Profil & Informasi tentang Negara Bosnia-Herzegovina [Lengkap]

Profil negara Bosnia-Herzegovina

Profil negara Bosnia dan Herzegovina.

NamaBosnia dan Herzegovina
Nama resmiBosna i Hercegovina
Босна и Херцеговина
Ibu kotaSarajevo
Semboyan-
Lagu kebangsaanDržavna himna Bosne i Hercegovine
Државна химна Босне и Херцеговине
(Kroasia dan Serbia: "Lagu Kebangsaan Bosnia dan Herzegovina")
Bentuk PemerintahanRepublik Parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
Kemerdekaandari Yugoslavia: 1 Maret 1992
Perjanjian Washington: 18 Maret 1994
Perjanjian Dayton: 14 Desember 1995
Kepala NegaraKetua Kepresidenan
Kepala PemerintahanKetua Dewan Menteri
Badan LegislatifParliamentary Assembly (House of Peoples + House of Representatives)
Bahasa Nasional-
Bahasa EntitasBosnia, Kroasia, dan Serbia
AgamaKristen dan Islam
Mata UangConvertible mark (BAM)
Zona WaktuUTC+1 (CET)
Waktu Musim Panas (DST) UTC+2 (CEST)
Kode Telepon+387
Domain.ba
Situs Resmihttp://www.fbihvlada.gov.ba/english/
Jumlah Penduduk3.835.586 (estimasi Juli 2020)

Bosnia dan Herzegovina adalah sebuah negara berdaulat di Semenanjung Balkan, Eropa Selatan. Luas wilayah negara Bosnia dan Herzegovina adalah 51.129 km². Sarajevo adalah ibu kota dan kota terbesar di Bosnia dan Herzegovina.

Batas-batas wilayah Bosnia dan Herzegovina:

Letak negara Bosnia dan Herzegovina
Letak Bosnia dan Herzegovina

Bosnia dan Herzegovina memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Bosnia dan Herzegovina
Bendera Bosnia dan Herzegovina

Pemerintahan

Bosnia dan Herzegovina memiliki beberapa tingkatan struktur politik. Tingkatan terpenting adalah pembagian negara menjadi dua entitas yakni Republik Srpska dan Federasi Bosnia dan Herzegovina.

Federasi Bosnia dan Herzegovina mencakup 51% total wilayah negara dan Republika Srpska mencakup 49% sisanya. Distrik Brčko di bagian utara negara itu dibentuk pada tahun 2000.

Distrik Brčko secara resmi adalah milik keduanya, namun tidak diatur oleh keduanya, dan berfungsi di bawah sistem pemerintahan daerah yang terdesentralisasi.

Dalam pemilihan, para pemilih dari Distrik Brčko dapat memilih untuk berpartisipasi dalam pemilihan Federasi atau Republik.

Pembagian wilayah administratif Bosnia dan Herzegovina
Tiga entitas di dalam Bosnia dan Herzegovina

Tingkat ketiga dari subdivisi politik Bosnia dan Herzegovina adalah kanton. Federasi Bosnia dan Herzegovina memiliki sepuluh kanton.

Tingkat keempat divisi politik di Bosnia dan Herzegovina adalah kotamadya. Federasi Bosnia dan Herzegovina memiliki 74 kotamadya dan Republika Srpska memiliki 63 kotamadya.

Selain entitas, kanton, dan kota, Bosnia dan Herzegovina juga memiliki empat kota “resmi”. Kota tersebut adalah Banja Luka, Mostar, Sarajevo, dan Sarajevo Timur.

Lambang negara Bosnia dan Herzegovina
Lambang negara Bosnia dan Herzegovina

Geografi

Bosnia dan Herzegovia berada di Balkan barat, berbatasan dengan Kroasia di utara dan barat, Serbia di timur, dan Montenegro di tenggara.

Negara ini memiliki garis pantai sepanjang 20 kilometer di Kota Neum. Letak astronomis negara Bosnia dan Herzegovina adalah di antara 42°LU hingga 46°LU dan 15°BT hingga 20°BT.

Nama negara itu terbentuk dari dua wilayah yakni Bosnia dan Herzegovina yang dipisahkan oleh perbatasan yang tidak terdefinisikan secara jelas. Bosnia menempati wilayah utara dan Herzegovina menempati bagian selatan negara itu.

Jembatan Tua Mostar
Jembatan Tua Mostar

Demografi

Bosnia dan Herzegovina secara umum adalah rumah bagi tiga etnis yakni Bosnia, Serbia, dan Kroasia.

Menurut data dari sensus 2013 yang diterbitkan oleh Badan Statistik Bosnia dan Herzegovina, etnis Bosnia sebanyak 50,11% populasi, Serbia 30,78%, Kroasia 15,43%, etnis lain 2,73%, dan sisanya tidak menjawab.

Trebinje, di tepi Trebišnjica
Trebinje, di tepi Trebišnjica

Agama

Menurut sensus 2013, Islam adalah agama mayoritas di Bosnia dan Herzegovina (51%) dengan 38% di antaranya adalah Muslim Sunni. 13% sisanya adalah Syiah, dominasi lain, dan non-dominasi. 46% populasi beragama Kristen.

Di antara mereka, Gereja Ortodoks Serbia membentuk kelompok terbesar hingga 31% populasi (kebanyakan orang Serbia) dan Gereja Katolik Roma 15% (kebanyakan orang Kroasia).

Kelompok terkecil adalah Agnostik 0,3%, Ateis 0,8%, dan beragama lain 1,15%. 1,1% responden tidak menjawab.

Gunung Maglić (dari danau Trnovacko di Montenegro)
Gunung Maglić (dari Danau Trnovacko di Montenegro)

Bahasa

Konstitusi Bosnia tidak menetapkan bahasa resmi. Namun, Perjanjian Dayton menyatakan bahwa “ini dilakukan dalam bahasa Bosnia, Kroasia, Inggris, dan Serbia”, dan sebuah “pengakuan de facto atas tiga bahasa resmi” di tingkat entitas.

Status yang sama dari bahasa Bosnia, Serbia, dan Kroasia telah diverifikasi oleh Mahkamah Konstitusi pada tahun 2000. Mahkamah memutuskan bahwa kata-kata dalam konstitusi entitas diubah dan ketiga bahasa dibuat resmi di kedua entitas.

Menurut Piagam Eropa 1992 untuk Bahasa Regional atau Minoritas, Bosnia dan Herzegovina mengakui bahasa minoritas Albania, Montenegro, Ceko, Italia, Hongaria, Makedonia, Jerman, Polandia, Romani, Rumania, Rusyn, Slowakia, Slovenia, Turki, Ukraina, dan Yahudi (Yiddish dan Ladino).

Dalam sensus 2013, 52,86% populasi menggunakan bahasa Bosnia sebagai bahasa ibu, 30,76% bahasa Serbia, bahasa Kroasia 14,6%, 1,57% populasi menggunakan bahasa lain, dan 0,21% tidak memberikan jawaban.