Profil & Informasi tentang Negara Somalia [Lengkap]

Profil negara Somalia

Informasi mengenai Somalia.

NamaSomalia
Nama resmiRepublik Federal Somalia
Jamhuuriyadda Federaalka Soomaaliya (Somali)
جمهورية الصومال الفدرالية
Jumhūrīyat aṣ-Ṣūmāl al-Fidirālīyah (Arab)
Ibu kotaMogadishu
Semboyan-
Lagu kebangsaanQolobaa Calankeed
Bentuk PemerintahanRepublik Parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
Kemerdekaan1 Juli 1960
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifBaarlamaanka Federaalka
Bahasa NasionalSomali dan Arab
AgamaIslam
Mata UangShilling Somalia (Sh.So.) (SOS)
Zona WaktuWaktu Afrika Timur (EAT) (UTC+3)
Kode Telepon+252
Domain.so

Republik Federal Somalia adalah negara berdaulat yang terletak di Tanduk Afrika. Somalia mengklaim perbatasan dengan Djibouti melalui wilayah Somaliland yang disengketakan.

Somalia memiliki garis pantai terpanjang di Afrika. Secara iklim, kondisi panas terjadi di Somalia sepanjang tahun, dengan angin monsun periodik dan curah hujan tidak teratur.

Batas-batas wilayah Somalia:

Letak negara Somalia
Letak Somalia

Somalia memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Somalia
Bendera Somalia

Pembagian Administratif

Somalia secara resmi dibagi menjadi delapan belas region yang pada gilirannya dipecah menjadi distrik. Berikut daftar region di Somalia.

  1. Awdal,
  2. Woqooyi Galbeed,
  3. Togdheer,
  4. Sanaag,
  5. Sool,
  6. Bari,
  7. Nugal,
  8. Mudug,
  9. Galguduud,
  1. Hiran,
  2. Shabelle Tengah,
  3. Banaadir,
  4. Shabelle Bawah,
  5. Bakool,
  6. Bay,
  7. Gedo,
  8. Juba Tengah,
  9. Juba Bawah.
Pembagian wilayah administratif Somalia
Region di Somalia

Somalia Utara sekarang secara de facto dibagi di antara region otonom Puntland dan Somaliland. Di Somalia tengah, Galmudug adalah entitas region yang berada di sebelah selatan Puntland. Jubaland di ujung selatan adalah region otonom keempat dalam federasi.

Lambang negara Somalia
Lambang negara Somalia

Geografi

Somalia berbatasan dengan Djibouti di barat laut, Kenya di barat daya, Teluk Aden di utara, Selat Guardafui dan Samudra Hindia di timur, dan Ethiopia di barat.

Somalia secara astronomis terletak di antara 2°LS hingga 12°LU dan 41°BT hingga 52°BT. Terletak strategis di pintu masuk Bab el Mandeb ke Laut Merah dan Terusan Suez, Somalia menempati ujung wilayah yang sering disebut sebagai Tanduk Afrika.

Somalia memiliki garis pantai terpanjang di Afrika dengan panjang 3.025 kilometer. Negara ini memiliki total luas daratan 637.657 km² dan 10.320 km² luas wilayah perairan.

Perbatasan Somalia membentang sepanjang 2.340 kilometer, 58 kilometer dengan Djibouti, 682 kilometer dengan Kenya, dan 1.626 kilometer dengan Ethiopia. Klaim maritim termasuk perairan teritorial adalah 370 km.

Somalia memiliki beberapa pulau dan kepulauan di lepas pantai termasuk Kepulauan Bajuni dan Kepulauan Saad ad-Din.

Pegunungan Cal Madow di Somalia utara memiliki puncak tertinggi bangsa, Shimbiris.
Pegunungan Cal Madow di Somalia utara memiliki puncak tertinggi bangsa, Shimbiris.

Bahasa

Bahasa Somali dan Arab adalah bahasa resmi Somalia. Bahasa Somalia adalah bahasa ibu bagi etnis Somalia, mayoritas etnis negara tersebut.

Dialek Somalia dibagi menjadi tiga kelompok utama yakni Utara, Benadir dan Maay. Somali Utara membentuk merupakan standar bahasa Somali. Benadir diucapkan di pesisir Benadir dari Adale ke Merca termasuk Mogadishu. Maay pada dasarnya dituturkan oleh klan Digil dan Mirifle (Rahanweyn) di daerah selatan Somalia.

Selain bahasa Somali, bahasa Arab adalah bahasa nasional resmi di Somalia. Banyak orang Somalia yang menuturkannya karena ikatan sejarah dengan dunia Arab.

Bahasa Inggris digunakan untuk menjadi bahasa kerja di protektorat Somaliland Inggris. Bahasa Italia adalah bahasa resmi di Somaliland Italia selama periode perwalian meski penggunaannya secara signifikan berkurang setelah kemerdekaan.

Bahasa lain yang bisa kita temukan adalah Bravanese, varian dari bahasa Bantu Swahili yang diucapkan di sepanjang pantai oleh etnis Bravanese serta Kibajuni, dialek Swahili yang merupakan bahasa ibu dari etnis Bajuni.

Sungai Jubba
Sungai Jubba

Agama

Menurut Pew Research Center, 99,8% populasi Somalia beragama Islam terutama Sunni. Sufisme juga berkembang dengan banyaknya pengikut lokal (zawiya) dari berbagai tarekat atau tarekat.

Konstitusi Somalia mendefinisikan Islam sebagai agama negara Republik Federal Somalia dan syariah Islam adalah sumber perundang-undangan nasional.

Agama Kristen adalah agama minoritas Somalia dengan jumlah penganut kurang dari 0,1% populasi pada tahun 2010 menurut Pew Research Center. Ada Keuskupan Mogadishu yang memperkirakan bahwa hanya ada sekitar 100 jemaat Gereja Katolik Roma pada tahun 2004.

Menurut Pew Research Center, kurang dari 0,1% populasi Somalia pada 2010 adalah penganut agama lokal. Populasi tersebut terbentuk dari beberapa etnis non-Somalia di bagian selatan negara itu.

Selain itu, menurut Pew Research Center, kurang dari 0,1% populasi adalah penganut Yudaisme, Hindu, Buddha, dan ateis.

  • 1
    Share