Profil & Informasi tentang Negara Serbia [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Serbia [Lengkap]

Informasi mengenai Serbia.

NamaSerbia
Nama resmiRepublik Serbia
Република Србија
Republika Srbija (Serbia)
Ibu kotaBeograd
Semboyan-
Lagu kebangsaanБоже правде
Bože pravde
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
Kemerdekaan5 Juni 2006
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifНародна скупштина
Narodna skupština
Bahasa NasionalSerbia
AgamaKatholik, Islam, dan Kristen
Mata UangDinar Serbia (дин) (RSD)
Zona WaktuWaktu Eropa Tengah (CET) (UTC+1)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST) (UTC+2)
Kode Telepon+381
Domain.rs dan .срб
Situs Resmihttps://www.srbija.gov.rs/?change_lang=en
Jumlah Penduduk7.012.165 (estimasi Juli 2020)

Republik Serbia adalah sebuah republik berdaulat di persimpangan Eropa Tengah dan Tenggara. Serbia berada secara geografis berada di Dataran Pannonia selatan dan Balkan tengah.

Populasi Serbia diperkirakan sekitar tujuh juta jiwa. Ibu kota Serbia, Beograd, berada di antara kota-kota besar Eropa tenggara.

Batas-batas wilayah Serbia:

Letak negara Serbia
Letak Serbia

Bendera Serbia memiliki bentuk dan tampilan sebagai berikut.

Bendera negara Serbia
Bendera Serbia

Pembagian Administratif

Serbia adalah negara kesatuan yang terdiri dari kota (opštine atau gradovi), distrik, dan dua provinsi otonom. Di Serbia, tidak termasuk Kosovo, ada 145 opštine dan 29 gradovi, yang membentuk unit dasar pemerintahan lokal. Terdapat 24 distrik, dengan Kota Beograd adalah distrik tambahan. Kecuali Beograd yang memiliki pemerintahan lokal, distrik adalah pusat regional otoritas negara tetapi tidak memiliki kekuatan sendiri.

Serbia memiliki dua provinsi otonom yakni Vojvodina di utara serta Kosovo dan Metohija di selatan. Setelah Perang Kosovo, pasukan penjaga perdamaian PBB memasuki Kosovo dan Metohija sesuai dengan Resolusi DK PBB 1244. Pada 2008, Kosovo menyatakan kemerdekaan. Pemerintah Serbia tidak mengakui deklarasi tersebut, menganggap deklarasi itu ilegal dan tidak sah.

Pembagian wilayah administratif Serbia
Distrik di Serbia

Geografi

Terletak di persimpangan antara Eropa Tengah dan Selatan, Serbia tepatnya berada di semenanjung Balkan dan Dataran Pannonia. Serbia secara astronomis terletak di antara 41°LU hingga 47°LU dan 18°BT hingga 23°BT. Serbia mencakup wilayah seluas 88.361 km² dan 77.474 km² tanpa Kosovo.

Panjang perbatasan Serbia mencapai 2.027 km (Albania 115 km, Bosnia dan Herzegovina 302 km, Bulgaria 318 km, Kroasia 241 km, Hongaria 151 km, Makedonia 221 km, Montenegro 203 km, dan Rumania 476 km). Semua perbatasan Kosovo dengan Albania (115 km), Makedonia (159 km), dan Montenegro (79 km).

Serbia memperlakukan perbatasan sepanjang 352 km antara Kosovo dan Serbia sebagai “jalur administratif” yang berada dalam kendali bersama polisi perbatasan Kosovo dan Serbia. Setidaknya terdapat 11 titik persimpangan di jalur administratif tersebut.

Lambang negara Serbia
Lambang negara Serbia

Dataran Pannonia meliputi sepertiga wilayah utara Serbia (Vojvodina dan Mačva). Sementara ujung timur Serbia meluas ke Dataran Wallachian. Medan bagian tengah Serbia, dengan wilayah Šumadija pada intinya, terdiri dari perbukitan yang dilalui oleh sungai.

Pegunungan mendominasi sepertiga bagian selatan Serbia. Alpen Dinarik membentang di barat dan barat daya mengikuti arus Sungai Drina dan Ibar. Pegunungan Carpathian dan Pegunungan Balkan membentang dari utara ke selatan Serbia bagian timur.

Uvac Gorge, salah satu habitat terakhir bagi burung hering griffon di Eropa.
Uvac Gorge, salah satu habitat terakhir bagi burung hering griffon di Eropa.

Bahasa

Bahasa resmi Serbia adalah bahasa Serbia dengan penutur sebanyak 88% populasi. Bahasa Serbia adalah satu-satunya bahasa Eropa dengan digraphia aktif menggunakan alfabet Cyrillic dan Latin.

Cyrillic Serbia ditunjuk dalam Konstitusi sebagai “skrip resmi” sedangkan alfabet Latin diberi status “skrip dalam penggunaan resmi” oleh Konstitusi. Sebuah survei tahun 2014 menunjukkan bahwa 47% orang Serbia menyukai alfabet Latin, 36% menyukai Cyrillic, dan 17% tidak memiliki preferensi.

Bahasa minoritas yang diakui adalah bahasa Hongaria, Bosnia, Slowakia, Kroasia, Albania, Rumania, Bulgaria, dan Rusyn. Semua bahasa tersebut digunakan secara resmi di kota tempat etnis minoritas bermukim.

Gerbang Besi

Agama

Konstitusi Serbia mendefinisikan Serbia sebagai negara sekuler. Jemaat Kristen Ortodoks sebanyak 6.079.396 (84,5%). Gereja Ortodoks Serbia adalah gereja terbesar di negara itu yang sebagian besar jemaatnya adalah orang Serbia. Etnis lain yang beragama Kristen Ortodoks lainnya adalah orang Montenegro, Rumania, Vlachs, Makedonia, dan Bulgaria.

Penganut Katolik Roma yang sebanyak 356.957 orang di Serbia (6%) sebagian besar tinggal di Vojvodina yang merupakan rumah bagi kelompok etnis minoritas seperti Hongaria, Kroasia, Bunjevci, serta beberapa orang Slowakia dan Ceko.

Gereja Saint Sava adalah salah satu gereja Ortodoks terbesar di dunia.
Gereja Saint Sava adalah salah satu gereja Ortodoks terbesar di dunia.

Protestanisme menyumbang sekitar 1% populasi, terutama Lutheran di antara etnis Slowakia di Vojvodina serta Calvinisme di antara etnis Hongaria. Gereja Katolik Yunani memiliki jemaat sekitar 25.000 orang (0,37% populasi) yang kebanyakan adalah etnis Rusyn di Vojvodina.

Islam yang dianut oleh 222.282 orang (3% populasi) membentuk kelompok agama terbesar ketiga. Islam menjadi mayoritas di bagian selatan Serbia terutama di Raška selatan. Etnis Bosnia adalah komunitas Islam terbesar di Serbia. Hanya ada 578 orang Yahudi tinggal di Serbia. Ateis berjumlah 80.053 (1,1%) dan 4.070 orang agnostik.

  • 1
    Share