1. Sama seperti sebelumnya, pilih salah satu kontak atau grup
  2. Klik pada ikon Attach.
  3. Pilih ikon Camera
  4. Berikan izin penggunaan kamera dengan mengeklik tombol Allow jika dibutuhkan
  5. Setelah itu, kamu bisa merekam video atau mengambil foto lewat kamera laptop
  6. Lalu, klik pada ikon kirim ketika sudah cocok

Catatan: Fitur ini bisa digunakan apabila laptop atau PC dilengkapi dengan kamera. Jika perangkat belum memiliki kamera, maka fitur ini tidak bisa dipakai.

8. Mengaktifkan Dark Mode

Secara default, Whatsapp Web menggunakan tampilan bertema light atau terang dengan warna hijau putih khas WA. Jika kamu pecinta dark mode, kamu bisa mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp Web. Caranya tidak sulit, cukup ikuti panduan di bawah ini.

  1. Pastikan kamu sudah membuka dan login Whatsapp Web
  2. Klik ikon titik 3 di bagian kiri atas untuk menampilkan menu
  3. Pilih menu Settings
  4. Klik Theme
  5. Pilih Dark dan klik tombol OK
  6. Jika ingin sekalian mengganti wallpaper, klik menu Chat Wallpaper
  7. Pilih warna yang diinginkan
  8. Klik pada opsi Add Whatsapp Doodles bila ingin menambahkan doodle art

Catatan: Pengaturan ini tidak permanen dan akan hilang ketika logout dari WA Web.

9. Video Call Sampai 50 Orang

WhatsApp kini menawarkan fitur video call dengan anggota 50 orang. Hal ini dapat terjadi karena WhatsApp kini telah terintegrasi dengan Messenger Room yang merupakan platform tele conference dari Facebook. Bagaimana cara agar bisa video call denga fitur tersebut? Simak tutorialnya berikut ini.

  1. Pastikan kamu sudah login di Whatsapp Web
  2. Masuk ke menu dengan mengeklik ikon titik tiga
  3. Pilih opsi Create a Room
  4. Di layar akan tampil pesan konfirmasi, pilih opsi Continue in Messenger
  5. Login ke akun Facebook atau Messenger
  6. Buat room sesuai dengan instruksi di layar sampai mendapatkan link URL
  7. Copy link tersebut dan bagikan kepada teman atau rekan kamu yang akan menjalankan rapat atau pertemuan secara online
  8. Tunggu teman-temanmu bergabung dan pertemuan bisa dimulai

Sejauh ini belum ada batasan waktu dan biaya yang dibebankan pada pengguna ketika memanfaatkan fitur ini.

10. Logout

Tutorial terakhir yang dibahas kali ini adalah cara untuk logout atau keluar dari Whatsapp Web. Kamu bisa logout dengan dua cara, yaitu melalui Whatsapp Web dan Smartphone. Berikut adalah tutorial untuk log out Whatsapp Web dari browser atau aplikasi di laptop.

  1. Masuk ke menu dengan mengeklik ikon tiga titik
  2. Klik log out yang terletak di paling bawah
  3. Tunggu beberapa saat sampai proses log out berhasil.

Tanda proses log out yang berhasil adalah tampilnya QR Code pada layar laptop.

Untuk keluar dari Whatsapp Web melalui aplikasi di smartphone, simak tutorial di bawah ini.

  1. Buka Whatsapp di hape
  2. Klik ikon titik tiga lalu
  3. Pilih menu Whatsapp Web
  4. Di layar tertera perangkat yang terhubung dengan akun WhatsApp kamu
  5. Klik perangkat yang ingin kamu keluarkan
  6. Klik tombol Log out
  7. Apabila ingin keluar dari semua perangkat sekaligus, klik opsi Log out from all devices

Shortcut di Whatsapp Web

Tidak semua orang tau kalau WhatsApp Web memiliki beberapa kombinasi tombol (shortcut) untuk mempermudah pekerjaan. Berikut adalah beberapa kombinasi tombol WhatsApp Web yang bisa kamu gunakan di laptop.

ShortcutFungsi
CTRL+NMemulai sebuah percakapan atau chat baru
CTRL+Shift+]Membuka chat berikutnya
CTRL+Shift+[Membuka chat sebelumnya
CTRL+EMengarsipkan sebuah chat
CTRL+Shift+MMute atau membisukan sebuah chat
CTRL+BackspaceMenghapus sebuah chat
CTRL+Shift+UMenandai sebuah pesan belum dibaca
CTRL+Shift+NMembuat sebuah grup baru
CTRL+PMembuka profil

WA Web memiliki banyak manfaat yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Setelah membaca penjelasan di atas, semoga kamu mengetahui berbagai manfaat Whatsapp Web serta cara menggunakannya. Ayo gunakan di akun WA kamu!


  • 1
    Share

Selengkapnya