Batas Wilayah Indonesia secara Geografis dan Astronomis

Semua orang Indonesia seharusnya tau batas negaranya. Sebagai sebuah negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki setidaknya 17.504 pulau besar dan kecil yang tersebar di wilayah seluas 7,81 juta km².

Indonesia memiliki hak atas pengelolaan sumber daya alam di wilayahnya dari dasar laut, daratan, hingga ruang udara di atasnya.

Namun sama dengan negara lainnya, Indonesia tentu memiliki batas wilayah negara berupa lautan (perbatasan maritim) dan daratan (kontinen).

Kali ini kita akan membahas batas negara Indonesia dari semua sisi. Mari kita mulai sekarang.

Batas wilayah Indonesia

Batas Wilayah Indonesia secara Astronomis

Letak astronomis adalah lokasi suatu tempat berdasarkan titik koordinat bumi yang perhitungannya dilihat dari posisi garis lintang dan garis bujur.

Letak Astronomis Indonesia

Secara astronomis, negara Indonesia terletak di antara 6°LU hingga 11°08’LS dan 95°BT hingga 141°45’BT.

Garis Bujur

Garis Bujur (λ) menggambarkan letak sebuah tempat di sebelah timur atau barat Bumi. Garis Bujur dihitung berdasarkan pengukuran sudut dari 0° di Meridian Utama hingga -180° ke barat atau +180° ke timur.

Berbeda dengan garis lintang yang memiliki ekuator sebagai posisi awal alami, tidak ada posisi awal alami untuk garis bujur. Oleh karena itu, sebuah garis meridian harus ditentukan.

Meskipun kartografer Britania Raya telah lama menggunakan Observatorium Greenwich di London sebagai meridian Britania Raya, titik tersebut tidak selalu digunakan oleh negara lain.

Beberapa titik seperti Ferro, Roma, Kopenhagen, Yerusalem, Saint Petersburg, Pisa, Paris, Washington, D.C., dan Philadelphia digunakan sebagai meridian utama oleh penguasa di masing-masing tempat kala itu. Pada 1884, Konferensi Meridian Internasional mengadopsi meridian Greenwich sebagai Meridian Utama yang dipakai secara universal.

Dalam bahasa Indonesia, bujur di sebelah barat Meridian dinamai Bujur Barat (BB) dan bujur di sebelah timur Meridian dinamai Bujur Timur (BT). Bujur Barat dan Bujur Timur merupakan garis khayal yang menghubungkan Kutub Utara dengan Kutub Selatan Bumi dan menyatakan besaran sudut antara posisi bujur dibandingkan garis Meridian.

Garis Lintang

Menurut ilmu geografi, garis lintang adalah sebuah garis khayal yang digunakan untuk menentukan lokasi suatu tempat di Bumi yang didasarkan pada letaknya terhadap garis khatulistiwa. Posisi lintang kerap dinotasikan dengan simbol huruf Yunani φ.

Posisi lintang merupakan penghitungan sudut dari 0° yang terletak di khatulistiwa hingga +90° ke kutub utara dan -90° ke kutub selatan.

Dalam bahasa Indonesia, lintang di sebelah utara khatulistiwa dinamai Lintang Utara (LU) dan lintang di sebelah selatan khatulistiwa dinamai Lintang Selatan (LS). Lintang Utara dan Lintang Selatan menyatakan besaran sudut antara posisi lintang suatu tempat terhadap garis khatulistiwa.

Batas Wilayah Indonesia secara Geografis

Perbatasan geografis adalah garis yang memisahkan dua negara, divisi administratif, atau jenis area lainnya berdasarkan fitur geografis yang ada. Garis perbatasan geografis adalah garis khayal yang dibuat untuk membatasi wilayah suatu entitas politik dan yudisial.

Letak Geografis Indonesia

Secara geografis, negara Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia, dan di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Secara geografis, Indonesia berbatasan dengan dua benua dan dua samudra. Hal itu menunjukkan bahwa memang Indonesia adalah negara maritim.

Batas wilayah Indonesia sebelah utara adalah Benua Asia yang merupakan benua terluas dan terpadat di dunia. Di sebelah selatan, Indonesia berbatasan dengan Benua Australia yang merupakan benua terkecil di dunia. Batas geografis wilayah Indonesia sebelah barat adalah Samudra Hindia dan di sebelah timur terdapat Samudera Pasifik.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Utara

Batas Darat

Di Pulau Kalimantan (Borneo), Indonesia secara langsung berbatasan dengan Malaysia, tepatnya Sabah dan Serawak.

Batas Laut

Lautan di utara Indonesia adalah jalur penting perdagangan. Indonesia memiliki laut teritorial sejauh 12 mil di Selat Malaka yang berbatasan dengan Malaysia dan Singapura. Melalui Selat Malaka juga, Indonesia berbatasan dengan Thailand.

Melalui Laut Natuna Utara yang berada di sebelah selatan Laut Cina Selatan, Indonesia berbatasan dengan Vietnam. Melalui Laut Sulawesi, Indonesia berbatasan dengan Filipina.

Ada satu negara yang kerap kita lupakan yakni Palau. Palau memiliki perbatasan maritim dengan Indonesia. Palau berada di 200 km sebelah utara wilayah provinsi Papua Barat.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Timur

Batas Darat

Batas darat suatu negara bisa berupa gunung, hutan, dan bentangan darat lainnya. Perbatasan ditetapkan melalui kesepakatan antara entitas politik atau sosial yang mengendalikan suatu negara / wilayah.

Di bagian timur, wilayah darat Negara Kesatuan Republik Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini bagian barat, tepatnya dengan Provinsi Barat (Fly) dan Provinsi Sepik Barat (Sandaun).

Batas Laut

Sedangkan wilayah laut negara Indonesia bagian timur berbatasan langsung dengan perairan Samudera Pasifik dan perairan Papua Nugini.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Selatan

Batas Laut

Batas laut sebelah selatan wilayah negara Indonesia adalah perairan Australia dan Samudra Hindia.

Batas wilayah Indonesia dan Australia telah disepakati oleh kedua negara dan diresmikan pada tahun 1997. Kesepakatan tersebut meliputi hak otonomi, Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), dan batas landas kontinen kedua negara di wilayah yang berkaitan.

Batas Darat

Wilayah darat negara Indonesia bagian selatan berbatasan dengan Timor Leste, tepatnya melalui wilayah Indonesia yang berada di Timor Barat.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Barat

Perbatasan Indonesia di sebelah barat adalah dengan Samudra Hindia dan perairan negara India.

Benar. Meskipun daratan utama India terlihat sangat jauh dari Indonesia, nyatanya Indonesia dan India telah menyepakati batas-batas wilayah di Laut Andaman dan Samudra Hindia.

Kesimpulan

Indonesia, negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia, memiliki letak yang sangat strategis. Karena begitu strategisnya, Indonesia menjadi negara yang patut diperhitungkan di kawasan. Batas wilayahnya pun diperhitungkan dengan cermat. Berikut ada beberapa artikel lain yang terkait:

  • 1
    Share