Profil & Informasi tentang Negara Bulgaria [Lengkap]

  • 1
    Share

Profil negara Bulgaria

Profil negara Bulgaria.

NamaBulgaria
Nama resmiRepublik Bulgaria
Република България
Republika Bǎlgarija (Bulgaria)
Ibu kotaSofia
SemboyanСъединението прави силата
Saedinenieto pravi silata
(Bulgaria: "Persatuan membuahkan kekuatan")
Lagu kebangsaanМила Родино
Mila Rodino
Bentuk PemerintahanRepublik Parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
Kemerdekaandari Kesultanan Utsmaniyah: 5 Oktober 1908
Republik Rakyat Bulgaria: 15 September 1946
Republik Bulgaria: 15 November 1990
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifНародно събрание
Narodno sabranie
Bahasa NasionalBulgaria
AgamaOrthodox
Islam
Kristen
Katolik Roma
Mata UangLev Bulgaria (лв.) (BGN)
Zona WaktuWaktu Eropa Timur (EET) (UTC+2)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Timur (EEST) (UTC+3)
Kode Telepon+359
Domain.bg dan .бг
Situs Resmihttps://www.gov.bg/en
Jumlah Penduduk6.966.899 (estimasi Juli 2020)

Republik Bulgaria adalah sebuah negara berdaulat di Eropa Tenggara. Dengan wilayah seluas 110.994 km², Bulgaria adalah negara terluas ke-16 di Eropa.

Beberapa pegunungan membatasi bentang alamnya, pegunungan yang paling terkenal adalah Pegunungan Balkan, Pegunungan Rodopi, dan Pegunungan Rila yang merupakan tempat bagi puncak tertinggi di Balkan yaitu Puncak Musala.

Sebaliknya, Dataran Donau di utara dan Dataran Trakia Atas di selatan menjadi titik terendah sekaligus kawasan tersubur Bulgaria. Pesisir Laut Hitam sepanjang 378 km adalah batas timur negara ini. Ibu kota sekaligus kota terbesar Bulgaria adalah Sofia.

Batas-batas wilayah Bulgaria:

Letak negara Bulgaria
Letak Bulgaria

Bulgaria memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Bulgaria
Bendera Bulgaria

Pembagian Administratif

Bulgaria adalah negara kesatuan. Struktur administrasi baru diadopsi secara paralel dengan desentralisasi sistem ekonomi yang mencakup 27 provinsi dan provinsi ibu kota metropolitan. Semua oblast dinamai menurut ibu kota mereka.

Oblast dipecah menjadi 265 kota. Kota dijalankan oleh walikota yang dipilih untuk masa jabatan empat tahun bersama dewan kota yang dipilih langsung.

Bulgaria adalah negara yang sangat tersentralisasi di mana Dewan Menteri secara langsung menunjuk gubernur regional, provinsi dan kota sangat bergantung padanya dalam hal pendanaan.

Pembagian wilayah administratif Bulgaria
Oblast di Bulgaria

Berikut daftar oblast di Bulgaria selain oblast ibu kota metropolitan, Sofia-Grad.

  1. Blagoevgrad,
  2. Burgas,
  3. Dobrich,
  4. Gabrovo,
  5. Haskovo,
  6. Kardzhali,
  7. Kyustendil,
  8. Lovech,
  9. Montana,
  1. Pazardzhik,
  2. Pernik,
  3. Pleven,
  4. Plovdiv,
  5. Razgrad,
  6. Ruse,
  7. Shumen,
  8. Silistra,
  9. Sliven,
  1. Smolyan
  2. Oblast Sofia,
  3. Stara Zagora,
  4. Targovishte,
  5. Varna,
  6. Veliko Tarnovo,
  7. Vidin,
  8. Vratsa,
  9. Yambol.
Lambang negara Bulgaria
Lambang negara Bulgaria

Geografi

Bulgaria berada di Semenanjung Balkan bagian timur. Perbatasan darat Bulgaria sepanjang 1.808 kilometer dan garis pantainya 354 kilometer. Fitur topografi yang paling menonjol di Bulgaria adalah Dataran Danubia, Pegunungan Balkan, Dataran Thrakian, dan Pegunungan Rhodope.

Luas wilayah negara Bulgaria adalah 110.994 km², menjadikannya negara terluas ke-105 di dunia. Letak astronomis negara Bulgaria adalah di antara 43°LU dan 25°BT.

Tepi selatan Dataran Danubia miring ke arah bukit Balkan, sementara Danube adalah perbatasan dengan Rumania. Dataran Thrakian berbentuk segitiga, dimulai di sebelah tenggara Sofia dan meluas saat mencapai pantai Laut Hitam.

Dinding benteng Tsarevets di Veliko Tarnovo, ibu kota kekaisaran kedua
Dinding Benteng Tsarevets di Veliko Tarnovo, ibu kota kekaisaran kedua

Demografi

Populasi Bulgaria sebanyak 7.364.570 jiwa menurut sensus nasional 2011. Mayoritas populasi (72,5%) tinggal di daerah perkotaan.

Pada 2017, Sofia adalah perkotaan terpadat yang ditinggali oleh 1.325.429 orang, diikuti oleh Plovdiv (345.000 jiwa), Varna (344.000 jiwa), Burgas (209.000 jiwa) dan Ruse (160.000 jiwa).

Etnis Bulgaria adalah etnis mayoritas di Bulgaria (84,8% populasi). Etnis Turki dan Roma masing-masing terdiri dari 8,8 dan 4,9%, sekitar 40 etnis yang lebih kecil terdiri dari 0,7%, dan 0,8% tidak memberikan data etnisnya.

Pegunungan Pirin
Pegunungan Pirin

Bahasa

Semua kelompok etnis di Bulgaria mampu berbahasa Bulgaria, baik sebagai bahasa pertama maupun sebagai bahasa kedua. Bahasa Bulgaria adalah bahasa resmi Bulgaria dan dipakai oleh 85,2% populasi.

Bahasa Bulgaria termasuk kelompok bahasa Slavik, namun tetap memiliki sejumlah kekhasan tata bahasa, bersama dengan kerabat terdekatnya bahasa Makedonia, yang membedakannya dari bahasa Slavik lainnya.

Bahasa dominan lain di Bulgaria adalah bahasa Turki dan Romani, yang menurut sensus 2011 dituturkan masing-masing oleh 9,1% dan 4,2% populasi.

Ibu kota Bulgaria Sofia
Sofia, Bulgaria

Agama

Lebih dari tiga per empat orang Bulgaria adalah jemaat Gereja Ortodoksi Timur. Muslim Sunni adalah komunitas agama terbesar kedua yang dipeluk oleh 10% populasi. Kurang dari 3% populasi beragama lain dan 11,8% tidak menjawab atau ateis.

Gereja Ortodoks Bulgaria memperoleh status autocephalous pada 927 M, dan memiliki 12 keuskupan dan lebih dari 2.000 imam. Bulgaria adalah negara sekuler dengan jaminan kebebasan beragama berdasarkan konstitusi, meski Ortodoksi ditetapkan sebagai agama “tradisional”.

Pemandangan di Pegunungan Balkan
Pemandangan di Pegunungan Balkan

  • 1
    Share