Tanda WhatsApp Dibajak dan Cara Menghentikannya

Kemajuan zaman datang beriringan dengan segala celah kejahatan baru yang harus segera diantisipasi. Salah satu aplikasi pesan singkat yang banyak digunakan kini adalah WhatsApp. Aplikasi ini memberi kita kemampuan untuk mengirim pesan teks, gambar, suara, bahkan video.

Banyak orang telah menjadi korban pembajakan aplikasi di WhatsApp. Untuk itu, kamu perlu tau ciri-ciri WhatsApp dibajak. Akun yang berhasil dibajak biasanya digunakan sebagai modus penipuan.

Salah satu operandi yang dilakukan adalah penipu mengirim pesan pada orang-orang di kontak korban berisi permohonan transfer dengan jumlah tertentu dan karena suatu alasan. Telah banyak orang tertipu dengan modus semacam ini.

Pembajakan akun WhatsApp juga bisa membuat korban berurusan dengan pihak berwajib. Peristiwa semacam ini dialami oleh aktivis hak sipil Ravio Patra tahun lalu. Tiba-tiba, akun WhatsApp-nya menyebarkan broadcast bernada provokasi ke sejumlah kontak.

“KRISIS SUDAH SAATNYA MEMBAKAR! AYO KUMPUL DAN RAMAIKAN 30 APRIL AKSI PENJARAHAN NASIONAL SERENTAK, SEMUA TOKO YANG ADA DIDEKAT KITA BEBAS DIJARAH” isi pesan berantai yang tersebar itu.

Akibat pesan tersebut, Ravio harus menyelesaikan urusannya dengan kepolisian. Ia saat itu dituduh melakukan provokasi aksi kerusuhan di ibu kota. Ravio dibebaskan karena akun WhatsApp-nya terbukti telah diterobos oleh orang lain.

Tanda WhatsApp dibajak dan menghentikan

Tanda WhatsApp Dibajak

Kamu tak perlu khawatir akun WhatsApp dibajak dan disalahgunakan orang lain. Pembajakan akun WhatsApp bisa ditelisik tanpa harus pergi ke orang yang ahli servis smartphone. Berikut adalah tanda dan ciri-ciri akun WhatsApp dibajak oleh orang tidak bertanggung jawab.

1. Akun Log Out Tanpa Dikehendaki

Ini adalah gejala awal akun WA sedang dibajak. Jika sudah demikian, WA kamu tidak bisa dipakai untuk berkirim pesan. Gejala ini muncul karena seseorang sedang berusaha menerobos akun di handphone lain.

Biasanya, pada saat WA login di perangkat baru akan ada pesan di aplikasi:

“Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda.”

Setelah WA sign out tiba-tiba, biasanya akan diikuti dengan adanya SMS atau email OTP (One Time Password) yang masuk. Tidak hanya untuk WhatsApp, jangan pernah mengirimkan kode OTP sembarangan. Itu adalah salah satu langkah pengamanan untuk memastikan identitas.

2. Pesan atau Chat Mendadak Telah Terbaca

Jika ternyata kamu sudah kecolongan di langkah pertama, kemungkinan kamu akan mengalami kejadian yang satu ini. Kamu merasa bahwa belum membuka pesan dari seseorang tapi kok pas dilihat sudah terbaca.

3. Mengirim Chat Sendiri

Tanda ini kurang lebih sama dengan chat terbaca mendadak. WhatsApp milikmu tiba-tiba mengirim chat ke kontak tanpa kehendakmu. Tandanya WA milikmu sedang melakukan aktivitas tanpa sepengetahuan kamu sebagai pemilik. Orang yang membajak sedang menggunakan WA-mu untuk tujaunnya.

4. Status Online padahal HP Mati

Ini ciri lain kalau akun WA sedang dibajak. Padahal kamu sedang mematikan handphone. Cara mengetahuinya adalah dengan mengecek status online via WA web. Klik ikon titik tiga di kanan atas desktop lalu klik WhatsApp Web. Dari situ kamu bisa tahu akun WA aktif yang mana saja.

5. Semua Hal Lain yang Bisa Kamu Lakukan

Selain poin 2-4 di atas, seseorang tersebut juga bisa melakukan hal-hal yang biasanya kamu lakukan termasuk melakukan panggilan, membuat story, melihat story, mengirim video, video call, membuat grup, keluar grup, memblokir seseorang, dan menghapus segala chat yang ada.

Cara Menghentikannya

Kamu sekarang sudah tau apa saja ciri-ciri WhatsApp dibajak sekarang mari melangkah pada cara untuk mengatasinya. Berikut adalah cara mengatasi akun WhatsApp yang dibajak.

1. Keluar dari WhatsApp Web

Sign out WA web langsung jika menyadari akun sedang atau telah dibajak oleh seseorang. Sebelum keluar, kamu bisa mengetahui perangkat mana saja yang login ke akunmu.

Tenang, semua chat, data, dan kontak tidak hilang dengan melakukan hal ini. Cara sign out dari WhatsApp Web:

  • Klik ikon Menu (titik tiga) di kanan atas
  • Klik Log Out

2. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Setelah itu langsung hapus dan unduh kembali aplikasi WhatsApp di handphone melalui penyedia aplikasi terpercaya seperti Play Store atau App Store. Lalu install kembali dan daftarkan akun WA dengan nomor telepon yang sama. Nanti OTP akan dikirim ke nomor yang didaftarkan.

Setelah OTP diterima bisa langsung dimasukkan dan kamu sudah masuk lagi ke akun WhatsApp milikmu. Oiya, untuk mengurangi risiko kehilangan file dan data, ada baiknya kamu melakukan back up terlebih dahulu.

3. Nonaktifkan Akun WhatsApp

Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk memastikan akun tidak disalahgunakan oleh orang lain. Caranya mengirim email ke support WhatsApp di [email protected] dengan pesan email “Hilang/Dicuri: Silakan Nonaktifkan akun saya”

Setelah menonaktifkan akun WA, kamu punya waktu 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun WA milikmu.

4. Aktifkan Penguncian di WA

Ada dua cara untuk melindungi WhatsApp agar tidak dibajak orang lain. Pertama, gunakan kunci sidik jari. Cara mengaktifkan kunci sidik jari adalah sebagai berikut:

  • Klik titik tiga (Menu)
  • Pilih Privasi
  • Klik Kunci Sidik Jari
  • Aktifkan
  • Pilih berapa lama aplikasi terkunci otomatis

Cara kedua adalah pengaktifan verifikasi dua faktor. Berikut adalah caranya:

  • Klik titik tiga (Menu)
  • Pilih Setting
  • Klik Account
  • Pilih Two Step Verification
  • Pilih Enable
  • Masukkan kode yang diinginkan serta alamat email untuk “Forgot Email”

Sekarang kamu sudah tau apa saja tanda WhatsApp telah dibajak dan mengantisipasinya. Semoga kamu bisa mengembalikan keadaan seperti semula. Untuk menghindari WhatsApp dibajak lagi, sering-sering cek menu WA Web.