Profil & Informasi tentang Negara Ethiopia [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Ethiopia [Lengkap]

Informasi mengenai Ethiopia.

NamaEthiopia
Nama resmiRepublik Demokratik Federal Etiopia
የኢትዮጵያ ፌዴራላዊ ዲሞክራሲያዊ ሪፐብሊክ
ye-Ītyōṗṗyā Fēdēralāwī Dīmōkrāsīyāwī Rīpeblīk (Amharik)
Ibu kotaAddis Ababa
Semboyan-
Lagu kebangsaanወደፊት ገስግሺ ውድ እናት ኢትዮጵያ
Wodefit Gesgeshi, Widd Innat Ityopp'ya
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
KemerdekaanDʿmt: sekitar 980 SM
Kerajaan Aksum: sekitar 100 M
Kekaisaran Etiopia: 1137
Derg: 12 September 1974
Republik Demokratik Rakyat Etiopia: 22 Februari 1987
Konstitusi saat ini: 21 Agustus 1995
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifMajelis Parlementer Federal (የፌዴሬሽን ምክር ቤት [Yefedereshn Mekir Bet] + የሕዝብ ተወካዮች ምክር ቤት [Yehizbtewekayoch Mekir Bet])
Bahasa NasionalAmharik
AgamaKristen, Katolik, dan Islam
Mata UangBirr (ብር) (ETB)
Zona WaktuWaktu Afrika Timur (EAT) (UTC+3)
Kode Telepon+251
Domain.et
Situs Resmihttp://www.mfa.gov.et/
Jumlah Penduduk108.113.150 (estimasi Juli 2020)

Republik Demokratik Federal Ethiopia adalah sebuah negara terkurung daratan di Tanduk Afrika. Dengan lebih dari 109 juta penduduk pada 2019, Ethiopia adalah negara terkurung daratan terpadat dan negara terpadat kedua di benua Afrika. Negara ini memiliki wilayah seluas 1.100.000 km². Ibu kota dan kota terbesar Ethiopia adalah Addis Ababa.

Pemerintahan Etiopia pertama dibentuk sekitar tahun 980 SM dan mendapat pengaruh Kristen pada abad ke-4 M. Ethiopia tidak pernah dijajah selama masa Perebutan Afrika dan terus merdeka hingga tahun 1936 ketika Italia menguasai negara tersebut. Etiopia dulunya pernah menggunakan nama Abisinia.

Batas-batas wilayah Ethiopia:

Letak negara Ethiopia
Letak Ethiopia

Ethiopia memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Ethiopia
Bendera Ethiopia

Pembagian Administratif

Sejak 1996, Ethiopia dibagi menjadi sembilan region yang berdasarkan etnis dan otonom secara politis dan dua kota carteran, yang terakhir adalah Addis Ababa dan Dire Dawa. Region dibagi lagi menjadi enam puluh delapan zona yang dipecah menjadi 550 distrik dan beberapa distrik khusus.

Konstitusi memberikan kekuasaan yang luas kepada region selama sejalan dengan konstitusi pemerintah federal. Setiap region memiliki dewan regional yang anggotanya dipilih langsung.

Pasal 39 Konstitusi Ethiopia memberikan hak pada setiap region untuk melepaskan diri dari Ethiopia.

Pembagian wilayah administratif Ethiopia
Region di Ethiopia

Berikut daftar region di Ethiopia.

  1. Addis Ababa,
  2. Afar,
  3. Amhara,
  4. Benishangul-Gumuz,
  5. Dire Dawa,
  6. Gambela,
  7. Harari,
  8. Oromia,
  9. Somali,
  10. Masyarakat, Kebangsaan, dan Bangsa Selatan,
  11. Tigray.
Lambang negara Ethiopia
Lambang negara Ethiopia

Geografi

Pada 1.104.300 km², Ethiopia adalah negara terluas ke-28 di dunia, sebanding dengan ukuran Bolivia. Secara astronomis, Ethiopia terletak di antara 3°LU hingga 15°LU dan 33°BT hingga 48°BT.

Sebagaian besar wilayah Ethiopia terletak di Tanduk Afrika, bagian paling timur daratan Afrika. Keanekaragaman medan mempengaruhi variasi dalam iklim, tanah, vegetasi alami, dan pola permukiman.

Pegunungan Semien
Pegunungan Semien

Bahasa

Menurut Etnolog, terdapat 90 bahasa yang eksis di Etiopia. Mayoritas populasi berbicara menggunakan bahasa Afroasiatik dari cabang Kushitik atau Semitik.

Bahasa Oromiffa diucapkan oleh etnis Oromo, bahasa Somali dituturkan oleh etnis Somalia, bahasa Amharik dipakai oleh etnis Amhara, dan bahasa Tigrinya diucapkan oleh etnis Tigrayan. Bersama-sama, keempat kelompok tersebut sebanyak 75% populasi.

Bahasa Afroasiatik lain yang dipakai adalah bahasa Kushitik (Sidamo, Afar, Hadiyya, dan Agaw) serta bahasa Semitik (Gurage, Harari, Silt’e, dan Argobba). Bahasa Arab yang juga milik keluarga Afroasiatik dituturkan di beberapa daerah.

Selain itu, bahasa Omotik dituturkan oleh minoritas etnis yang tinggal di selatan. Idiom ini terdiri dari Aari, Bench, Dime, Dizin, Gamo-Gofa-Dawro, Maale, Hamer, dan Wolaytta.

Obelisk of Aksum
Obelisk of Aksum

Bahasa dari keluarga Nilo-Sahara juga diucapkan oleh orang di bagian barat daya. Bahasa-bahasa ini antara lain adalah bahasa Nuer, Anuak, Nyangatom, Majang, Suri, Me’en, dan Mursi.

Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang paling banyak digunakan. Sementara semua bahasa mendapat status yang sama dalam Konstitusi Ethiopia tahun 1995, bahasa Amharik dipakai sebagai bahasa resmi pemerintah Federal.

Berbagai daerah di Ethiopia bebas untuk menentukan bahasa kerja resmi mereka. Bahasa Amharik dipakai sebagai bahasa kerja resmi di Region Masyarakat, Kebangsaan, dan Bangsa Selatan, Amhara, dan Benishangul-Gumuz, Gambela, Addis Abeba, dan Dire Dawa.

Sementara bahasa Afar, Harari, Oromiffa, Somali, dan Tigrinya diakui sebagai bahasa kerja resmi di daerahnya masing-masing.

Danau Wonchi
Danau Wonchi

Agama

Ethiopia memiliki hubungan sejarah yang erat dengan ketiga agama Ibrahim. Pada abad ke-4, kekaisaran Ethiopia adalah salah satu kekaisaran pertama yang secara resmi mengakui Kristen sebagai agama negara.

Gereja Ortodoks Tewahedo Ethiopia menjadi denominasi mayoritas di Ethiopia. Ada juga demografi pemeluk Islam yang besar, mewakili sepertiga populasi. Negash adalah pemukiman Muslim tertua di Afrika. Sampai tahun 1980-an, terdapat populasi Yahudi yang tinggal di Ethiopia.