Profil & Informasi tentang Negara Djibouti [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Djibouti [Lengkap]

Informasi mengenai Djibouti.

NamaDjibouti
Nama resmiRepublik Djibouti
République de Djibouti (Prancis)
جمهورية جيبوتي
Jumhūrīyat Jībūtī (Arab)
Gabuutih Ummuuno (Afar)
Jamhuuriyadda Jabuuti (Somali)
Ibu kotaKota Djibouti
SemboyanUnité, Égalité, Paix (Prancis)
Itixaad, Gudboonaan, Ammaan (Somali)
(Terjemahan: "Persatuan, Kesetaraan, Perdamaian")
Lagu kebangsaanDjibouti
Bentuk PemerintahanRepublik semi-presidensial
Sistem PemerintahanSemi-presidensial
Kemerdekaan27 Juni 1977
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifAssemblée nationale
Bahasa NasionalAfar
Somali
Bahasa ResmiArab
Prancis
AgamaIslam dan Kristen
Mata UangFranc Djibouti (Fdj) (DJF)
Zona WaktuWaktu Afrika Timur (EAT) (UTC+3)
Kode Telepon+253
Domain.dj
Situs Resmihttp://www.presidence.dj/
Jumlah Penduduk921.804 (estimasi Juli 2020)

Djibouti adalah sebuah negara berdaulat yang terletak di Afrika Timur persisnya di Teluk Aden, pintu masuk Laut Mediterania. Merdeka pada 27 Juni 1977, Djibouti dulunya dikenal sebagai Wilayah Prancis Afar dan Issas.

Negara yang luas wilayahnya setara dengan Kabupaten Donggala ini memiliki peranan yang sangat penting bagi Ethiopia sebab 60% ekspornya dilepas melalui Djibouti.

Batas-batas wilayah Djibouti:

Letak negara Djibouti
Letak Djibouti

Djibouti memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Djibouti
Bendera Djibouti

Pembagian Administratif

Djibouti dipartisi menjadi enam region administratif dengan Kota Djibouti adalah salah satu region tersebut. Di bawah region tersebut terdapat dua puluh distrik.

  1. Ali Sabieh,
  2. Arta,
  3. Dikhil,
  4. Djibouti,
  5. Obock,
  6. Tadjourah.
Pembagian wilayah administratif Djibouti
Region di Djibouti

Geografi

Djibouti terletak di kawasan Tanduk Afrika tepatnya di Teluk Aden dan Bab-el-Mandeb, pintu masuk ke Laut Merah. Djibouti secara astronomis terletak di antara 10°LU hingga 13°LU dan 41°BT hingga 44°BT.

Garis pantai Djibouti membentang sepanjang 403 kilometer. Djibouti berdaulat atas wilayah seluas 23.200 km². Perbatasannya sepanjang 528 km, 125 km dengan Eritrea, 342 km dengan Ethiopia, dan 61 km dengan Somalia. Djibouti adalah negara paling selatan yang berada di atas Lempeng Arab.

Djibouti memiliki 8 pegunungan dengan puncak lebih dari 1.000 meter. Pegunungan Mousa Ali dianggap sebagai pegunungan tertinggi di negara itu dengan puncak tertinggi (2.028 m) berada di perbatasannya dengan Ethiopia dan Eritrea.

Djibouti juga memiliki sedikit lanskap Gurun Grand Bara di daerah Arta, Ali Sabieh, dan Dikhil. Wilayah Djibouti secara umum berada di ketinggian yang relatif rendah di bawah 1.700 kaki.

Lambang negara Djibouti
Lambang negara Djibouti

Bahasa

Mayoritas populasi berbicara bahasa Somali (524.000) dan Afar (306.000) sebagai bahasa pertama. Ada tiga bahasa resmi di Djibouti yakni bahasa Somali, Arab, dan Prancis.

Bahasa Arab adalah bahasa yang penting. Dalam kegiatan sehari-hari, sekitar 59.000 populasi berbicara dengan dialek Arab Ta’izzi-Adeni yang juga dikenal sebagai Djibouti Arab. Bahasa Prancis diwariskan sejak periode kolonial dan merupakan bahasa utama instruksi. Sekitar 17.000 Djibouti menyebut bahasa Prancis sebagai bahasa pertama. Bahasa imigran termasuk Omani Arab (38.900 penutur), Amharik (1.400 penutur), Yunani (1.000 penutur), dan Hindi (600 penutur).

Spesies tanaman di Taman Nasional Forêt du Day.
Spesies tanaman di Taman Nasional Forêt du Day.

Agama

Populasi Djibouti mayoritas beragama Islam. Islam dipeluk oleh sekitar 94% populasi (sekitar 740.000 pada 2012), sedangkan 6% sisanya adalah penganut Kristen.

Konstitusi Djibouti menyebut Islam sebagai satu-satunya agama negara, dan juga menyediakan kesetaraan derajat warga dari semua agama (Pasal 1) dan kebebasan beragama (Pasal 11).

Gunung-gunung dekat Dasbiyo
Pegunungan dekat Dasbiyo

Sebagian besar penganut Islam mengikuti denominasi Sunni. Menurut Laporan Kebebasan Beragama Internasional 2008, sementara orang Djibouti Muslim memiliki hak hukum untuk mengubah atau menikahi seseorang dari agama lain, kemurtadan kemungkinan besar mendapat reaksi negatif dari keluarga, klan, atau masyarakat. Banyak dari mereka menghadapi tekanan untuk kembali beragama Islam.

Keuskupan Djibouti melayani populasi Katolik negeri itu yang diperkirakan berjumlah sekitar 7.000 orang pada tahun 2006.

  • 1
    Share