Profil & Informasi tentang Negara Rwanda [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Rwanda [Lengkap]

Informasi mengenai Rwanda.

NamaRwanda
Nama resmiRepublik Rwanda
Repubulika y'u Rwanda (Kinyarwanda)
République du Rwanda (Prancis)
Republic of Rwanda (Inggris)
Ibu kotaKigali
SemboyanUbumwe, Umurimo, Gukunda Igihugu
(Kinyarwanda: "Persatuan, Kerja, Patriotisme")
Lagu kebangsaanRwanda nziza
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
Kemerdekaan1 Juli 1962
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifParlemen (Sena + Umutwe w'Abadepite)
Bahasa NasionalKinyarwanda
Prancis
Inggris
AgamaIslam
Kristen
Katholik Roma
Agama lokal
Mata UangFranc Rwanda (FRw) (RWF)
Zona WaktuWaktu Afrika Tengah (CAT) (UTC+2)
Kode Telepon+250
Domain.rw
Situs Resmihttps://www.gov.rw/
Jumlah Penduduk12.712.431 (estimasi Juli 2020)

Republik Rwanda adalah sebuah negara berdaulat di Afrika Tengah. Wilayah Rwanda berada di elevasi tinggi dengan dominasi pegunungan di bagian barat, sabana di bagian timur, dan berbagai danau di seluruh negeri. Iklim Rwanda hangat hingga subtropis dengan musim hujan dan musim kemarau.

Batas-batas wilayah Rwanda:

Letak negara Rwanda
Letak Rwanda

Rwanda memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Rwanda
Bendera Rwanda

Pembagian Administratif

Rwanda telah diperintah oleh hierarki yang ketat sejak masa prakolonial. Sebelum penjajahan, Raja melakukan kontrol melalui sistem provinsi, distrik, bukit, dan lingkungan. Konstitusi saat ini membagi Rwanda menjadi provinsi, kabupaten, kota, sektor, sel, dan desa.

Setiap provinsi dipimpin oleh seorang gubernur yang ditunjuk oleh Presiden dan disetujui oleh Senat. Kabupaten dibagi menjadi beberapa sektor. Distrik dan sektor memilih dewan secara langsung dan dijalankan oleh komite eksekutif yang dipilih oleh dewan tersebut. Sel dan desa adalah unit politik terkecil.

Provinsi di Rwanda terdiri dari Provinsi Utara, Provinsi Selatan, Provinsi Timur, Provinsi Barat, dan Provinsi Kigali di tengah.

Pembagian wilayah administratif Rwanda
Provinsi di Rwanda

Geografi

Dengan wilayah seluas 26.338 km², Rwanda adalah negara terluas ke-149 di dunia dan terkecil keempat di Afrika setelah Gambia, Eswatini, dan Djibouti. Ukurannya sebanding dengan Burundi, Haiti, dan Albania.

Rwanda berada dataran tinggi dengan titik terendahnya adalah Sungai Rusizi di 950 meter. Rwanda dibatasi oleh Republik Demokratik Kongo di barat, Uganda di utara, Tanzania di timur, dan Burundi di selatan. Secara astronomis, Rwanda terletak beberapa derajat di selatan khatulistiwa dan terkurung daratan. Ibu kota Kigali terletak hampir di tengah Rwanda.

Lambang negara Rwanda
Lambang negara Rwanda

Sungai Kongo dan Sungai Nil mengalir dari utara ke selatan melalui Rwanda. Sungai terpanjang di Rwanda adalah Sungai Nyabarongo yang mengalir dari barat daya ke utara, timur, dan tenggara sebelum bergabung dengan Ruvubu untuk membentuk Sungai Kagera. Sungai Kagera kemudian mengalir ke utara sepanjang perbatasan Tanzania.

Sungai Nyabarongo-Kagera akhirnya mengalir ke Danau Victoria. Rwanda memiliki banyak danau, danaunya yang terbesar adalah Danau Kivu yang memiliki kedalaman maksimum 480 meter. Danau ini adalah salah satu dari dua puluh danau terdalam di dunia.

Danau-danau lain yang cukup besar termasuk Burera, Ruhondo, Muhazi, Rweru, dan Ihema.

Danau dan gunung berapi di Pegunungan Virunga
Danau dan gunung berapi di Pegunungan Virunga

Agama

Jemaat Gereja Katolik Roma memiliki jumlah yang signifikan, namun ada perubahan demografi agama sejak genosida. Banyak dari mereka yang pindah menjadi Kristen evangelis dan Islam meski dalam jumlah sedikit.

Menurut sensus 2012, jemaat Gereja Katolik Roma mewakili 43,7% populasi, Protestan (tidak termasuk Advent Hari Ketujuh) 37,7%, Advent Hari Ketujuh 11,8%, dan Islam 2,0% populasi, 0,2% ateis, dan 1,3% tidak menyatakan agama.

Agama tradisional meskipun dianut hanya oleh 0,1% populasi tetap memiliki pengaruh. Banyak orang Rwanda memandang Tuhan Kristen sebagai sinonim Tuhan tradisional Rwanda, Imana.

Gereja Katolik Roma di Rwamagana
Gereja Katolik Roma di Rwamagana

Bahasa

Hampir semua orang Rwanda mampu berbahasa Kinyarwanda. Bahasa-bahasa Eropa selama era kolonial antara lain bahasa Jerman, bahasa Prancis, bahasa Belanda, dan bahasa Inggris.

Bahasa Kinyarwanda, Inggris, Prancis, dan Swahili adalah bahasa resmi Rwanda. Kinyarwanda adalah bahasa nasional sementara bahasa Inggris adalah bahasa pengantar di pendidikan menengah dan tinggi. Bahasa Swahili adalah lingua franca Komunitas Afrika Timur.

Pada 2015, bahasa Swahili diperkenalkan sebagai mata pelajaran wajib di sekolah menengah. Penduduk Pulau Nkombo berbicara dengan Mashi, sebuah bahasa yang erat hubungannya dengan Kinyarwanda.