Profil & Informasi tentang Negara Kroasia [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Kroasia [Lengkap]

Informasi mengenai Kroasia.

NamaKroasia
Nama resmiRepublik Kroasia
Republika Hrvatska (Kroasia)
Ibu kotaZagreb
Semboyan-
Lagu kebangsaanLijepa naša domovino
Bentuk PemerintahanRepublik Parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
Kemerdekaan25 Juni 1991
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifSabor
Bahasa NasionalKroasia
AgamaKatolik
Kristen
Islam
Mata UangKuna (kn) (HRK)
Zona WaktuWaktu Eropa Tengah (CET) (UTC+1)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST) (UTC+2)
Kode Telepon+385
Domain.hr
Situs Resmihttps://vlada.gov.hr/
Jumlah Penduduk4.227.746 (estimasi Juli 2020)

Republik Kroasia adalah sebuah negara berdaulat di Eropa yang dalam peta berbentuk bulan sabit di kawasan Balkan. Ibu kota Kroasia adalah Zagreb. Dalam sejarah, Kroasia juga merupakan bagian dari Republik Sosialis Federal Yugoslavia. Negara ini memerdekakan diri pada tahun 1991.

Batas-batas wilayah Kroasia:

Letak negara Kroasia
Letak Kroasia

Kroasia memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Kroasia
Bendera Kroasia

Pembagian Administratif

Sejak dibentuk kembali pada tahun 1992, Kroasia dibagi menjadi 20 county dan ibu kota. County dipecah menjadi 127 kota dan 429 kotamadya.

Pembagian wilayah administratif Kroasia
County di Kroasia

Berikut daftar 20 county dan 1 ibu kota di Kroasia.

  1. Bjelovar-Bilogora,
  2. Brod-Posavina,
  3. Dubrovnik-Neretva,
  4. Istria,
  5. Karlovac,
  6. Koprivnica-Križevci,
  7. Krapina-Zagorje,
  8. Lika-Senj,
  9. Međimurje,
  10. Osijek-Baranja,
  11. Požega-Slavonia,
  1. Primorje-Gorski Kotar,
  2. Sisak-Moslavina,
  3. Split-Dalmatia,
  4. Šibenik-Knin,
  5. Varaždin,
  6. Virovitica-Podravina,
  7. Vukovar-Syrmia,
  8. Zadar,
  9. County Zagreb,
  10. Kota Zagreb.
Lambang negara Kroasia
Lambang negara Kroasia

Geografi

Kroasia terletak di persimpangan Eropa Tengah dan Tenggara. Kroasia secara astronomis terletak di antara 42°LU hingga 47°LU dan 13°BT hingga 20°BT.

Kroasia berada di wilayah seluas 56.594 km² yang terdiri dari 56.414 km² luas daratan dan 128 km² perairan. Kroasia adalah negara terluas ke-127 di dunia.

Di Pegunungan Alpen Dinarik terdapat titik tertinggi Kroasia. Puncak Dinara (1.831 meter) di perbatasan dengan Bosnia-Herzegovina adalah titik tertinggi Kroasia.

Kepulauan milik Kroasia disusun oleh seribu pulau yang ukurannya bervariasi, 48 di antaranya dihuni secara permanen. Pulau terbesarnya adalah Cres dan Krk yang masing-masing seluas sekitar 405 km².

Varaždin, ibu kota Kroasia antara 1767 dan 1776, adalah pusat dari wilayah Varaždin; Foto: Benteng Kota Tua, salah satu dari 15 situs Kroasia yang tercantum dalam daftar sementara Warisan Dunia UNESCO
Varaždin, ibu kota Kroasia antara 1767 dan 1776, adalah pusat dari wilayah Varaždin; Foto: Benteng Kota Tua, salah satu dari 15 situs Kroasia yang tercantum dalam daftar sementara Warisan Dunia UNESCO

Bahasa

Bahasa Kroasia adalah bahasa resmi Kroasia dan menjadi bahasa resmi ke-24 Uni Eropa pada tahun 2013. Bahasa minoritas di Kroasia adalah bahasa Italia, Ceko, Hungaria, Ruthenian, Serbia, dan Slovakia.

Menurut Sensus 2011, 95,6% populasi menggunakan bahasa Kroasia sebagai bahasa ibu, 1,2% berbahasa Serbia, dan tidak ada bahasa lain dengan penutur lebih dari 0,5% populasi.

Ada tiga dialek utama yang diucapkan di wilayah Kroasia, dengan bahasa Kroasia standar didasarkan pada dialek Shtokavian. 2 dialek lainnya adalah dialek Chakavian dan Kajkavian, yang dibedakan oleh leksikon, fonologi, dan sintaksisnya.

Katedral St. James di Šibenik dimasukkan dalam Daftar Warisan Budaya Dunia UNESCO pada tahun 2000
Katedral St. James di Šibenik dimasukkan dalam Daftar Warisan Budaya Dunia UNESCO pada tahun 2000

Agama

Kroasia tidak menetapkan agama resmi. Kebebasan beragama adalah hak yang diakui Konstitusi yang juga menjelaskan bahwa semua komunitas agama setara di hadapan hukum dan terpisah dari negara.

Menurut sensus 2011, 91,36% orang Kroasia beragama Kristen. Dari jumlah tersebut, Gereja Katolik Roma mendapat porsi terbesar (86,28% populasi), Ortodoksi Timur (4,44%), Protestan (0,34%), dan denominasi lain (0,30%). Agama terbesar setelah Kristen adalah Islam (1,47%). 4,57% populasi adalah ateis.

Dalam Eurostat Eurobarometer Poll tahun 2005, 67% populasi Kroasia menjawab bahwa “mereka percaya adanya Tuhan”. Dalam jajak pendapat Gallup 2009, 70% menjawab ya untuk pertanyaan “Apakah agama merupakan bagian penting dari kehidupan sehari-hari Anda?”. Namun, hanya 24% populasi yang menghadiri acara keagamaan secara teratur.

  • 1
    Share