SemutAspal

Profil Negara Fiji [Lengkap]

NamaFiji
Nama resmiRepublik Fiji
Republic of Fiji
Matanitu Tugalala o Viti (Fijian)
फ़िजी गणराज्य (Fiji Hindi)
Ibu kotaSuva
SemboyanRerevaka na Kalou ka Doka na Tui
(Fiji: "Takutlah kepada Tuhan dan Hormatilah Ratu")
Lagu kebangsaanGod Bless Fiji
Bentuk PemerintahanRepublik Parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
Kemerdekaan10 Oktober 1970
Republik: 7 Oktober 1987
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifParlemen
Bahasa NasionalInggris, Fiji, dan Hindi Fiji
AgamaKristen
Hindu
Mata UangDolar Fiji (FJ$) (FJD
Zona WaktuWaktu Fiji (FJT) (UTC+12)
Kode Telepon+679
Domain.fj
Situs Resmi PemerintahanSitus Pemerintah
Jumlah Penduduk935.974 (estimasi Juli 2020)

Profil Negara Fiji

Republik Fiji adalah sebuah negara bekembang yang wilayahnya terdiri dari kepulauan di bagian selatan Samudra Pasifik.

Negara Fiji terletak di benua atau kawasan Oseania. Negara ini setidaknya memiliki 322 pulau, 106 di antaranya berpenghuni. Dua pulau terbesar yakni Viti Levu dan Vanua Levu adalah didiami 82% populasi negara ini.

Nama negara ini diambil dari sebuah kata kuno dalam bahasa Tonga yang merujuk pada kepulauan itu, yang pada gilirannya terkait dengan nama dalam bahasa Fiji, Viti.

Batas-batas wilayah negara Fiji:

Fiji memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Fiji
Bendera

Pembagian Administratif

Negara ini terbagi menjadi 4 bagian divisi utama yang di bawahnya terdapat 14 provinsi. Pulau Rotuma telah mempunyai status independen meskipun secara resmi masih termasuk di Divisi Timur bila berurusan dengan statistik.

Negara ini dibagi menjadi empat divisi utama yang di bawahnya ada 14 provinsi.

  1. Divisi Tengah: Naitasiri, Namosi, Rewa, Serua, dan Tailevu.
  2. Divisi Timur: Kadavu, Lau, dan Lomaiviti.
  3. Divisi Utara: Bua, Cakaudrove, dan Macuata.
  4. Divisi Barat: Ba, Nadroga-Navosa, dan Ra.
Lambang negara Fiji
Lambang negara

Geografi

Negara ini berada di antara Vanuatu dan Tonga. Letak astronomis negara Fiji adalah di antara 176°53′BT hingga 178°12′BB dan 15°42′LS hingga 20°02′LS. Luas wilayah Fiji adalah 18.333 km².

Meridian 180° melintasi Taveuni tetapi Garis Tanggal Internasional (UTC +12) dibelokkan untuk memberikan waktu yang seragam bagi negara ini. Bentuk muka bumi negara negara ini dipengaruhi keadaan geografisnya yang berupa kepulauan.

Titik tertinggi di negara ini adalah Gunung Tomanivi di Viti Levu. Viti Levu menjadi tuan rumah bagi ibukota Fiji yaitu Suva dan merupakan rumah bagi hampir tiga perempat populasi.

Demografi

Populasi negara ini sebagian besar terdiri dari etnis asli Melanesia (54,3%), meskipun banyak juga keturunan Polinesia dan Indo-Fiji (38,1%), dan keturunan pekerja kontrak India yang dibawa oleh kolonial Inggris pada abad ke-19.

Persentase populasi keturunan Indo-Fiji telah menurun secara drastis selama dua dekade terakhir karena migrasi. Ada juga sekelompok kecil keturunan buruh kontrak dari Kepulauan Solomon.

Bahasa

Bahasa resmi negara ini adalah bahasa Inggris, Bau Fijian, dan Hindustani. Warga negara ini mempunyai hak untuk berkomunikasi dengan ketiga bahasa ini kepada pemerintah.

Meski begitu, bahasa Inggris adalah bahasa yang paling sering dituturkan karena alasan historisnya dengan Inggris. Bahasa Inggris biasa dipakai pemerintah dalam urusan bisnis, pendidikan, dan pengadilan.

Bahasa Fiji termasuk ke dalam keluarga bahasa Austronesia maka bahasa ini memiliki kedekatan dengan bahasa Polinesia. Ada banyak dialek yang digunakan namun dialek yang standar yang dipakai adalah dialek Bau.

Agama

Agama adalah salah satu garis pemisah antara etnis pribumi dan etnis Indo-Fiji. Mayoritas etnis pribumi beragama Kristen, sementara keturunan India kebanyakan beragama Hindu atau Islam.

Denominasi Kristen terbesar di negara ini adalah Gereja Methodis. Jemaat Gereja Katolik Roma (8,9%), Sidang Jemaat Allah (4%), dan Adventist (2,9%). Dari seluruh etnis Indo-Fiji, 6,1% memilih agama Kristen.

Pemeluk agama Hindu pada umumnya tergolong dalam aliran Sanatan (74,3% dari populasi Hindu) dan aliran lain (22%). Aliran Arya Samaj mengklaim mempunyai pengikut sebanyak 3,7% populasi Hindu di negara ini.

Pemeluk agama Islam pada umumnya adalah Sunni (59,7%), tidak menyebutkan alirannya (36,7%), dan Ahmadiyah (3,6 %). Pemeluk agama Sikh mencakup 0,9% populasi Indo-Fiji atau 0,4% populasi. Leluhur mereka datang dari wilayah Punjab, India.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal