SemutAspal

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus

Cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus
Cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus (Image by rawpixel.com on Freepik)

Jejaring pesan online WhatsApp, atau yang biasa disebut WA, telah membekali penggunanya dengan fitur yang memungkinkan mereka untuk menghapus pesan yang sudah terkirim.

Kelebihan utama dari fitur ini terletak pada kemampuannya untuk memperbaiki kesalahan pengguna dalam mengirim pesan. Meskipun demikian, fenomena pesan yang dihapus ini seringkali menimbulkan rasa penasaran di pihak penerima.

Pentingnya pengungkapan isi pesan yang telah dihapus menjadi relevan di sini. Bagi mereka yang penasaran dengan konten pesan yang sudah dihapus, kini ada solusi untuk membongkarnya.

Terdapat beberapa metode yang dapat diterapkan, baik dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga maupun tanpa perlu mengunduh tambahan aplikasi.

SemutAspal, sumber terpercaya, memberikan informasi lengkap tentang cara membaca pesan WhatsApp yang telah dihapus tanpa perlu mengandalkan aplikasi tambahan.

Dengan demikian, pemahaman terhadap mekanisme penghapusan pesan dapat diperluas, memberikan kejelasan kepada pengguna WhatsApp yang ingin mengeksplorasi isi percakapan tanpa batasan.

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus

Dalam aplikasi WhatsApp dan perangkat seluler, terdapat sejumlah fitur yang dapat dimanfaatkan untuk mengetahui isi pesan yang telah dihapus. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan hal tersebut:

1. Fitur Notification History

Salah satu cara paling sederhana untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus adalah dengan mengakses fitur riwayat pemberitahuan (notification history).

Penting untuk dicatat bahwa opsi ini hanya tersedia pada perangkat Android versi 11 ke atas. Fitur ini memungkinkan penyimpanan pemberitahuan hanya dalam rentang waktu 24 jam ke depan. Bagaimana caranya untuk melakukan pengecekan?

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka menu pengaturan pada perangkat, kemudian pilih opsi “notification”.
  2. Selanjutnya, temukan dan pilih opsi “advanced settings”.
  3. Aktifkan opsi “notification history” untuk memungkinkan ponsel menyimpan dan merekam semua pemberitahuan pesan WhatsApp yang masuk.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, kamu dapat dengan mudah mengakses riwayat pemberitahuan dan melihat pesan WhatsApp yang mungkin telah dihapus.

Meskipun demikian, pastikan perangkatmu menggunakan sistem operasi Android versi 11 ke atas agar dapat menikmati fungsi melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus ini.

2. Fitur Ekspor Pesan

Metode alternatif lain yang dapat digunakan untuk mengakses pesan yang telah dihapus adalah melalui fitur ekspor pesan yang terdapat di platform WhatsApp.

Fasilitas ini memberikan kemampuan kepada pengguna untuk merekonstruksi pesan yang sebelumnya dihapus dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Langkah pertama yang perlu diambil adalah membuka menu “setting” yang terdapat dalam aplikasi WhatsApp.
  2. Setelah itu, navigasi ke menu “chat history” dan pilih opsi “ekspor chat”.
  3. Dalam opsi ini, pengguna diberikan kemampuan untuk memilih kontak yang pesannya ingin diakses.

Keunggulan dari fitur ini tidak hanya terbatas pada memulihkan pesan teks, namun juga memungkinkan pengguna untuk mengembalikan foto, video, atau media lain yang mungkin telah dihapus.

Sehingga, fitur ekspor pesan ini tidak hanya memberikan akses terhadap riwayat pesan yang lengkap, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk memulihkan berbagai jenis konten yang mungkin telah hilang.

Setelah memilih kontak, pengguna dapat menunggu hingga proses pencadangan selesai. Proses ini memastikan bahwa data yang diperlukan untuk merekonstruksi pesan telah disalin dengan aman dan dapat diakses kembali kapan pun diperlukan.

Dengan demikian, pengguna WhatsApp dapat dengan mudah dan efektif mengakses kembali pesan yang telah dihapus melalui langkah-langkah sederhana ini.

3. Mencadangkan Pesan ke Google Drive

Aplikasi WhatsApp memberikan kemudahan kepada penggunanya dengan menyediakan fitur pencadangan pesan ke Google Drive.

Pilihan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan seluruh riwayat percakapan WhatsApp mereka secara aman di dalam penyimpanan awan Google. Untuk melakukan pencadangan pesan ini, langkah-langkah berikut dapat diikuti dengan mudah:

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp dan arahkan diri ke menu pengaturan.
  2. Selanjutnya, pilih opsi “chat” dan temukan menu “cadangkan ke Google Drive”.
  3. Di sana, pengguna dapat menyesuaikan pengaturan pencadangan sesuai kebutuhan mereka.

Tidak hanya itu, aplikasi memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk memilih waktu tertentu dalam sejarah percakapan yang ingin dicadangkan. Pengguna dapat dengan bebas menyesuaikan opsi waktu ini sesuai dengan preferensi masing-masing.

Setelah melakukan konfigurasi, yang tersisa hanyalah menunggu proses pencadangan selesai. Dalam waktu singkat, seluruh riwayat pesan akan tersimpan dengan aman di Google Drive, memberikan keamanan ekstra bagi pengguna WhatsApp.

Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir kehilangan percakapan berharga mereka, dan dapat dengan nyaman menjaga integritas pesan-pesan yang memiliki nilai sentimental atau informatif.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal