Profil & Informasi tentang Negara Palau [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Palau [Lengkap]

Informasi mengenai Palau.

NamaPalau
Nama resmiRepublik Palau
Beluu er a Belau (Palau)
Republic of Palau (Inggris)
Ibu kotaNgerulmud
Semboyan-
Lagu kebangsaanBelau rekid
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
KemerdekaanPerwalian: 18 Juli 1947
Perjanjian Asosiasi Bebas: 1 Oktober 1994
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPresiden
Badan LegislatifKongres Nasional (Senate + House of Delegates)
Bahasa NasionalPalau dan Inggris
AgamaKristen
Katolik Roma
Islam
Shinto
Modekngei
Yahudi
Buddha
Mata UangDolar Amerika Serikat (US$) (USD)
Zona WaktuWaktu Palau (PWT) (UTC+9)
Kode Telepon+680
Domain.pw
Situs Resmihttps://www.palaugov.pw/
Jumlah Penduduk21.685 (estimasi Juli 2020)

Republik Palau adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik bagian barat. Palau adalah rumah bagi 340 pulau yang membentuk rantai barat Kepulauan Caroline, Mikronesia dengan luas wilayah 466 kmĀ². Pulau dengan penduduk terbanyak di Palau adalah Koror. Ibu kota Ngerulmud terletak di Pulau Babeldaob, Melekeok.

Batas-batas wilayah negara Palau:

Letak negara Palau
Letak Palau

Palau memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Palau
Bendera Palau

Pembagian Administratif

Palau memiliki enam belas negara bagian. Berikut adalah negara bagian di Palau.

  1. Aimeliik,
  2. Airai,
  3. Angaur,
  4. Hatohobei,
  5. Kayangel,
  6. Koror,
  7. Melekeok,
  8. Ngaraard,
  9. Ngarchelong,
  10. Ngardmau,
  11. Ngaremlengui,
  12. Ngatpang,
  13. Ngchesar,
  14. Ngiwal,
  15. Peleliu,
  16. Sonsorol.
Pembagian wilayah administratif Palau
Negara bagian di Palau

Geografi

Wilayah kedaulatan Palau berupa kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik. Pulau-pulau Palau yang terpadat adalah Angaur, Babeldaob, Koror, dan Peleliu. Tiga yang terakhir terletak di dalam karang penghalang yang sama, sementara Angaur adalah pulau samudra beberapa kilometer di selatan. Sekitar dua pertiga populasi Palau tinggal di Koror.

Atol di Kayangel berada di utara kepulauan ini, sementara Pulau Batu yang tidak berpenghuni berada di sebelah barat kelompok pulau utama. Kepulauan Barat Daya yang berjarak sekitar 604 km dari kelompok pulau utama membentuk negara bagian Hatohobei dan Sonsorol.

Lambang negara Palau
Lambang negara Palau

Demografi

Populasi Palau sebanyak 21.503 jiwa, 73% di antaranya adalah orang Palau campuran Melanesia dan keturunan Austronesia. Ada banyak kelompok etnis dari Asia di Palau. Orang Filipina adalah etnis Asia terbesar dan kelompok etnis terbesar kedua di Palau.

Ada juga sejumlah kecil orang Palau keturunan Jepang. Jumlah yang lebih kecil adalah para pekerja imigran Bangladesh dan Nepal dan keturunan mereka. Ada juga sejumlah kecil orang-orang Eropa dan Amerika.

Euatel, Kabekl M'tal, dan Bul memberikan perlindungan perikanan pesisir.
Euatel, Kabekl M’tal, dan Bul memberikan perlindungan perikanan pesisir.

Bahasa

Bahasa resmi Palau adalah bahasa Palau dan Inggris, kecuali dua negara bagian yakni Sonsorol dan Hatohobei yang menggunakan bahasa lokal bersama dengan bahasa Palau sebagai bahasa resmi.

Bahasa Jepang dituturkan oleh beberapa generasi tua Palau dan merupakan bahasa resmi di Negara Bagian Angga. Termasuk penutur bahasa kedua, lebih banyak orang yang bisa berbahasa Inggris daripada bahasa Palau. Selain itu, sebagian besar penduduk mampu berbicara bahasa Tagalog.

Pemandangan pulau kapur dari udara.
Pemandangan pulau kapur dari udara.

Agama

Menurut perkiraan 2015, 45,3% populasi beragama Katolik Roma karena warisan kolonialnya bersama Filipina, 6,9% Advent Hari Ketujuh, 34,9% denominasi Protestan lainnya, 5,7% Modekngei, dan 3,0% Islam. Komunitas Yahudi pernah mengirim dua pesepeda ke Olimpiade Maccabiah ke-18 pada tahun 2009.

Kepulauan Rock di Palau.
Kepulauan Rock di Palau.

Orang Jerman menyebarkan Katolik Roma dan Protestan, Jepang menyebarkan ajaran Shinto dan Buddha, dan Spanyol mengirim misionaris Katolik Roma saat mereka menguasai Palau. Tiga perempat populasi beragama Kristen, sementara Modekngei (kombinasi agama Kristen, agama Palau tradisional, dan meramal nasib), dan agama Palau kuno bisa ditemukan.

Pemerintahan Jepang membawa agama Buddha Mahayana dan Shinto ke Palau. Namun, setelah kekalahan Jepang Perang Dunia II, orang Jepang yang tersisa sebagian besar menjadi orang Kristen, sementara sisanya terus beragama Buddha tetapi berhenti melakukan ritual Shinto. Ada juga sekitar 400 Islam Bengali di Palau, dan baru-baru ini beberapa orang Uighur yang ditahan di Teluk Guantanamo diizinkan menetap di Palau.