Profil & Informasi tentang Negara Norwegia [Lengkap]

Profil negara Norwegia

Informasi mengenai Norwegia.

NamaNorwegia
Nama resmiKerajaan Norwegia
Kongeriket Norge (Norwegia Bokmål)
Kongeriket Noreg (Norwegia Nynorsk)
Ibu kotaOslo
SemboyanAlt for Norge
(Norwegia: "Segalanya untuk Norwegia")
Lagu kebangsaanJa, vi elsker dette landet
Lagu kerajaanKongesangen
Bentuk PemerintahanMonarki konstitusional
Sistem PemerintahanKonstitusional
KemerdekaanPenyatuan 872
Uni Kalmar: 1397
Denmark-Norwegia: 1524
Konstitusi: 17 Mei 1814
Swedia-Norwegia 4 November 1814
Uni Swedia-Norwegia dibubarkan: 7 Juni 1905
Kepala NegaraRaja
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifStortinget
Bahasa NasionalNorwegia
AgamaKristen
Katolik
Islam
Mata UangKrona Norwegia (kr) (NOK)
Zona WaktuWaktu Eropa Tengah (CET) (UTC+1)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST) (UTC+2)
Kode Telepon+47
Domain.no
.sj untuk Svalbard dan Jan Mayen
.bv untuk Pulau Bouvet.
Situs Resmihttps://www.norway.no/
Jumlah Penduduk5.467.439 (estimasi Juli 2020)

Kerajaan Norwegia adalah sebuah negara Nordik di pantai barat Semenanjung Skandinavia.

Svalbard dan Jan Mayen adalah bagian dari Norwegia berdasarkan Traktat Svalbard. Norwegia memiliki sebuah pulau di Samudra Atlantik yang bernama Bouvet.

Luas wilayah negara Norwegia adalah 385,525 km² dan populasinya sebanyak jiwa 4,9 juta. Norwegia adalah negara dengan kepadatan penduduk terendah kedua di Eropa. Norwegia beribu kota di Oslo.

Batas-batas wilayah Norwegia:

Letak negara Norwegia
Letak Norwegia

Norwegia memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Norwegia
Bendera Norwegia

Pembagian Administratif

Norwegia adalah sebuah negara kesatuan yang dibagi menjadi sebelas fylke. Selain itu, Raja dan pemerintah diwakili di setiap daerah oleh fylkesmann yang secara efektif bertindak sebagai Gubernur.

Fylke kemudian dibagi lagi menjadi 356 kommuner. Ibukota Oslo dianggap sebagai fylke dan kotamadya. Norwegia memiliki dua wilayah seberang laut yakni Jan Mayen dan Svalbard yang terletak beberapa mil jauhnya di utara.

Ada tiga dependensi Antartika dan Subantarctic yakni Pulau Bouvet, Pulau Peter I, dan Queen Maud Land.

Pembagian wilayah administratif Norwegia
Fylke di Norwegia

Berikut daftar fylke di Norwegia sekarang ini.

  1. Oslo,
  2. Rogaland,
  3. Møre og Romsdal,
  4. Nordland,
  5. Viken,
  6. Innlandet,
  7. Vestfold og Telemark,
  8. Agder,
  9. Vestland,
  10. Trøndelag,
  11. Troms og Finnmark.
Wilayah seberang laut Norwegia
Wilayah seberang laut Norwegia

Dataran utama Norwegia berada di bagian barat dan utara Semenanjung Skandinavia. Pulau Jan Mayen dan Kepulauan Svalbard merupakan bagian dari Kerajaan Norwegia.

Pulau Peter I Antartika dan Pulau Bouvet tidak dianggap sebagai bagian dari Kerajaan. Norwegia juga mengklaim sebagian wilayah Antartika yang dikenal sebagai Queen Maud Land.

Dari abad pertengahan hingga 1814, Norwegia adalah bagian dari kerajaan Denmark. Kekuasaan Norwegia di Atlantik Utara, Kepulauan Faroe, Greenland, dan Islandia tetap pada Denmark ketika Norwegia disahkan ke Swedia pada Perjanjian Kiel.

Norwegia juga berhak atas Bohuslän sampai 1658, Jämtland dan Härjedalen hingga 1645, Shetland dan Orkney hingga 1468, dan Hebrides dan Isle of Man hingga Perjanjian Perth pada tahun 1266.

Desa nelayan Reine di Lofoten, Norwegia Utara.
Desa nelayan Reine di Lofoten, Norwegia Utara.

Geografi

Letak astronomis Norwegia adalah di antara 57°LU hingga 81°LU dan 4°BT hingga 32°BT.

Norwegia adalah negara paling utara di antara negara-negara Nordik dan jika Svalbard dihitung, Norwegia adalah yang paling timur. Norwegia juga merupakan titik paling utara di Eropa.

Vardø (31°10’07″BT) terletak lebih timur daripada St. Petersburg dan Istanbul. Garis pantai yang dimiliki Norwegia adalah sepanjang 2.532 kilometer.

Garis pantai jika fjords dihitung sepanjang 28.953 kilometer, ketika pulau-pulaunya juga dihitung, diperkirakan garis pantai Norwegia adalah 100.915 kilometer.

Wajah batu vertikal tertinggi di Eropa, Trollveggen dan Trollryggen di atas sungai Rauma di lembah Romsdalen.
Susunan batu vertikal tertinggi di Eropa, Trollveggen dan Trollryggen di atas Sungai Rauma, Lembah Romsdalen.

