5 Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik 2021

  • 1
    Share

Akuntansi adalah elemen tak terpisahkan dalam aktivitas sebuah perusahaan. Ilmu akuntansi berguna dalam penyusunan laporan keuangan yang dibutuhkan olehnya.

Untuk mempermudah pekerjaan, banyak software akuntansi dibuat oleh para pengembang aplikasi baik gratis maupun berbayar.

Masing-masing software yang dibuat oleh developer aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Sistem akuntansi yang dibuat tentu diharapkan akan mempercepat proses dan manajemen keuangan sebuah perusahaan.

Oleh sebab itu, banyak fitur-fitur tambahan yang diberikan termasuk fitur ekspor ke Microsoft Excel, pengelolaan pembayaran, pembuatan faktur untuk klien, mengelola pajak, rekonsiliasi bank, pengelolaan piutang dan utang.

Berikut adalah software akuntansi terbaik yang bisa dipertimbangkan untuk perusahaan kamu.

Contoh software akuntansi terbaik tahun 2021

1. SAP

Ini adalah software akuntansi asal Jerman yang penggunanya tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Perangkat lunak ini setidaknya digunakan oleh 300.000 pelanggan.

Dengan S/4HANA Finance, SAP menawarkan solusi praktis berbasis cloud dan on-premise pada perusahaan-perusahaan besar penggunanya untuk menyederhanakan pengelolaan keuangan.

Beberapa fitur utama yang tertanam dalam SAP S/4HANA Finance antara lain membuat laporan keuangan secara real time, manajemen utang dan piutang, manajemen kredit, perencanaan keuangan, serta manajemen anggaran.

Bagi banyak perusahaan berskala nasional di Indonesia, alat pelaporan canggih yang ada dalamnya digunakan untuk memudahkan perusahaan memprediksi pendapatan dan pengeluaran di masa yang akan datang.

Selanjutnya, SAP S/4HANA Finance dapat diintegrasikan dengan SAPSuccess Factors untuk mengotomatiskan manajemen sumber daya manusia perusahaan. Di Indonesia, sistem akuntansi ini sangat cocok digunakan oleh perusahaan-perusahaan berskala besar.

2. EQUIP

Selanjutnya adalah EQUIP yang merupakan software besutan HashMicro dari Singapura. Software yang telah dikembangkan sejak 2008 ini telah digunakan oleh berbagai macam perusahaan dari berbagai jenis industri di Indonesia, misalnya Astra Finance, Hino Truck, dan Yokohama.

Sistem akuntansi ini dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan pengelolaan proses finansial seperti pembuatan laporan keuangan, manajemen faktur dan pembayaran, manajemen nota kredit dan debit, manajemen multi-mata uang, manajemen pajak, dan rekonsiliasi bank.

Teknologi berbasis awan dan on-premise juga digunakan oleh sistem manajemen keuangan yang satu ini. Hal tersebut memungkinkan perusahaan untuk memprediksi performa keuangan melalui fitur financial forecasting dan memudahkan pelacakan laporan laba rugi setiap divisi dan lokasi perusahaan.

Sistem akuntansi yang sudah terintegrasi dengan modul penggajian, penjualan, dan inventaris ini juga menawarkan kemudahan bagi pengguna software untuk kustomisasi aplikasi karena sistemnya dikembangkan secara in-house.

3. Accurate

Accurate adalah software akuntansi yang dibuat dari negara Indonesia. Penyedia layanan ini menawarkan 2 jenis paket software akuntansi untuk pelaku bisnis yang ingin mempermudah manajemen keuangannya, yakni Accurate Online dan Accurate 5 Desktop.

Accurate Online adalah software akuntansi online yang mengharuskan penggunanya untuk berlangganan setiap bulan agar diberi akses penyimpanan data di sistem cloud.

Sedangkan Accurate 5 Desktop mengharuskan pelanggan untuk membeli software agar dapat menyimpan data di komputer. Tentu, pengguna aplikasi ini dapat mengakses data secara offline.

Aplikasi akuntansi keuangan yang satu ini lebih cocok dipakai untuk sistem pembukuan back office. Beberapa fitur andalan software ini adalah manajemen surat penawaran, pembuatan surat jalan, pembuatan faktur, manajemen pesanan penjualan, dan manajemen piutang.

Meskipun Accurate sudah dapat membaca barcode menggunakan scanner, namun sistem akuntansi ini belum memiliki kemampuan untuk mencetaknya.

4. Zahir

Jika tak boleh disebut sebagai yang pertama, Zahir adalah salah satu software akuntansi tertua di Indonesia yang telah digunakan oleh berbagai perusahaan di berbagai jenis bisnis. Terdapat beberapa jenis paket yang ditawarkan oleh Zahir Accounting.

Paket Online untuk bisnis jasa dan manufaktur, Essential untuk distribusi dan perdagangan, Professional untuk kontraktor dan produsen, Paket On-Premise untuk perusahaan menengah ke atas, dan Enterprise untuk perusahaan-perusahaan besar.

Beberapa fitur andalan yang ditawarkan Zahir untuk bisnis kecil dan menengah adalah manajemen penjualan, manajemen pembelian, pembayaran utang dan piutang, serta manajemen kas.

Sedangkan untuk perusahaan-perusahaan enterprise yang lebih besar, Zahir Accounting menawarkan lebih banyak fitur guna semakin mempermudah pengelolaan misalnya mengelola persediaan, pengelolaan warehouse, serta manajemen aset.

5. Jurnal

Terakhir mari kita membahas Jurnal yang merupakan perangkat lunak akuntansi berbasis awan yang cocok digunakan oleh UMKM di Indonesia. Tanpa perlu mengeluarkan biaya instalasi, aplikasi keuangan Jurnal dapat diakses dimanapun asal ada jaringan internet.

Jurnal menyediakan berbagai fitur penting utama misal pelaporan lengkap dan real time, pembuatan faktur, pencatatan biaya, pelacakan persediaan, serta manajemen aset.

Aplikasi akuntansi ini memberi pengguna kesempatan untuk menghubungkan akun bank melalui fitur Cash Link. Menggunakan software ini tentu akan mempermudah urusan akuntansi perusahaan.

Software Akuntansi Mana yang Harus Dipilih?

Dengan banyaknya pilihan software akuntansi dengan berbagai fitur dan harga yang kompetitif, kamu mungkin bingung untuk memilih satu dari antaranya.

Namun, tentu ada beberapa pertimbangan yang akan mempermudah kamu mengambil keputusan terbaik untuk bisnis kamu. Hal paling utama yang dipertimbangkan tentu adalah anggaran, kebutuhan, dan keamanan data.

Makin besar kebutuhan sebuah bisnis tentu akan membutuhkan lebih banyak fitur terintegrasi dalam software akuntansi. Selain itu, ukuran dan jumlah pegawai juga merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan juga.

Perusahaan menengah ke atas yang memiliki jumlah karyawan yang banyak tentu perlu memiliki sebuah software akuntansi yang mudah dikustomisasi dan diintegrasikan dengan modul-modul pendukung lainnya misal pembelian, inventaris, HRM, dan penjualan.

Namun ingat, makin banyaknya kustomisasi yang dilakukan maka biaya yang dikeluarkan tentu semakin banyak agar penyesuaian yang dilakukanpun berjalan dengan mulus dan keamanan data tetap terjaga.


  • 1
    Share
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar