Energi Alternatif: Pengertian, Contoh, Manfaat

Energi alternatif
Pengertian energi alternatif dan contohnya

Penggunaan sumber energi terbaharui saat ini makin diusahakan untuk meredam pemanasan global. Contoh energi yang dapat diperbaharui tersebut antara lain matahari, angin, air, biomassa, dan panas bumi.

Sumber energi tersebut kerap dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari misalnya panas matahari, gerak air, dan angin dapat diubah menjadi energi listrik.

Pengertian Energi Alternatif

Apa yang dimaksud dengan energi alternatif? Energi alternatif adalah semua sumber sumber daya yang dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar konvensional. Energi konvensional yang sering dirujuk adalah BBM. Sebab, BBM adalah energi dengan penggunaan terbesar selama ini.

Sementara itu, dilansir dari buku Energi dan Perubahannya di situs Kemdikbud.go.id, sumber energi terbaharui adalah sumber energi pengganti bagi sumber energi tak terbaharui.

Semua sumber energi terbaharui merupakan sumber energi yang ramah lingkungan. Sumber energi terbaharui (renewable) didefinisikan sebagai sumber energi yang dapat dengan cepat diperbarukan, proses berkelanjutan.

Contoh Energi Alternatif

Apa yang dimaksud dengan sumber energi? Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Berikut ini adalah macam-macam energi alternatif yang dapat dengan mudah diperbarui.

1. Energi Matahari

Panel surya
Panel surya

Sinar matahari adalah salah satu sumber energi yang bisa didapatkan dengan mudah setiap harinya. Energi tersebut dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari, misalnya untuk mengeringkan pakaian, menjemur padi, dan membuat garam.

Selain itu, energi radiasi sinar matahri dapat diubah menjadi energi listrik dan kalor. Peralatan yang memakai sel surya bisa langsung mengubah energi sinar matahari menjadi energi listrik.

2. Energi Panas Bumi

Pemanfaatan energi panas bumi
Pemanfaatan energi panas bumi

Selanjutnya, sumber energi alternatif adalah panas bumi. Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Energi panas bumi merupakan energi yang dihasilkan magma dalam perut bumi.

Panas bumi banyak digunakan di daerah pegunungan. Batuan panas yang berada beberapa kilometer di bawah permukaan bumi dapat memanaskan air sehingga dihasilkan sumber uap panas atau geiser.

3. Energi Air

Kincir air energi alternatif
Kincir air

Ketiga, contoh energi alternatif adalah air. Air yang ditampung bendungan atau waduk menyimpan energi potensial yang sangat besar.

Energi air bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin yang memutar generator agar menghasilkan energi listrik. Pembangkit listrik tenaga air juga bisa didapatkan melalui gerakan pasang surut air laut.

4. Energi Angin

Energi alternatif
Kincir angin

Angin adalah salah satu sumber energi alternatif yang minim polusi berbahaya. Tenaga angin dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi gerak pada kincir angin agar bisa menghasilkan listrik. Sumber energi yang paling aman bagi lingkungan adalah angin.

Negara yang terkenal menggunakan kincir angin sebagai energi alternatif adalah Belanda. Pemanfaatan energi angin tersebut adalah untuk memompa air keluar dari daratan.

5. Energi Ethanol

Ilustrasi tanaman untuk difermentasi kemudian dijadikan ethanol
Ilustrasi tanaman untuk difermentasi kemudian dijadikan ethanol

Ethanol dapat digunakan sebagai energi terbarukan dengan memanfaatkan fermentasi tanaman untuk menghasilkan alkohol. Alkohol tersebut nantinya dapat diolah menjadi bahan bakar. Jenis tanaman energi yang dapat menghasilkan bahan bakar pengganti bensin adalah jagung, gandum, dan tebu.

6. Energi Biomassa

Biomass energi alternatif
Biomass

Energi biomassa adalah energi terbaharui yang dihasilkan melalui pemanfaatan senyawa organik. Senyawa organik tersebut dapat berupa serbuk kayu, kotoran sapi, ampas tebu, maupun batok kelapa sawit yang kesemuanya merupakan limbah pertanian atau peternakan.

Tambahan: Briket

Mengapa briket dapat dijadikan energi alternatif? Karena bentuknya menyerupai arang dan terbuat dari bahan yang ramah lingkungan misal biomassa. Selain itu, energi panas yang dihasilkan tahan lama sehingga dapat dipakai sebagai pengganti BBM.

Manfaat Energi Alternatif

  • Mengapa perlu energi alternatif?
  • Apa kelebihan dari energi alternatif?

Energi terbaharui diperlukan karena cadangan batubara, minyak dan gas bumi akan terus berkurang. Terlebih sumber daya alam tersebut kurang ramah lingkungan sehingga menimbulkan pemanasan global.

Beragam energi terbaharui di atas dapat diubah menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh cahaya matahari, air, maupun angin tersebut juga diupayakan sebagai pengganti bahan bakar minyak.

Energi matahari dapat dimanfaatkan sebagai bahan menciptakan listrik di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Energi air dapat diubah menjadi listrik di Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Sedangkan energi angin akan diubah menjadi listrik di Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB).

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup