Profil & Informasi tentang Negara Yunani [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Yunani [Lengkap]

Informasi mengenai Yunani.

NamaYunani
Nama resmiRepublik Hellenik
Ελληνική Δημοκρατία (Yunani)
Ibu kotaAthens
SemboyanΕλευθερία ή Θάνατος
(Yunani: "Kebebasan atau Kematian")
Lagu kebangsaanΎμνος εις την Ελευθερίαν
(Yunani: "Himne Kebebasan")
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
Kemerdekaan25 Maret 1821 (Awal perang kemerdekaan Yunani)
Deklarasi resmi: 15 Januari 1822
Diakui: 3 Februari 1830
Konstitusi sekarang: 11 Juni 1975
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifHellenic Parliament
Bahasa NasionalYunani
AgamaOrtodoksi Timur
Mata UangEuro (€) (EUR)
Zona WaktuWaktu Eropa Timur (UTC+2)
Musim Panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Timur (UTC+3)
Kode Telepon+30
Domain.gra
.ελ
Situs Resmihttps://primeminister.gr/ (Situs Perdana Menteri)
Jumlah Penduduk10.607.051 (estimasi Juli 2020)

Republik Hellenik yang dikenal sebagai Hellas atau Yunani adalah sebuah negara yang dulunya adalah tempat lahirnya kebudayaan Eropa.

Yunani berada di Semenanjung Balkan, Eropa Tenggara. Yunani adalah sebuah negara kepulauan di bagian timur Laut Mediterania.

Batas-batas wilayah Yunani:

Letak negara Yunani
Letak Yunani

Yunani memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Yunani
Bendera Yunani

Pembagian Administratif

Sejak reformasi program Kallikratis mulai berlaku pada 1 Januari 2011, Yunani memiliki tiga belas region yang kemudian dibagi menjadi 325 kota. 54 prefektur lama dan administrasi tingkat prefektur sebagian besar telah dipertahankan sebagai sub-unit region.

Tujuh administrasi terdesentralisasi mengelompokkan satu hingga tiga region untuk keperluan administrasi berdasarkan wilayah. Ada juga satu daerah otonom, Gunung Athos yang berbatasan dengan Region Makedonia Tengah.

Pembagian wilayah administratif Yunani

Berikut adalah daftar 13 region dan 1 daerah otonom di Yunani.

  1. Attica
  2. Yunani Tengah,
  3. Makedonia Tengah,
  4. Kreta,
  5. Makedonia Timur dan Thrace,
  6. Epirus,
  7. Kepulauan Ionian,
  1. Aegean Utara,
  2. Peloponnese
  3. Aegean Selatan,
  4. Thessaly,
  5. Yunani Barat,
  6. Makedonia Barat,
  7. Gunung Athos (daerah otonom).
Lambang negara Yunani
Lambang negara Yunani

Geografi

Terletak di Eropa Selatan, Yunani adalah negara lintas benua yang terdiri dari pegunungan dan semenanjung. Yunani memiliki letak yang strategis di persimpangan Eropa, Asia, dan Afrika.

Karena banyaknya pulau dan semenanjung, Yunani memiliki garis pantai terpanjang ke-11 di dunia (13.676 km). Yunani terletak di antara 34°LU hingga 42°LU dan 19°BT hingga 30°BT.

80% wilayah Yunani terdiri dari pegunungan dan perbukitan. Gunung Olympus, tempat tinggal dewa-dewa mitologi Yunani, di Puncak Mytikas (2.918 meter) adalah titik tertinggi di Yunani.

Yunani Barat memiliki sejumlah danau, lahan basah, dan didominasi oleh Pegunungan Pindus. Pegunungan Pindus mencapai ketinggian maksimum di Gunung Smolikas (2.637 m) yang merupakan titik tertinggi kedua di Yunani.

Vikos Gorge yang spektakuler, bagian dari Taman Nasional Vikos-Aoos di Pegunungan Pindus, terdaftar di Guinness book of World Records sebagai ngarai terdalam di dunia.

Yunani Timur Laut menyuguhkan hamparan pegunungan tinggi lainnya misalnya Pegunungan Rhodope. Daerah ini ditutupi dengan hutan yang luas dan tebal termasuk Hutan Dadia. Dataran luas terletak di Thessaly, Makedonia Tengah, dan Thrace.

Teluk Navagio (kapal karam), Pulau Zakynthos
Teluk Navagio (kapal karam), Pulau Zakynthos

Demografi

Hari ini, bahasa Yunani adalah bahasa yang dominan di seluruh negeri. Minoritas Muslim di Thrace (0,95% populasi) adalah penutur bahasa Turki, Bulgaria (Pomaks), dan Romani.

Athena, Yunani
Athena, Yunani

Agama

Konstitusi Yunani mengakui Ortodoks Timur sebagai agama yang berlaku di Yunani dan menjamin kebebasan beragama bagi semua. Pemerintah Yunani tidak menyimpan statistik kelompok agama dan sensus tidak meminta afiliasi keagamaan.

Menurut Departemen Luar Negeri AS, diperkirakan 97% populasi adalah jemaat Gereja Ortodoks Timur dari Ortodoks Yunani yang menggunakan ritus Bizantium dan bahasa Yunani.

Dalam jajak pendapat Eurostat – Eurobarometer 2010, 79% populasi percaya ada Tuhan. Menurut sumber lain, 15,8% populasi mengklaim bahwa mereka “sangat religius”. Survei juga menemukan bahwa hanya 3,5% populasi yang tidak pernah ke gereja.

Perkiraan minoritas Muslim Yunani yang diakui (sebagian besar di Thrace) setidaknya berjumlah 100.000 jiwa. Sebagian imigran Albania adalah orang dengan latar belakang Muslim.

Yudaisme telah ada di Yunani selama lebih dari 2.000 tahun. Komunitas Yahudi Yunani disebut Romaniote. Yahudi Sephardi yang pernah menjadi komunitas dominan di Thessaloniki berjumlah sekitar 5.500 orang.

Hermoupolis, di Pulau Syros, adalah ibu kota Cyclades.
Hermoupolis, di Pulau Syros, adalah ibu kota Cyclades.

Jemaat Gereja Katolik Roma diperkirakan sebanyak 250.000 jiwa. Gereja Kristen Ortodoks Asli mengklaim memiliki 500.000 jemaat . Protestan, termasuk Gereja Injili Yunani dan Gereja Evangelis Bebas, mengklai sekitar 30.000 jemaat.

Minoritas Kristen lainnya, seperti Assemblies of God, Gereja Internasional Injil Foursquare, dan berbagai gereja Pentakosta memiliki jemaat sekitar 12.000 jiwa. Gereja Apostolik Merdeka yang bebas dari Pentakosta adalah denominasi Protestan terbesar di Yunani dengan 120 gereja.

Tidak ada statistik resmi tentang Gereja Apostolik Gratis dari Pentakosta, tetapi Gereja Ortodoks memperkirakan jemaatnya sebanyak 20.000 jiwa. Saksi-Saksi Yehuwa melaporkan memiliki 28.874 jemaat aktif.

Dalam beberapa tahun terakhir telah ada kebangkitan skala kecil dari agama Yunani kuno, dengan perkiraan 2.000 praktisi aktif dan 100.000 “simpatisan”.

  • 1
    Share