Profil & Informasi tentang Negara Malta [Lengkap]

  • 1
    Share

Profil negara Malta

Profil negara Malta.

NamaMalta
Nama resmiRepublik Malta
Repubblika ta' Malta (Malta)
Ibu kotaValletta
SemboyanVirtute et constantia
(Latin: "Keberanian dan tekad")
Lagu kebangsaan L-Innu Malti
(Malta: Lagu Malta)
Bentuk PemerintahanRepublik Parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
KemerdekaanNegara Malta: 21 September 1964
Republik: 13 Desember 1974
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifHouse of Representatives
Bahasa NasionalMalta dan Inggris
AgamaKatolik
Mata UangEuro (€) (EUR)
Zona WaktuUTC+1 (CET)
Waktu Musim Panas (DST) UTC+2 (CEST)
Kode Telepon+356
Domain.mt
Situs Resmihttps://www.gov.mt/
Jumlah Penduduk457.267 (estimasi Juli 2020)

Republik Malta adalah sebuah negara kepulauan berdaulat di Eropa Selatan. Luas wilayah negara Malta adalah 316 km².

Malta berada di tengah Laut Mediterania dan terdiri dari lima pulau. Tiga pulau berpenghuni adalah Pulau Malta, Gozo dan Comino. Ibu kota Malta adalah Valletta.

Dengan wilayah seluas 0,8 km², ibu kota Malta adalah ibu kota terkecil di Uni Eropa. Malta memiliki satu bahasa nasional yaitu bahasa Malta dan satu bahasa resmi yakni bahasa Inggris.

Batas-batas wilayah Malta:

Letak negara Malta
Letak Malta

Malta memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Malta
Bendera Malta

Pembagian Administratif

Malta telah memiliki sistem pemerintahan mandiri sejak 1993 berdasarkan Piagam Eropa untuk Pemerintahan Sendiri.

Malta dipecah menjadi lima region (salah satunya adalah Gozo) yang masing-masing memiliki komite regionalnya sendiri. Region dipecah lagi menjadi dewan lokal yang kini terdapat 68 dewan lokal.

Enam belas “dusun”, yang merupakan bagian dari dewan yang lebih besar, memiliki komite administratif mereka sendiri. Enam distrik (lima di Malta dan satu di Gozo) ada untuk kepentingan statistik.

Pembagian wilayah administratif Malta
Dewan lokal di Malta

Geografi

Malta adalah sebuah negara kepulauan di Mediterania tengah, sekitar 80 km selatan Pulau Sisilia. Malta dianggap sebagai sebuah pulau di lepas pantai Afrika Utara selama berabad-abad. Letak astronomis negara Malta adalah di antara 35,80° hingga 36,08 LU dan 14,18 hingga 14,57°BT.

Banyaknya teluk di sepanjang garis pantai kepulauan memberikan pelabuhan yang baik. Lanskapnya terdiri dari perbukitan rendah dengan ladang berteras.

Titik tertinggi di Malta adalah Ta ‘Dmejrek (253 m) di dekat Dingli. Meskipun ada beberapa sungai kecil pada saat curah hujan sedang tinggi, tidak ada sungai atau danau permanen di Malta.

Lambang negara Malta
Lambang negara

Bahasa

Bahasa Malta adalah salah satu bahasa konstitusional Malta dan dianggap sebagai bahasa nasional. Sebelumnya, bahasa Sisilia adalah bahasa resmi Malta sejak abad ke-12, dan dialek Tuscan dari Italia sejak abad ke-16.

Bersama bahasa Malta, bahasa Inggris juga merupakan bahasa resmi Malta dan oleh karena itu hukum negara tersebut ditulis dalam bahasa Malta dan Inggris.

Namun, pasal 74 Konstitusi menyatakan bahwa ” … jika terjadi konflik antara teks bahasa Malta dan bahasa Inggris dalam hukum apa pun, maka teks dalam bahasa Malta yang berlaku.”

Gereja Ortodoks Yunani St. Georg di Valletta
Gereja Ortodoks Yunani St. Georg di Valletta

Agama

Agama utama di Malta adalah Katolik. Artikel kedua Konstitusi Malta menetapkan Katolik sebagai agama negara dan juga tercermin dalam berbagai elemen budaya Malta, meskipun ketentuan tentang kebebasan beragama dibuat.

(1) The religion of Malta is the Roman Catholic apostolic religion.
(2) The authorities of the Roman Catholic apostolic church have the duty and the right to teach which principles are right and which are wrong.
(3) Religious teaching of the Roman Catholic apostolic faith shall be provided in all state schools as part of compulsory education.

Chapter 1, Article 2 of the Constitution of Malta
Pantai Teluk Mellieħa
Pantai Teluk Mellieħa

Ada lebih dari 360 gereja di Pulau Malta, Gozo, dan Comino. Gereja paroki adalah titik fokus arsitektur dan geografis dari setiap kota dan desa Malta.

Kebanyakan jemaat gereja Protestan bukanlah orang Malta. Ada sekitar 600 Saksi-Saksi Yehuwa. Mormon, Gereja Baptis Alkitab, dan Persekutuan Gereja-Gereja Injili masing-masing memiliki sekitar 60 afiliasi.

Ada juga beberapa gereja dari denominasi lain, termasuk Gereja St Andrew’s Scots di Valletta (gabungan Presbiterian dan Metodis), Katedral Anglikan St Paul, dan gereja Masehi Advent Hari Ketujuh di Birkirkara.

Masjid Mariam Al-Batool di Paola, Malta
Masjid Mariam Al-Batool di Paola, Malta

Ada satu masjid di Malta yakni Masjid Mariam Al-Batool. Dari sekitar 3.000 Muslim di Malta, sekitar 2.250 orang adalah orang asing, sekitar 600 adalah warga negara naturalisasi, dan sekitar 150 adalah orang Malta asli. Buddhisme Zen dan Iman Bahá’í mengklaim sekitar 40 pengikut.

Dalam sebuah survei yang diadakan oleh Malta Today, mayoritas populasi beragama Kristen (95,2%) dengan Katolik sebagai denominasi utama (93,9%). Menurut laporan yang sama, 4,5% populasi menyatakan diri sebagai ateis atau agnostik.

Teluk Laguna Biru
Teluk Laguna Biru

  • 1
    Share