Benua Australia: Benua Terkecil di Dunia

Benua Australia: Benua Terkecil di Dunia

Informasi tentang Benua Australia.

Benua Australia
Area8.600.000 km²
Populasi39000000
Kepadatan Populasi4,2/km²
DemonimAustralian
Negara3
BahasaInggris
Indonesia
Tok Pisin
Hiri Motu
269 ​​bahasa asli Papua dan Austronesia
70 bahasa asli Australia
Internet TLD.au, .pg dan .id
Zona WaktuUTC +8, UTC +9.30, dan UTC +10

Benua Australia, kadang dikenal dalam konteks teknis dengan nama Sahul, Australinea, atau Meganesia untuk membedakannya dari negara Australia.

Benua ini terdiri dari daratan yang berada di lempeng benua Australia yaitu Australia, Tasmania, dan Pulau Papua. Terletak di wilayah geografis Oseania, Australia adalah benua terkecil dalam konsepsi Inggris.

Benua Australia adalah daratan terendah, paling datar, dan tertua di Bumi. Benua ini memiliki sejarah geologi yang relatif stabil. Selandia Baru bukan bagian dari benua Australia, tetapi bagian dari benua Selandia Baru yang terpisah dan tenggelam.

Selandia Baru dan Australia sama-sama bagian dari sub-wilayah Oseania yang dikenal sebagai Australasia, dengan Papua berada di Melanesia.

Letak Benua Australia
Benua Australia

Etimologi

Terminologi arkeologis untuk wilayah ini telah berubah berulang kali. Sebelum tahun 1970-an, daratan Pleistosen tunggal disebut Australasia yang berakar dari bahasa Latin yakni australis yang berarti “selatan”.

Pada awal 1970-an, istilah Australia Besar diperkenalkan untuk benua Pleistosen. Kemudian pada konferensi tahun 1975 dan publikasi konsekuensinya, nama Sahul diperluas penggunaan dari yang sebelumnya hanya untuk Dangkalan Sahul.

Pada tahun 1984, W. Filewood menyarankan nama Meganesia yang berarti “pulau besar” atau “kelompok pulau besar” untuk benua Pleistosen dan wilayahnya pada masa kini, nama ini diterima secara luas oleh para ahli biologi.

Yang lainnya menggunakan Meganesia dengan makna yang berbeda: penulis Paul Theroux memasukkan Selandia Baru dalam definisinya dan yang lain menggunakannya untuk Australia, Selandia Baru, dan Hawaii.

Ahli biologi lain, Richard Dawkins, menciptakan nama Australinea pada tahun 2004. Australia-Nugini juga digunakan.

Citra satelit Benua Australia
Citra satelit Benua Australia

Geologi

Dengan luas daratan total 8,56 juta km², benua Australia adalah benua terkecil, dan benua populasi terendah kedua (setelah Antartika) di Bumi.

Landas kontinen yang menghubungkan pulau-pulau mencakup sekitar 2,5 juta km², termasuk Dangkalan Sahul dan Selat Bass. Setengah landas kontinen itu memiliki kedalaman kurang dari 50 meter,

Karena negara Australia sebagian besar berada di daratan tunggal dan mencakup sebagian besar benua, terkadang secara informal disebut sebagai benua pulau yang dikelilingi oleh lautan.

Gunung Wilhelm (4.884 meter) di Papua Nugini adalah gunung tertinggi kedua di benua Australia dan Puncak Jaya adalah gunung tertinggi yang berada di atas lempeng Australia.

Pusat Kota Melbourne adalah salah satu tempat seni jalanan terbesar di dunia.
Pusat Kota Melbourne adalah salah satu tempat seni jalanan terbesar di dunia.

Iklim

Di Papua, sebagian besar musim hujan terjadi antara bulan Desember hingga Maret, musim hujan tenggara antara bulan Mei hingga Oktober, dan hutan hujan tropis dengan sedikit variasi suhu musiman.

Di ketinggian yang lebih rendah, suhu sekitar 27°C sepanjang tahun. Tetapi di ketinggian yang lebih tinggi, seperti Mendi, secara konstan sekitar 21°C dengan suhu terendah mendekati 11°C ditambah curah hujan yang melimpah dan kelembaban yang tinggi.

Dataran Tinggi Papua adalah salah satu dari sedikit tempat di dekat khatulistiwa yang mengalami hujan salju. Beberapa daerah di Papua mendapat curah hujan yang luar biasa, rata-rata curah hujan sekitar 4.500 milimeter per tahun.

Iklim daratan Australia sebagian besar adalah iklim gurun. Pantai selatan Australia memiliki iklim sedang, seperti iklim subtropis samudera dan lembab di pantai timur serta iklim Mediterania di barat.

Bagian utara negara ini beriklim tropis. Salju sering turun di dataran tinggi dekat pantai timur, di negara bagian Victoria, New South Wales, Tasmania, dan Wilayah Ibu Kota Australia.

Suhu di Australia berkisar antara di atas 50°C hingga jauh di bawah 0°C. Osilasi El Nino-Selatan dikaitkan dengan ketidaknormalan musiman di banyak wilayah di dunia.

Australia adalah salah satu benua yang paling terkena dampak dan mengalami kekeringan bersama periode basah yang cukup.

Lembah Baliem di Dataran Tinggi Papua
Lembah Baliem di Dataran Tinggi Papua

Agama

Kekristenan adalah agama yang dominan di benua Autralia, meskipun sebagian besar orang Australia tidak beragama. Agama-agama lain di wilayah ini adalah Islam, Buddha dan Hindu.

Agama tradisional seperti animisme sering ditemukan di Papua. Islam lazim di Papua, Indonesia. Banyak orang Papua memadukan iman Kristen mereka dengan kepercayaan dan praktik adat asli.

Gurun Simpson di Wilayah Utara, Australia.
Gurun Simpson di Wilayah Utara, Australia.

Bahasa

“Bahasa Aborigin Australia”, termasuk keluarga besar Pama-Nyungan, “bahasa Papua” di Papua dan pulau-pulau tetangga, termasuk keluarga besar Trans-New Guinea, dan “bahasa Tasmania” adalah istilah umum untuk bahasa asli di bagian benua lainnya selain keluarga Austronesia.

Bahasa Inggris dominan di Australia, Tok Pisin di Papua Nugini, dan Bahasa Indonesia di Papua, Indonesia. Imigrasi ke Australia telah membawa bahasa-bahasa asing seperti Italia, Yunani, Arab, Filipina, Mandarin, Vietnam, dan Spanyol.

Kontak antara Austronesia dan Papua menghasilkan beberapa contoh bahasa campuran seperti Maisin. Tok Pisin adalah bahasa kreol Inggris yang digunakan di Papua Nugini.

Papua Nugini memiliki lebih banyak bahasa daripada negara lain. Setidaknya, terdapat 820 bahasa asli dengan penutur kurang dari 1000 per bahasa di Papua. Dengan jumlah sebanyak itu, Papua Nugini menyumbang 12% kekayaan bahasa di dunia.

Daftar Negara di Australia

NegaraIbu KotaLihat Profil
AustraliaCanberraBuka
IndonesiaJakartaBuka
Papua NuginiPort MoresbyBuka
  • 1
    Share