Profil & Informasi tentang Negara Filipina [Lengkap]

Profil biodata negara Filipina

Profil negara Filipina.

NamaFilipina
Nama resmiRepublika ng Philipinas
Ibu kotaManila
SemboyanMaka-Diyos, Maka-Tao, Makakalikasan at Makabansa
Lagu kebangsaanLupang Hinirang
Bentuk NegaraKesatuan
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
KemerdekaanHari Kemerdekaan
12 Juni 1898
Hari Republik/Hari Persahabatan Filipina dan Amerika Serikat
4 Juli 1946
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPresiden
Badan LegislatifKongres (Senado + Kapulungan ng mga Kinatawan)
Bahasa NasionalFilipino dan Inggris
AgamaKatolik
Protestan
Islam
Buddha
Atheis
Suku BangsaAkeanon
Bajau
Bikol
Cebuano
Kapampangan
Waray
Yakan
Dll.
Mata UangPeso Filipina (₱) (PHP)
Zona Waktu(UTC+8)
Waktu Standar Filipina (PST)
Kode Telepon+63
Domain.ph
Situs Resmi Pemerintahanhttps://www.gov.ph/
Jumlah Penduduk109.180.815 (estimasi Juli 2020)

Filipina, sebuah negara kepulauan di Asia Pasifik, adalah negara yang memerdekakan diri pada 12 Juni 1898 dan mendapatkan kedaulatan penuhnya pada 4 Juli 1946. Ibu kota negara Filipina adalah Metro Manila di Luzon yang juga merupakan kota terbesar kedua setelah Kota Quezon.

Batas-batas wilayah negara Filipina:

Letak negara Filipina
Letak Filipina

Filipina memiliki bendera nasional dengan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Filipina
Bendera Filipina

Pembagian Administratif

Negara Filipina adalah negara yang berbentuk republik. Filipina dibagi menurut sebuah hierarki Satuan Pemerintah Lokal (SPL) dengan provinsi sebagai satuan utama.

Seperti yang sudah disinggung di atas, Filipina dibagi menjadi 3 grup pulau yaitu Luzon, Visayas, dan Mindanao. Kemudian dipecah lagi menjadi 17 region, 80 provinsi, 120 kota, 1.511 munisipalitas, dan 42.008 distrik.

Provinsi-provinsi itu dikelompokkan menjadi 17 Region dengan alasan kemudahan administratif. Region tersebut tidak memiliki pemerintahan lokal yang terpisah, kecuali Mindanao Muslim dan Wilayah Administratif Cordillera dengan otonomi mereka sendiri.

Mayoritas agama di Filipina adalah Katolik dengan jumlah penganut sebanyak 80% populasi, dilanjutkan dengan Protestan 12% (dengan berbagai denominasinya).

5,6 % penduduk beragama Islam, mayoritas mereka menetap di Pulau Mindanao, lalu 2.43% beragama lain termasuk Buddha yang dianut oleh pendatang dari Korea Selatan, Republik Rakyat Tiongkok, Malaysia, Singapura, Vietnam, Jepang, dan India.

Gambar peta wilayah Filipina beserta keterangannya
Peta pembagian administratif di Filipina

Pembagian wilayah Filipina berdasarkan region:

  • Region I Ilocos berpusat di San Fernando, La Union.
  • Region II Lembah Cagayan berpusat di Tuguegarao, Cagayan.
  • Region III Luzon Tengah berpusat di San Fernando, Pampanga.
  • Region IV-A CALABARZON berpusat di Calamba, Laguna.
  • Region IV-B MIMAROPA berpusat di Calapan, Oriental Mindoro
  • Region V Bicol berpusat di Legazpi, Albay.
  • Region VI Visayas Barat berpusat di Kota Iloilo.
  • Region VII Visayas Tengah berpusat di Kota Cebu.
  • Region VIII Visayas Timur berpusat di Tacloban.
  • Region IX Zamboanga Peninsula berpusat di Pagadian, Zamboanga del Sur.
  • Region X Mindanao Utara berpusat Cagayan de Oro.
  • Region XI Davao berpusat di Kota Davao.
  • Region XII SOCCSKSARGEN berpusat di Koronadal, Cotabato Selatan.
  • Region XIII Caraga berpusat di Butuan.
  • Daerah Otonomi Bangsamoro Muslim Mindanao (BARMM) berpusat di Kota Cotabato.
  • Daerah Administratif Cordillera (CAR) berpusat di Baguio.
  • Region Ibukota Nasional (NCR) berpusat di Manila.
Deskripsi lambang negara Filipina
Lambang negara Filipina

Geografi

Letak astronomis negara Filipina adalah di antara 116°40′ BT hingga 126°34′ BT dan 4°40′ LU hingga 21°10′ LU. Filipina adalah rumah dari 7.107 pulau. Luas wilayah negara Filipina adalah 343.448 km². Filipina merupakan negara kepulauan terbesar kedua di Asia Tenggara.

Republik ini mempunyai garis pantai sepanjang 36.289 km yang menjadikannya sebagai negara dengan garis pantai terpanjang kelima di dunia. Kepulauan ini dibagi menjadi tiga kelompok utama, yakni:

  • Luzon (Region I sampai V + NCR & CAR),
  • Visayas (VI sampai VIII),
  • Mindanao (IX sampai XIII + ARMM).

Negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak memiliki perbatasan darat dengan negara lain adalah Filipina. Negara anggota ASEAN ini tidak berbatasan darat dengan negara manapun.

Keadaan alam Filipina cukup beragam. Gunung tertinggi Filipina adalah Gunung Apo (2.954 meter) yang terletak di Pulau Mindanao. Jeluk Galathea di Palung Filipina adalah titik terdalam di negara ini dan terdalam ketiga di dunia. Palung ini terletak di Laut Filipina.

Sungai terpanjang di Filipina adalah Sungai Cagayan (520 km) di Luzon utara. Teluk Manila terhubung ke Laguna de Bay yang merupakan danau terluas di Filipina oleh Sungai Pasig.

Sungai Puerto Princesa Subterranean (8,2 km) mengalir di bawah tanah melalui lanskap karst sebelum mencapai laut. Sungai tersebut adalah Situs Warisan Dunia UNESCO.

Filipina memiliki iklim laut tropis yang panas dan lembab. Ada tiga musim yakni musim kemarau yang panas atau musim panas dari Maret hingga Mei, musim hujan dari Juni hingga November, dan musim kemarau yang sejuk dari Desember hingga Februari.

Musim angin barat daya berlangsung dari Mei hingga Oktober, dan musim timur laut dari November hingga April. Suhu biasanya berkisar dari 21 °C hingga 32 °C. Bulan paling dingin adalah Januari dan terpanas adalah Mei.

Demografi

Karena Republik Filipina adalah negara kepulauan terluas kedua di ASEAN setelah Indonesia maka banyak etnis mendiami negara ini. Persebaran etnis tersebut bisa dilihat melalui gambar di bawah ini.

Data sebaran suku bangsa di Filipina, Jelaskan
Data persebaran suku bangsa di Filipina

Sekitar dua per tiga penduduk Filipina tinggal di Pulau Luzon dengan Manila sebagai ibu kotanya berada di urutan ke-11 dalam hal jumlah penduduk area metropolitan.

Orang Filipina dikenal sebagai Filipino yang bermula dari orang aborigin Taiwan dan bercampur dengan orang Tiongkok Selatan, Polinesia, dan Spanyol atau Amerika.

Komposisi penduduk Filipina dikelompokkan menjadi 12 kelompok etnolingustik, dengan 3 besarnya adalah Tagalog, Cebuano, dan Ilocano. Orang pribumi Filipina ialah suku Aeta namun sudah terpinggirkan dan populasinya tinggal 30 ribu jiwa.

Tiga kelompok minoritas asing terbesar adalah orang Tionghoa, Amerika, dan Asia Selatan. Sisanya adalah orang-orang Eropa, Arab, Indonesia, Semenanjung Korea, dan Jepang.

Orang-orang Mestizo adalah minoritas berpengaruh meski hanya sejumlah 1-2% populasi. Dalam sebuah penelitian dari Universitas Stanford ditemukan bahwa 3,6% populasi adalah turunan bangsa Eropa.

Tinikling adalah tarian bambu tradisional khas Filipina.
Tinikling adalah tarian bambu tradisional khas Filipina.

Bahasa

Bahasa resmi negara Filipina adalah bahasa Filipino dan Inggris. Bahasa nasional Filipina adalah bahasa Filipino. Konstitusi Filipina 1987 menetapkan “Bahasa Spanyol dan Arab akan dipromosikan atas dasar sukarela dan opsional.”

Bahasa Filipino yang merupakan ragam standar dari bahasa Tagalog dirancang sebagai bahasa resmi. Tagalog merupakan bahasa daerah dari rumpun Austronesia yang dipertuturkan secara luas di Filipina.

Kebanyakan masyarakat Filipina gemar menyanyi serta menari dalam sebuah festival atau pesta rakyat. Tarian bambu di atas memerlukan pergerakan kaki yang kompak.

Bahay Kubo, keterangan negara Philippines
Bahay Kubo

Bahay Kubo adalah rumah tradisional dari negara Filipina. Rumah tradisional itu dibuat dari daun kelapa, nipah, dan bambu.

Terdapat tanglung berbentuk bintang yang digantung di depan rumah yang bernama parol. Semasa Natal, mayoritas penduduk gemar menjadikan parol sebagai hiasan rumah mereka.

Tebing batu kapur El Nido, Palawan
Tebing batu kapur El Nido, Palawan

Perekonomian

Perekonomian Filipina diperkirakan telah menghasilkan produk domestik bruto (nominal) sebesar $356,8 miliar. Ekspor primer meliputi semikonduktor dan produk elektronik, peralatan transportasi, garmen, produk tembaga, produk minyak bumi, minyak kelapa, dan buah-buahan.

Mitra dagang utama termasuk Amerika Serikat, Jepang, Cina, Singapura, Korea Selatan, Belanda, Hong Kong, Jerman, Taiwan, dan Thailand. Nama resmi negara Filipina adalah Republik Filipina. Dengan ibu kota Manila, satuan mata uang Filipina adalah peso Filipina (₱ atau PHP).

Angkatan kerja negara itu pada 2018 sekitar 43,46 juta, mata pencaharian utama negeri itu:

  • Sektor pertanian mempekerjakan 24,3% menyumbang 8,1% PDB 2018.
  • Sektor industri mempekerjakan sekitar 19% menyumbang 34,1% PDB.
  • 57% pekerja di sektor jasa menyumbang 57,8% dari PDB.

Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar