Cara Mudah Screenshot Laptop Asus tanpa Aplikasi

Cara mudah screenshot laptop Asus

Screenshot adalah kegiatan mengambil gambar yang tampil pada layar monitor. Kita sebagai pengguna dapat mengambil screenshot pada tampilan game, aplikasi, maupun video. Hampir semua perangkat saat ini memiliki fitur screenshot, termasuk laptop Asus.

Cara Screenshot di Laptop Asus

Berikut adalah cara screenshot laptop Asus tanpa aplikasi dengan cepat dan mudah. Cara ss ini bisa dilakukan untuk berbagai seri dan tipe laptop Asus misalnya:

  • Asus X540l
  • Asus X441U
  • Asus X453S
  • Asus A455l
  • Asus ROG

1. Alt + Print Screen

Screenshot dengan tombol Alt + PrtSc
Tombol Alt + PrtSc

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah menekan kombinasi tombol Alt + Print Screen pada keyboard. Kamu bisa mencari tombol “PrtSc” jika tidak menemukan tombol “Print Screen”. Kamu secara otomatis mengambil tangkapan layar dari jendela yang aktif ketika kombinasi tombol tersebut ditekan.

Setelah itu buka aplikasi editing misalnya Paint atau Microsoft Word untuk meletakkan gambar hasil tangkapan layar. Caranya klik kanan lalu tekan Paste atau cukup tekan kombinasi tombol Ctrl + V untuk meletakkan gambar.

2. Snipping Tools

Icon Snipping Tools
Icon Snipping Tools

Snipping Tools adalah aplikasi bawaan di sistem operasi Windows 7, 8, dan 10. Karena merupakan aplikasi bawaan, kamu bisa langsung membukanya di laptop Asus. Cara menggunakan Snipping Tools untuk ss laptop Asus:

  1. Tekan kombinasi tombol Win + R
  2. Ketik “snippingtool” tanpa tanda petik
  3. Tekan tombol Enter
  4. Jendela Snipping Tool muncul
  5. Klik New, atau klik dropdown di sebelahnya untuk memilih mode yang diinginkan
  6. Mulai tangkap layar sesuai yang kamu inginkan
  7. Ketika selesai, muncul jendela edit yang bisa kamu pakai untuk proses editing sederhana seperti menambah coretan
  8. Lakukan penyimpanan seperti pada umumnya dengan mengeklik icon Save

Catatan:

Tampilan tombol Win adalah 4 buah persegi yang disusun menjadi jendela, biasanya berada di deretan tombol spasi.

  • Free-form Snip mengambil gambar dengan bentuk sesuai keinginan
  • Rectangular Snip menangkap layar dengan bentuk persegi sesuai ukuran yang diinginkan
  • Window Snip menangkap tampilan layar jendela yang sedang terbuka
  • Full-screen Snip mengambil seluruh tampilan layar monitor

Aplikasi Snipping Tools sangat cocok digunakan ketika ingin menangkap gambar di area tertentu.

3. Print Screen + Win

Screenshot dengan tombol Win + PrtSc
Tombol Win + PrtSc

Kamu juga bisa memakai kombinasi tombol PrtScn + Win untuk menangkap gambar pada layar. Ini mirip dengan cara yang pertama. Hanya saja ketika menekan tombol PrtScn + Win, tampilan layar menghitam sekejap yang menandakan sistem sedang menangkap gambar.

Selain itu, ketika kamu memakai cara ini tidak perlu lagi menjalankan aplikasi editing untuk menyimpan gambar karena otomatis tersimpan di laptop Asus. Silakan cek folder C:\Users[NAMA USER LAPTOP KAMU]\Picture\Screenshot untuk mencari hasil ss.

4. Windows Key + Print Screen + Fn

Screenshot dengan tombol Fn + Alt + PrtSc
Tombol Fn

Untuk beberapa tipe laptop, kamu perlu menekan tombol Fn agar perintah pada tombol PrtSc bekerja. Biasanya hal ini terjadi apabila 1 tombol memiliki 2 perintah berbeda.

Untuk itu kamu bisa menekan tombol Fn + PrtSc + Win atau Fn + PrtSc + Alt untuk mengambil tangkapan layar laptop. Kamu bisa melihat hasil screenshot pada folder Pictures – Screenshoot.

5. Windows + H

SS laptop Asus dengan tombol Alt + PrtSc
Tombol Win + H

Kamu yang membutuhkan langkah cepat berbagi ke sosial media bisa menggunakan cara ini. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu menekan tombol Win + H pada laptop Asus untuk memicu Windows Share Toolbar.

Seketika muncul beberapa layanan online yang sudah kamu install misalnya Facebook, E-mail, One Note, atau yang lainnya. Cara ini kompatibel dengan perangkat Windows 7, 8, dan 10.

6. Windows + Down

Screenshot laptop Asus dengan tombol Win + Down
Tombol Win + Down

Selanjutnya, kamu bisa memakai kombinasi tombol Win + Down pada laptop Asus untuk menangkap layar. Gambar yang kamu capture akan langsung tersimpan di dalam folder Pictures – Screenshot setelah menekan kombinasi tombol tersebut.

7. Snip Editor

User interface Snip Editor
User interface Snip Editor

Seperti Snipping Tools, Snip Editor memiliki fungsi untuk menangkap tampilan layar dengan sedikit fitur yang lebih banyak. Kamu dapat menangkap gambar dari jendela aktif, crop bagian tertentu, sampai seluruh area layar dengan aplikasi ini. Kamu juga bisa menambahkan recording pada hasil capture.

  1. Buka aplikasi Snip Editor
  2. Muncul tiga ikon yang bisa digunakan untuk mengambil gambar
  3. Klik ikon Capture jika ingin screenshot
  4. Atur area yang ingin di ss
  5. Ketika selesai, muncul jendela edit yang bisa kamu pakai untuk proses editing sederhana seperti menambah coretan dan suara
  6. klik Save untuk menyimpan file screenshot

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk melakukan screenshot di laptop atau notebook Asus. Caranya cukup beragam karena kamu bisa memilih pakai kombinasi tombol tanpa aplikasi atau menggunakan aplikasi. Cara screenshot di laptop ASUS berjalan pada sistem operasi Windows 7, 8, dan 10.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup