Manfaat IoT dalam Kehidupan Manusia di Masa Modern


Manfaat IoT dalam kehidupan

Teknologi IoT (Internet of Things) dikenal sebagai teknologi yang menawarkan beragam manfaat bagi pekerjaan manusia. Dengan teknologinya yang canggih, IoT akan memberi dampak berupa efisiensi, efektivitas, dan kecepatan dalam melakukan suatu kegiatan.

Suatu kegiatan bisa disebut berbasis Internet of Things apabila memenuhi tiga komponen penerapan yakni perangkat elektronik, jaringan internet, dan aplikasi sebagai pengendali perangkat.

Manfaat IoT

Dalam praktiknya, IoT mampu memberi banyak kemudahan bagi kehidupan manusia. Penerapan IoT dapat diimplementasikan pada bermacam bidang kehidupan, termasuk untuk kepentingan medis dan kesehatan, sektor pertanian, energi, lingkungan, transportasi, serta otomatisasi rumah.

Pertanian

Sektor pertanian menerapkan IoT untuk mempermudah kegiatan usaha pertanian. Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan bantuan IoT adalah pengumpulan data suhu, kelembaban, curah hujan, kecepatan angin, muatan hama, serta serangan hama.

Semua data tersebut akhirnya akan dipakai dan diolah sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan. Pada akhirnya, IoT memberikan manfaat pada sektor pertanian meliputi peningkatan kualitas dan kuantitas panen, meminimalkan risiko, mengatasi limbang, dan berbagai hal lain yang dibutuhkan ketika mengelola tanaman.

Satu contoh sederhana yang bisa diberikan adalah para petani saat ini sudah bisa mengecek suhu dan kelembaban tanah tanpa perlu datang langsung ke tempat pertanian. Data tersebut kemudian dapat diolah untuk membuat sebuah program pemupukan untuk hasil yang lebih baik.

Energi

Banyak benda di sekitar kita membutuhkan energi yang cukup besar jika diakumulasikan setiap harinya. Lampu, televisi, dan kulkas adalah contoh alat-alat yang cukup berkontribusi pada tagihan listrik.

Kini, perangkat tersebut sebagian besar sudah bisa diintegrasikan dengan internet. Integrasi tersebut memungkinkan terjadinya interaksi sebagai upaya penghematan energi listrik menjadi lebih hemat dan efektif.

IoT memungkinkan itu semua diatur menggunakan sebuah modul pusat berbasis komputasi awan (cloud computing). Tak berhenti di situ, IoT membantu kita melakukan penjadwalan terkait hidup matinya mesin pendingin ruangan, pencahayaan lampu, dan lain-lain.

Lingkungan

Lingkungan adalah salah satu aspek yang paling mendapat manfaat dengan hadirnya IoT. Penerapan IoT yang terkoneksi dengan baik dapat membantu manusia dalam upaya perlindungan lingkungan.

Dalam praktiknya, IoT dapat digunakan untuk memantau kualitas air dan udara, kondisi atmosfer dan tanah, serta pemantauan khusus terhadap suatu satwa liar lengkap dengan seluruh habitatnya.

Selain itu, IoT juga bisa bermanfaat dalam upaya penanggulangan bencana yaitu dengan sistem peringatan tsunami maupun gempa bumi. Dalam hal tersebut, perangkat IoT tentu diatur untuk memiliki jangkauan geografis yang luas dan kemampuan bergerak.

Transportasi

Internet of Things berguna juga untuk bidang transportasi melalui fungsi kontrol, komunikasi, dan pemrosesan informasi. Hingga saat ini masih terus dikembangkan sebuah sistem kendaraan yang mengakomodasi Internet of Things sebagai tulang punggung penggeraknya.

Pada akhirnya, Internet of Things diharapkan akan memberi manfaat yang menyeluruh bagi kelancaran lalu lintas dan keselamatan pengendara. IoT juga dikembangkan untuk efektivitas parkir, manajemen logistik dan armada.

Otomatisasi Rumah

Berkaitan dengan poin energi yang telah dibahas sebelumnya, otomatisasi sebuah rumah mungkin terjadi dengan diterapkannya IoT. Teknologi tersebut mampu membaca pola pemakaian energi secara real time dan keberadaan penghuni dalam rumah.

Penggunaan IoT di rumah bisa dilihat saat penghuni masuk rumah di malam hari, maka lampu otomatis akan menyala. Kemudian saat penghuni rumah akan tidur, lampu secara otomatis akan meredup lalu mati. Keesokan paginya, mesin penyedot debu akan otomatis bekerja setelah selesai sarapan.

Bahkan bisa juga, saat stok makanan dalam kulkas telah habis, ia bisa langsung memesan stok makanan sendiri. Semua alat elektronik dalam rumah telah terintegrasi dengan baik layaknya rumah pintar.

Medis dan Kesehatan

Teknologi IoT juga turut berkontribusi pada dunia medis dan kesehatan. Ke depan, rekam medis seseorang dapat ditransfer langsung pada tenaga medis maupun rumah sakit ketika telah disetujui oleh pasien.

Data tersebut berisi riwayat medis seseorang dari lahir hingga sekarang, termasuk keadaan jantung, tingkat gula dalam darah, dan berbagai informasi penting lainnya. Nantinya, akan ada alat yang bisa memantau kesehatan dan memberikan kemudahan manusia.

Hubungan IoT dan Bisnis

Keterikatan antara e-commerce dengan internet sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnisnya. Hal tersebut membuka peluang yang sama bagi semua orang yang sedang berusaha masuk ke pasar dengan bantuan teknologi.

Teknologi dari IoT merupakan titik awal bagi bisnis dunia digital. Hal ini sangat mempengaruhi era baru pertumbuhan dan profitiblitas usaha. Manfaat Internet of Things yang begitu terasa adalah penghematan biaya operasional. IoT jelas dapat membuat sesuatu secara presisi, efektif, dan efisien entah dari segi bahan baku maupun energi.

Lebih dari itu, Internet of Things bisa memberikan data yang lebih akurat mengenai hal apa saja yang diminati oleh konsumen, siapa pihak yang membawanya ke perusahaan, bahkan kebiasaan yang berhubungan dengannya.

Pada akhirnya, penerapan Internet of Things diharapkan akan memberi kepuasan bagi para pelanggan.

Cara Kerja Internet of Things

Pada dasarnya, Internet of Things bekerja dengan menggunakan bahasa pemrograman. Setiap instruksi dapat secara otomatis menghasilkan suatu interaksi antara mesin yang telah terkoneksi tanpa bantuan manusia, serta tanpa batasan jarak dan waktu.

Internet sendiri berfungsi sebagai faktor penghubung antara mesin yang berinteraksi. Peran manusia pada teknologi IoT bertugas sebagai pengawas, pengatur, dan pembuat mesin agar sesuai dengan kebutuhan.

Penghambat terbesar dalam konfigurasi IoT adalah cara penyusunan jaringan komunikasi antara mesin. Hal itu tidak hanya terbatas pada keandalannya melakukan sebuah tugas namun juga harus memperhatikan aspek keamanan data yang dihantarkannya.

Biaya pengembangan teknologi IoT yang terbilang mahal menjadi salah satu penyebab berhenti atau gagalnya sebuah sistem. Tapi yang pasti, konsep IoT berdampak baik bagi berbagai bidang di Indonesia termasuk sektor pertanian, bisnis, dan kesehatan.


Selengkapnya