Profil & Informasi tentang Negara Kiribati [Lengkap]

  • 1
    Share

Profil & Informasi tentang Negara Kiribati [Lengkap]

Informasi mengenai Kiribati.

NamaKiribati
Nama resmiRepublik Kiribati
Ribaberiki Kiribati (Gilbert)
Republic of Kiribati (Inggris)
Ibu kotaTarawa
SemboyanTe Mauri, Te Raoi ao Te Tabomoa
(Gilbert: "Kesehatan, Kedamaian, dan Kemakmuran")
Lagu kebangsaanTeirake Kaini Kiribati
Bentuk PemerintahanRepublik Sistem Campuran
Sistem PemerintahanCampuran
Kemerdekaan12 Juli 1979
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPresiden
Badan LegislatifManeaba ni Maungatabu
Bahasa NasionalGilbert dan Inggris
AgamaKatholik, Kristen, dan Baha'i
Mata UangDolar Australia (A$)
Dolar Kiribati (AUD)
Zona Waktuberagam (UTC+12 sampai +14)
Kode Telepon+686
Domain.ki
Situs Resmihttps://kiribati.gov.ki/
Jumlah Penduduk111.796 (estimasi Juli 2020)

Republik Kiribati adalah sebuah negara kepulauan berdaulat yang terletak di Samudra Pasifik. Tiga puluh tiga atol Kiribati tersebar di area seluas 3.500.000 kmĀ² di dekat khatulistiwa. Namanya adalah transliterasi “Gilbert”, nama bahasa Inggris untuk Kepulauan Gilbert dalam bahasa Kiribati.

Letak negara Kiribati
Letak Kiribati

Kiribati memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Kiribati
Bendera Kiribati

Pembagian Administratif

Total ada 21 pulau berpenghuni di Kiribati. Kiribati secara geografis dibagi menjadi tiga kepulauan. Pengelompokan ini tidak memiliki fungsi administratif.

  1. Kepulauan Gilbert,
  2. Kepulauan Phoenix,
  3. Kepulauan Line.
Peta negara Kiribati
Peta negara Kiribati

Distrik asli sebelum kemerdekaan Kiribati.

  1. Banaba,
  2. Atol Tarawa,
  3. Kepulauan Gilbert Utara,
  4. Kepulauan Gilbert Tengah,
  5. Kepulauan Gilbert Selatan,
  6. Kepulauan Line.

Empat distrik sebelum kemerdekaan (termasuk Tarawa) terletak di Kepulauan Gilbert, tempat sebagian besar populasi Kiribati tinggal. Lima pulau dari Kepulauan Line tidak berpenghuni (Pulau Malden, Pulau Starbuck, Pulau Caroline, Pulau Vostok, dan Pulau Flint). Kepulauan Phoenix tidak berpenghuni kecuali Kanton. Banaba sendiri juga jarang dihuni.

Masing-masing dari 21 pulau berpenghuni memiliki dewan lokal yang mengurus urusan sehari-hari. Ada satu dewan untuk setiap pulau berpenghuni, dengan dua pengecualian yakni Atol Tarawa yang memiliki tiga dewan (Betio Town Council, Te Inainano Urban Council untuk Tarawa Selatan, dan Eutan Tarawa Council untuk Tarawa Utara) dan Tabiteuea memiliki dua dewan.

Lambang negara Kiribati
Lambang negara Kiribati

Geografi

Kiribati terdiri dari 32 atol dan satu pulau terpencil (Pulau Banaba) yang membentang dari belahan timur ke barat serta belahan utara ke selatan. Kiribati adalah satu-satunya negara di dunia yang terletak di keempat belahan bumi. Kelompok-kelompok pulau adalah:

  1. Banaba: sebuah pulau di antara Nauru dan Kepulauan Gilbert,
  2. Kepulauan Gilbert: 16 atol yang terletak sekitar 1.500 kilometer di utara Fiji,
  3. Kepulauan Phoenix: 8 atol dan pulau karang yang terletak sekitar 1.800 kilometer tenggara Gilbert,
  4. Kepulauan Line: 8 atol dan satu karang yang terletak sekitar 3.300 kilometer di sebelah timur Gilbert.

Pulau Banaba (atau Pulau Ocean) adalah pulau karang yang terangkat. Pulau itu dulunya kaya fosfat, tetapi telah habis sebelum kemerdekaan. Sisa daratan Kiribati terdiri dari pulau karang pasir dan karang atol yang naik hanya satu atau dua meter di atas permukaan laut.

Kiritimati (Pulau Christmas) di Kepulauan Line adalah atol terluas di dunia. Berdasarkan penataan Jalur Internasional pada tahun 1995, Kepulauan Line adalah wilayah pertama yang mengalami tahun baru. Karena alasan itu, Pulau Caroline telah berganti nama menjadi Pulau Millennium.

Bagian selatan Atol Atato
Bagian selatan Atol Atato

Demografi

Penduduk asli Kiribati disebut sebagai I-Kiribati. Secara etnis, I-Kiribati termasuk dalam rumpun Mikronesia. Bukti arkeologi terbaru menunjukkan bahwa bangsa Austronesia awalnya menetap di kepulauan itu ribuan tahun yang lalu. Sekitar abad ke-14, orang FijiSamoa, dan Tonga menyerbu kepulauan itu.

Atol Tarawa
Atol Tarawa

Populasi Kiribati berbicara dalam bahasa Oseanik yang disebut Gilbertese. Meskipun bahasa Inggris merupakan bahasa resmi, bahasa ini jarang digunakan di luar ibu kota Tarawa. Lebih mungkin bahasa Inggris dicampur penggunaannya dengan Gilbertese. Generasi tua I-Kiribati cenderung menggunakan versi bahasa yang lebih rumit.

Sebuah pulau tropis dengan daun palem yang berorientasi ke arah angin yang ada.
Sebuah pulau tropis dengan daun palem yang berorientasi ke arah angin yang ada.

Agama

Agama Kristen adalah agama utama Kiribati. Kristen telah diperkenalkan oleh para misionaris pada abad ke-19. Mayoritas populasi Kiribati adalah jemaat Gereja Katolik Roma (56%), meskipun banyak juga jemaat Gereja Uniting Kiribati (34%). Banyak denominasi Protestan di Kiribati misalya gereja-gereja evangelis. Baha’i dan Saksi-Saksi Yehuwa (2,2%). Mormon mengklaim 19.690 (16,7%) adalah jemaat gerejanya pada akhir 2018.

Gereja Pemersatu Kiribati dan Mormon mempertahankan proporsi yang besar di Kiribati. Kedua gereja tersebut memiliki banyak gedung gereja, terutama di Betio dan Bonriki.


  • 1
    Share