Profil & Informasi tentang Negara Uganda [Lengkap]

  • 1
    Share

Profil negara Uganda

Profil negara Uganda.

NamaUganda
Nama resmiRepublik Uganda
Republic of Uganda (Inggris)
Jamhuri ya Uganda (Swahili)
Ibu kotaKampala
SemboyanFor God and My Country
(Inggris: "Untuk Tuhan dan Negaraku")
Lagu kebangsaanOh Uganda, Land of Beauty
Bentuk PemerintahanRepublik Semi Presidensial
Sistem PemerintahanSemi Presidensial
Kemerdekaan9 Oktober 1962
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifParliament
Bahasa NasionalInggris dan Swahili
AgamaKatolik Roma
Kristen
Islam
Mata UangShilling Uganda (USh) (UGX)
Zona WaktuWaktu Afrika Timur (EAT) (UTC+3)
Kode Telepon+256
Domain.ug
Situs Resmihttp://www.statehouse.go.ug/
Jumlah Penduduk43.252.966 (estimasi Juli 2020)

Republik Uganda adalah sebuah negara berdaulat di daratan Afrika Timur yang mendapat julukan “Mutiara Afrika” oleh Winston Churchill.

Nama negara ini diambil dari nama sebuah kerajaan yang mencakup bagian selatan Uganda yakni Kerajaan Buganda. Uganda memiliki 70 distrik.

Batas-batas wilayah Uganda:

Letak negara Uganda
Letak Uganda

Uganda memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Uganda
Bendera Uganda

Pembagian Administratif

Pada 2018, Uganda dipecah menjadi 121 distrik. Bersama dengan administrasi negara, lima kerajaan tradisional Bantu menikmati otonomi budaya. Kerajaan tersebut adalah Toro, Busoga, Bunyoro, Buganda, dan Rwenzururu.

Subdivisi politik di Uganda secara resmi dilayani dan disatukan oleh Asosiasi Pemerintah Daerah Uganda, badan sukarela dan nirlaba yang juga berfungsi sebagai forum untuk dukungan dan bimbingan bagi pemerintah sub-nasional Uganda.

Beberapa kerajaan dan kepala suku lainnya secara resmi diakui oleh pemerintah, termasuk penyatuan kepala suku Alur, kepala suku Iteso, kepala suku Lango, dan negara bagian Padhola.

Pembagian wilayah administratif Uganda
Peta Uganda

Geografi

Uganda secara geografis terletak di Dataran Tinggi Afrika Timur. Letak astronomis negara Uganda adalah di antara 4°LU hingga 2°LU dan 29°BT hingga 35°BT.

Lanskap Uganda rata-rata berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut, miring ke arah Dataran Sudan di utara. Luas wilayah negara Uganda adalah 241.037 km².

Lambang negara Uganda
Lambang negara Uganda

Bahasa

Swahili, bahasa yang banyak digunakan di wilayah Danau Besar Afrika, disetujui sebagai bahasa nasional resmi kedua negara itu pada tahun 2005. Sebelum itu, bahasa Inggris adalah satu-satunya bahasa resmi Uganda.

Meskipun bahasa Swahili tidak disukai oleh penduduk berbahasa Bantu di bagian selatan dan barat daya Uganda, bahasa ini adalah lingua franca di wilayah utara.

Bahasa Swahili juga digunakan secara luas di kepolisian dan militer. Status bahasa Swahili berganti-ganti sesuai kelompok politik yang berkuasa.

Kebun kopi di Uganda barat daya
Kebun kopi di Uganda barat daya

Agama

Menurut sensus tahun 2014, umat Kristen mencakup sekitar 85% populasi, umat Islam 14% populasi. Gereja Katolik Roma memiliki jemaat (39,3%), Gereja Anglikan Uganda (32%). Evangelikal/Pantekosta/Born-Again 11,1% pada 2018.

Advent dan denominasi Protestan lainnya mengklaim sebagian besar umat Kristen yang tersisa, meskipun ada juga komunitas kecil Ortodoks Timur.

Populasi Islam dominan di Uganda adalah Sunni. Ada juga minoritas Syiah (7%), Ahmadiyah (4%), dan non-denominasi Muslim. Sisa penduduk menurut sensus tahun 2014 beragama tradisional (0,1%), agama lain (1,4%), atau ateis (0,2%).

Penduduk Region Utara, termasuk sub-wilayah Nil Barat, sebagian besar beragama Katolik, sementara Distrik Iganga di Uganda timur memiliki persentase Muslim tertinggi.

Ugob Uganda
Ugob Uganda

  • 1
    Share