Kawasan Oseania: Kepulauan yang Tersebar

Profil kawasan Oseania

Informasi tentang kawasan Oseania.

Oseania
Area8.600.000 km²
Populasi41570842
Kepadatan Populasi4,2/km²
PDB (nominal)$1,63 triliun
PDB per kapita$41.037
DemonimOceanian
Negara14 (2 terkait)
Dependensi27
Bahasa30 bahasa resmi
Zona WaktuUTC +09 (Papua, Palau) hingga UTC-6 (Pulau Paskah) (Timur ke Barat)
UN M49 code009 – Oceania
001 – World

Oseania adalah sebuah wilayah geografis dan kawasan yang mencakup Australasia, Melanesia, Mikronesia, dan Polinesia.

Termasuk belahan barat dan timur, Oseania memiliki daratan seluas 8.525.989 km² dan populasi lebih dari 47 juta jiwa.

Oseania berada di sebelah tenggara Asia-Pasifik. Oseania, jika dibandingkan dengan wilayah benua, adalah yang terkecil dan kedua terkecil dalam populasi setelah Antartika.

Letak kawasan Oseania
Oseania

Definisi

Perserikatan Bangsa-Bangsa mendefinisikan Oseania terdiri dari entitas politik yang terpisah dan tidak termasuk Kepulauan Bonin, Hawaii, Pulau Clipperton, Kepulauan Juan Fernández, dan dengan Pulau Paskah.

Ahli geografi Conrad Malte-Brun menciptakan istilah Prancis Océanie (1812). Océanie berasal dari kata Latin oceanus yang jika ditelusuri lebih jauh, kata ini dari kata Yunani ὠκεανός (ōkeanós) “ocean“.

  • Secara biogeografis, Oseania berfungsi sebagai sinonim untuk ranah Australasia dan ranah Oseania (Melanesia, Polinesia, dan Mikronesia), dengan Selandia Baru membentuk sudut barat daya Segitiga Polinesia. Perhatikan bahwa Selandia Baru juga dapat dianggap sebagai bagian dari Australasia meskipun merupakan bagian dari Polinesia.
  • Sebagai ranah biogeografis, Oseania mencakup keseluruhan Mikronesia, Fiji, dan Polinesia kecuali Selandia Baru. Selandia Baru bersama dengan Papua Nugini, Filipina, Australia, Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Kaledonia Baru adalah ranah Australia yang terpisah.
  • Dalam konsepsi geopolitik yang digunakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, oleh Komite Olimpiade Internasional, dan oleh banyak atlas, Oseania mencakup Australia dan negara-negara Pasifik dari Papua Nugini sebelah timur, tetapi tidak termasuk Papua, Indonesia.
Wilayah Oseania
Wilayah Oseania

Geografi

Oceania awalnya dianggap sebagai tanah Samudra Pasifik, membentang dari Selat Malaka ke pantai Amerika yang terdiri dari empat wilayah yakni Polinesia, Mikronesia, Malaysia (sekarang disebut Kepulauan Melayu), dan Melanesia.

Saat ini, bagian dari tiga benua geologis termasuk dalam istilah “Oseania” yakni Eurasia, Australia, dan Zandia, serta pulau-pulau vulkanik non-benua Filipina, Wallacea, dan Pasifik.

Oseania membentang dari Papua di barat, Kepulauan Bonin di barat laut, Kepulauan Hawaii di timur laut, Pulau Rapa Nui dan Sala y Gómez di timur, dan Pulau Macquarie di selatan.

Oseania tidak mencakup Taiwan, Kepulauan Ryukyu, kepulauan Jepang, dan Kepulauan Maluku yang semuanya di pinggiran Asia, serta Kepulauan Aleut di Amerika Utara.

Dari pinggirannya, Oseania terbentang dari 28°LU di Kepulauan Bonin hingga 55°LS di Pulau Macquarie.

Saione sebuah Gereja Free Wesleyan di Kolomotuʻa, Tonga.
Saione sebuah Gereja Free Wesleyan di Kolomotuʻa, Tonga.

