Benua: Pengertian, Pembagian, dan Jumlah

Apa yang dimaksud dengan benua? Berapa banyak benua di dunia ini? Daratan luas yang membentang disebut benua atau kontinen. Benua diidentifikasi lebih berdasarkan kesepakatan daripada kriteria-kriteria baku.

Setidaknya ada tujuh wilayah yang umum dianggap sebagai benua, yaitu Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, dan Australia.

Benua di dunia atau Bumi

Definisi dan Penerapan

Benua dipahami sebagai kumpulan daratan yang terhubung menjadi sangat luas dan idealnya terpisah oleh bidang air. Namun, tidak semua benua yang umum diakui benar-benar dibatasi oleh air.

Kriteria “luas” pun dapat diperdebatkan. Misal, Greenland dengan luas wilayah 2.166.086 km² disebut sebagai pulau terbesar di dunia, sementara Australia dengan luas 7.617.930 km² dianggap sebagai benua terkecil.

Pemisahan Benua

Kriteria ideal bahwa setiap benua adalah daratan yang saling terpisah umumnya adalah hasil konvensi sejarah. Dari tujuh daratan yang diakui sebagai benua, hanya Antartika dan Australia yang benar-benar terpisah oleh perairan.

Beberapa benua tidak secara jelas terpisah, tetapi sebagai “daratan yang kurang lebih berbeda”. Benua Asia dan Afrika terhubung oleh Tanah Genting Suez. Amerika Utara dan Amerika Selatan disatukan oleh Tanah Genting Panama.

Pada kedua kasus tersebut, sama sekali tidak terpisah oleh perairan (Terusan Suez dan Terusan Panama adalah buatan manusia). Kedua tanah genting ini sangat kecil jika dibandingkan dengan daratan besar yang mereka hubungkan.

Benua Asia dan Eropa sering disebut sebagai Benua Eurasia karena masih berupa satu daratan yang dipisahkan oleh Pegunungan Ural dan Laut Kaspia.

Pada awalnya, seluruh benua merupakan satu daratan yang amat luas dan belum terpisah oleh pergeseran kerak bumi. Daratan luas tersebut dinamai Pangea, yang pada masa mesozoikum terpecah menjadi 2 bagian besar yaitu Gondwana di belahan Bumi selatan dan Laurasia di sebelah utara.

Jumlah Benua

Ada beberapa cara pembedaan benua menurut masing-masing konvensi.

Peta dunia yang menunjukkan masing-masing benua yang ada di Bumi.
Peta dunia yang menunjukkan masing-masing benua yang ada di Bumi.
3 benua4 benua5 benua6 benua6 benua7 benua
Afro-Eurasia Afro-Eurasia Afrika Afrika Afrika Afrika
Eurasia Eropa Eurasia Eropa
Asia Asia
Amerika Amerika Amerika Amerika Amerika Utara Amerika Utara
Amerika Selatan Amerika Selatan
Antartika Antartika Antartika Antartika Antartika Antartika
Australia Australia Australia Australia Australia
  • Model tujuh benua biasanya diajarkan di Tiongkok, India, Filipina, Eropa Barat, dan sebagian besar negara-negara berbahasa Inggris termasuk Australia dan Inggris.
  • Model enam benua dengan Eurasia digunakan di Rusia, Eropa Timur, dan Jepang.
  • Model enam benua dengan Amerika digunakan di Prancis dan bekas koloni-koloninya, Italia, Portugal, Spanyol, Rumania, Amerika Latin, Yunani, dan beberapa bagian Eropa lainnya.
  • Model lima benua diperoleh dari model enam benua dengan tidak memasukkan Antartika karena tidak berpenghuni. Ini digunakan sebagai contoh dalam Piagam Olimpiade.

Urutan benua dengan penduduk terbanyak adalah Asia, Afrika, Amerika, Eropa, Australia, Oseania, dan terakhir adalah Antartika.

Jualan
Tutup
Tutup