Norwegia memiliki 1.619 kilometer perbatasan darat dengan Swedia, 727 kilometer dengan Finlandia, dan 196 kilometer dengan Rusia. Di utara, barat dan selatan, Norwegia dibatasi oleh Laut Barents, Laut Norwegia, Laut Utara, dan Skagerrak. Pegunungan Skandinavia membentuk sebagian besar perbatasan Norwegia dengan Swedia.

Dengan luas wilayah 385.252 km² (atau 323.802 km² tanpa Svalbard dan Jan Mayen), Norwegia didominasi oleh pegunungan dan dataran tinggi. Sognefjorden adalah fjord terdalam kedua dan terpanjang di dunia dengan 204 kilometer.

Hornindalsvatnet adalah danau terdalam di Eropa. Norwegia memiliki kurang lebih 400.000 danau. Setidaknya 239.057 pulau dimiliki oleh Norwegia.

Lambang negara Norwegia
Lambang negara Norwegia

Bahasa

Bahasa Norwegia dan Sami adalah dua bahasa resmi yang dipakai Norwegia.

Bahasa Norwegia memiliki dua bentuk tertulis resmi yakni Bokmål dan Nynorsk. Keduanya digunakan dalam administrasi publik, sekolah, gereja, dan media.

Bokmål adalah bahasa tulis yang 80-85% digunakan oleh populasi. Sekitar 95% penduduk berbicara bahasa Norwegia sebagai bahasa pertama mereka, meskipun banyak yang berbicara dengan dialeknya masing-masing.

Bahasa Sami dituturkan dan dipakai di seluruh negeri, terutama di utara, oleh anggota masyarakat Sami.

Para penutur Sami memiliki hak untuk dididik dan menerima komunikasi dari pemerintah dalam bahasa mereka terutama di wilayah administratif khusus untuk bahasa Sami.

Gereja Urnes Stave telah terdaftar oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.
Gereja Urnes Stave telah terdaftar oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

Minoritas Kven secara historis menggunakan bahasa Kven. Karena Norwegia telah meratifikasi Piagam Eropa untuk Bahasa Regional atau Minoritas (ECRML), bahasa Kven bersama dengan bahasa Romani dan Scandoromani telah menjadi bahasa minoritas yang diakui secara resmi oleh negara.

Bahasa Norwegia mirip dengan bahasa di Skandinavia lainnya yakni bahasa Swedia dan Denmark. Ketiga bahasa tersebut dapat dimengerti dan digunakan dalam komunikasi antar penduduk Skandinavia.

Sebagai hasil dari kerjasama dalam Dewan Nordik, semua negara Nordik memiliki hak untuk berkomunikasi dengan otoritas Norwegia dalam bahasa mereka sendiri.

Katedral Nidaros di Trondheim
Katedral Nidaros di Trondheim

Agama

Kebanyakan populasi terdaftar telah dibaptis oleh Gereja Norwegia (Gereja negara Norwegia). Sekitar 70,6% populasi Norwegia adalah jemaat Gereja Norwegia pada tahun 2017.

Pada tahun 2017, sekitar 53,6% dari semua bayi yang baru lahir dibaptis dan sekitar 57,9% dari orang yang berusia 15 tahun adalah jemaat gereja.

Pada tahun 2010, 10% populasi ateis, 9% adalah anggota komunitas agama di luar Gereja Norwegia. Denominasi Kristen lainnya berjumlah sekitar 4,9% populasi dengan Gereja Katolik Roma sebagai yang terbanyak.

Aftenposten (Norwegia, The Evening Post) pada Oktober 2012 melaporkan ada sekitar 115.234 jemaat Gereja Katolik Roma di Norwegia.

Galdhøpiggen, gunung tertinggi di Norwegia dan Eropa Utara, pada 2.469 meter
Galdhøpiggen, gunung tertinggi di Norwegia dan Eropa Utara dengan ketinggian 2.469 meter

Di antara agama non-Kristen, Islam adalah yang terbesar, dengan 132.135 anggota terdaftar (2014), dan mungkin kurang dari 200.000 secara total. Hal ini dipraktikkan terutama oleh imigran Somalia, Arab, Bosniak, Kurdi dan Turki, serta Norwegia keturunan Pakistan.

Dari 2006 hingga 2011, komunitas agama yang tumbuh paling cepat di Norwegia adalah Kristen Ortodoks Timur dan Kristen Ortodoks Oriental. Pertumbuhannya di masyarakat hingga 80%.

Meski begitu, proporsi mereka dalam masyarakat tetap kecil sekitar 0,2%. Agama-agama lain yang tumbuh cepat di Norwegia adalah Gereja Katolik Roma (78,7%), Hindu (59,6%), Islam (48,1%), dan Buddha (46,7%).

Menurut Poll Eurobarometer 2010:

  • 22% populasi Norwegia menjawab bahwa “mereka percaya Tuhan”,
  • 44% menjawab bahwa “mereka percaya ada semacam roh atau kekuatan hidup”,
  • 29% menjawab bahwa “mereka tidak percaya ada semacam Tuhan, roh, atau kekuatan yang hidup”,
  • 5% tidak memberikan jawaban.
Danau Ringedalsvatnet dan Tebing Trolltunga
Danau Ringedalsvatnet dan Tebing Trolltunga