Region

Mikronesia terletak di utara garis khatulistiwa dan sebelah barat Garis Penanggalan Internasional. Mikronesia mencakup wilayah Kepulauan Mariana di barat laut, Kepulauan Caroline di tengah, Kepulauan Marshall di barat, dan pulau-pulau Kiribati di tenggara.

Melanesia mencakup Papua, Kepulauan Bismarck, Kepulauan Solomon, Santa Cruz, Vanuatu, Fiji, dan Kaledonia Baru.

Polinesia membentang dari Hawaii di utara hingga Selandia Baru di selatan, mencakup wilayah Tuvalu, Tokelau, Samoa, Tonga, dan Kepulauan Kermadec di barat, Kepulauan Cook, Kepulauan Society, dan Kepulauan Austral di tengah, dan Kepulauan Marquesas, Tuamotu, Kepulauan Mangareva, dan Pulau Paskah di sebelah timur.

Australasia terdiri dari Australia, Selandia Baru, Papua, dan pulau-pulau di sekitarnya. Sebagian besar Australasia terletak di bagian selatan Lempeng Indo-Australia, diapit oleh Samudra Hindia di barat dan Samudra Selatan di selatan. Sebagian besar Australasia berada di Lempeng Indo-Australia bersama dengan India.

Dandenong Ranges di Victoria.
Dandenong Ranges di Victoria.

Agama

Agama yang dominan di kawasan Oseania adalah Kristen (73%). Sebuah survei 2011 menemukan bahwa 92% populasi Melanesia, 93% populasi Mikronesia, dan 96% populasi Polinesia beragama Kristen.

Agama tradisional sering bersifat animisme, dan yang lazim di antara suku-suku tradisional adalah kepercayaan pada roh yang mewakili kekuatan alam.

Agama-agama lain di kawasan ini adalah Islam, Buddha, dan Hindu. Yudaisme, Sikhisme, dan Jainisme juga ada.

Honolulu, Hawaii
Honolulu, Hawaii

Bahasa

Bahasa lokal Oseania terbagi dalam tiga kelompok geografis utama.

  • Keluarga bahasa Austronesia, dengan bahasa seperti Melayu (Indonesia), dan bahasa Polinesia seperti Maori dan Hawaii.
  • Bahasa Aborigin Australia, termasuk keluarga besar Pama-Nyungan.
  • Bahasa Papua Nugini dan pulau di sekitarnya, termasuk keluarga besar Trans-Nugini.

Bahasa kolonial yang masih eksis antara lain:

  • Bahasa Inggris di Australia, Selandia Baru, dan Hawaii.
  • Bahasa Prancis di Kaledonia Baru, Polinesia Prancis, Wallis dan Futuna, dan Vanuatu.
  • Bahasa Jepang di Kepulauan Bonin.
  • Bahasa Spanyol di Kepulauan Galapagos dan Pulau Paskah.

Ada juga kreol yang terbentuk dari interaksi bahasa Melayu atau bahasa kolonial dengan bahasa asli, seperti Tok Pisin, Bislama, Chavacano, berbagai bahasa perdagangan Melayu dan kreol, Pidgin Hawaii, Norfuk, dan Pitkern.

Kontak antara Austronesia dan Papua menghasilkan bahasa campuran seperti Maisin.

Para imigran membawa bahasa mereka ke wilayah tersebut, seperti Mandarin, Italia, Arab, Polandia, Hindi, Jerman, Spanyol, Korea, Kanton dan Yunani.

Sydney, Australia
Sydney, Australia

Daftar Negara di Oseania

NegaraIbu KotaLihat Profil
AustraliaCanberraBuka
Selandia BaruWellingtonBuka
Polinesia
TuvaluFunafutiBuka
SamoaApiaBuka
TongaNuku'alofaBuka
Melanesia
Kepulauan SolomonHoniaraBuka
FijiSuvaBuka
VanuatuPort VilaBuka
Papua NuginiPort MoresbyBuka
Mikronesia
KiribatiTarawa SelatanBuka
Kepulauan MarshallMajuroBuka
PalauMelekeokBuka
NauruYarenBuka
MikronesiaPalikirBuka