Profil & Informasi tentang Negara Slovakia [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Slovakia [Lengkap]

Informasi mengenai Slovakia.

NamaSlovakia
Nama resmiRepublik Slovakia
Slovenská republika (Slovakia)
Ibu kotaBratislava
Semboyan-
Lagu kebangsaanNad Tatrou sa blýska
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
Kemerdekaan1 Januari 1993
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifNárodná rada
Bahasa NasionalSlovakia
AgamaKatolik Roma
Kristen
Katholik Yunani
Orthodox
Islam
Mata UangEuro (€) (EUR)
Zona WaktuWaktu Eropa Tengah (CET) (UTC+1)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST) (UTC+2)
Kode Telepon+421
Domain.sk
Situs Resmihttps://www.vlada.gov.sk
Jumlah Penduduk5.440.602 (estimasi Juli 2020)

Republik Slovakia adalah sebuah negara berdaulat di Eropa yang merupakan pecahan Cekoslovakia. Slovakia adalah negara yang terkurung daratan. Dalam sejarah, negara ini pernah menjadi bagian Kerajaan Moravia Besar dan Austro-Hongaria.

Batas-batas wilayah Slovakia:

Letak negara Slowakia
Letak Slovakia

Slowakia memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Slowakia
Bendera Slovakia

Pembagian Administratif

Slovakia dibagi menjadi 8 krajov (region) yang dinamai menurut kota utamanya. Krajov telah menikmati tingkat otonomi tertentu sejak tahun 2002. Badan pemerintahan sendiri disebut sebagai region otonom atau Unit Region Tingkat Tinggi.

Kraje dibagi lagi menjadi banyak okresy. Slovakia saat ini memiliki 79 okresy. Okresy selanjutnya dibagi menjadi obcí. Saat ini ada 2.890 obcí.

Pembagian wilayah administratif Slowakia
Krajov di Slovakia

Berikut daftar delapan krajov di Slovakia.

  1. Bratislavský,
  2. Trnavský,
  3. Nitriansky,
  4. Trenčiansky,
  5. Banskobystrický,
  6. Žilinský,
  7. Košický,
  8. Prešovský.
Lambang negara Slowakia
Lambang negara Slowakia

Geografi

Slovakia secara astronomis terletak di antara 47°LU hingga 50°LU dan 16°BT hingga 23°BT.

Lanskap Slovakia terkenal karena alamnya yang bergunung-gunung dengan Pegunungan Carpathian membentang di bagian utara Slovakia. Di antara pegunungan ini terdapat puncak tinggi Region Fatra-Tatra (termasuk Pegunungan Tatra, Fatra Besar, dan Fatra Kecil), Pegunungan Ore Slovakia, Pegunungan Tengah Slovakia atau Beskids.

Dataran rendah terluas adalah Dataran Rendah Danubian yang subur di barat daya, diikuti oleh Dataran Rendah Slowakia Timur. Hutan menutupi 41% wilayah Slovakia.

Kereta gantung di Jasna di Pegunungan Tatra.
Kereta gantung di Jasna di Pegunungan Tatra.

Demografi

Menurut sensus 2011, mayoritas populasi adalah etnis Slovakia (80,7%). Hongaria adalah etnis minoritas terbesar (8,5%). Kelompok etnis lainnya adalah Roman (2%), Ceko (0,6%), Rusyn (0,6%), dan tidak spesifik (7,6%). Perkiraan tidak resmi pada populasi Roman jauh lebih tinggi, sekitar 5,6% populasi.

Pada tahun 2007, Slovakia diperkirakan memiliki tingkat kesuburan total 1,33 yang secara signifikan berada di bawah tingkat penggantian dan merupakan salah satu tingkat terendah di antara negara-negara Uni Eropa.

Basilika St. James di Levoča
Basilika St. James di Levoča

Bahasa

Bahasa resmi Slovakia adalah bahasa Slovak yang merupakan anggota keluarga bahasa Slavia. Bahasa Hongaria secara luas digunakan di wilayah selatan dan Rusyn digunakan di timur laut. Bahasa minoritas mendapat status bahasa resmi di kota yang penuturnya memenuhi ambang hukum 15% dalam dua sensus berturut-turut.

Di Uni Eropa, Slovakia berada di peringkat atas tentang pengetahuan bahasa asing. Pada tahun 2007, 68% populasi yang berusia 25 hingga 64 tahun mengaku bahwa mereka dapat berbicara dua bahasa asing atau lebih. Bahasa asing yang paling dipahami di Slovakia adalah bahasa Ceko. Laporan Eurostat juga menunjukkan bahwa 98,3% pelajar di pendidikan menengah atas mengambil dua bahasa asing.

Komunitas tuna rungu menggunakan bahasa isyarat Slovakia. Meskipun bahasa Ceko dan Slovakia adalah serupa, bahasa isyarat Slovakia tidak terlalu dekat dengan bahasa isyarat Ceko.

Katedral St. Elisabeth di Košice adalah gereja terbesar di Slovakia
Katedral St. Elisabeth di Košice adalah gereja terbesar di Slovakia

Agama

Konstitusi Slovakia menjamin kebebasan beragama. Pada tahun 2011, 62,0% populasi adalah jemaat Gereja Katolik Roma, 8,9% populasi Protestan, 3,8% Katolik Yunani, 0,9% Gereja Ortodoks, 13,4% ateis, dan 10,6% tidak menjawab pertanyaan tentang kepercayaan.

Pada tahun 2004, sekitar sepertiga jemaat gereja secara teratur menghadiri kebaktian. Gereja Katolik Yunani Slovak adalah Gereja Katolik sui iuris ritus Timur. Sekitar 2.300 orang Yahudi tinggal di Slovakia hari ini (0,04% populasi).

Pada 2010, diperkirakan ada 5.000 orang Islam di Slowakia yang mewakili kurang dari 0,1% populasi. Slowakia adalah negara anggota terakhir Uni Eropa yang di wilayahnya tidak ada masjid.