SemutAspal

Profil Negara Slovenia [Lengkap]

NamaSlovenia
Nama resmiRepublik Slovenia
Republika Slovenija (Slovenia)
Ibu kotaLjubljana
Semboyan-
Lagu kebangsaanZdravljica
Bentuk PemerintahanRepublik Parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
Kemerdekaan25 Juni 1991
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifParlemen (Državni svet + Državni zbor)
Bahasa NasionalSlovenia
AgamaIslam
Kristen
Katolik
Mata UangEuro (€) (EUR)
Zona WaktuWaktu Eropa Tengah (CET) (UTC+1)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST) (UTC+2)
Kode Telepon+386
Domain.si
Situs ResmiSitus Pemerintah
Jumlah Penduduk2.102.678 (estimasi Juli 2020)

Profil Negara Slovenia

Republik Slovenia adalah negara pesisir sub-Alpen di Eropa Tengah.

Negara ini dulunya adalah bagian Austria-Hungaria pada 1918, kemudian bagian Slovenes (Kroasia dan Serbia) pada 29 Oktober 1918 hingga 1 Desember 1918, Republik Federal Sosialis Yugoslavia dari 1945 hingga merdeka pada 1991.

Negara ini adalah anggota Uni Eropa sejak 1 Mei 2004. Negara ini juga merupakan anggota Dewan Eropa, NATO, dan pengamat La Francophonie. Ibukota Slovenia adalah Ljubljana.

Batas-batas wilayah Slovenia:

Slovenia memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Slovenia
Bendera Slovenia

Pembagian Administratif

Secara resmi, negara ini dibagi menjadi 212 kotamadya (sebelas di antaranya berstatus kotamadya perkotaan). Kotamadya adalah satu-satunya badan otonomi lokal di negara ini. Tidak ada unit partisipasi resmi antara kota dan Republik Slovenia.

Ke-62 distrik administrasi, yang secara resmi disebut “Unit Administratif”, hanya merupakan subdivisi dari administrasi pemerintahan nasional dan diberi nama sesuai dengan pangkalan masing-masing kantor pemerintah.

Mereka dipimpin oleh Unit Manajer yang ditunjuk oleh Menteri Administrasi Publik.

Ke-12 region statistik tidak memiliki fungsi administratif dan dibagi menjadi dua macroregion untuk tujuan kebijakan Regional Uni Eropa. Berikut 2 makro region negara ini:

  1. Slovenia Timur terdiri dari Mura, Drava, Carinthia, Savinja, Sava Tengah, Sava Bawah, Slovenia Tenggara, dan Inner Carniola–Karst.
  2. Slovenia Barat adalah Slovenia Tengah, Carniola Atas, Gorizia, dan Coastal–Karst.
Lambang negara Slovenia
Lambang negara Slovenia

Geografi

Negara ini terletak di persimpangan Eropa Tengah dan Tenggara, bersinggungan dengan Alpen dan berbatasan dengan Laut Mediterania. Letak astronomis negara Slovenia adalah di antara 45°LU hingga 47°LU dan 13°BT hingga 17°BT.

Pusat geometris negara ini terletak di koordinat 46°07’11.8″LU dan 14°48’55.2″BT di Kotamadya Litija, Slivna.

Puncak tertinggi negara ini adalah Triglav (2.864 meter) dan ketinggian rata-rata di negara ini adalah 557 meter. Luas wilayah Slovenia adalah 20,271 km².

Bahasa

Bahasa resmi Slovenia adalah bahasa Slovenia. Pada tahun 2002, bahasa Slovenia dipakai oleh sekitar 88% populasi. Data tersebut menempatkan negara ini sebagai negara paling homogen di Uni Eropa dalam hal bahasa ibu paling dominan.

Agama

Menurut sensus tahun 2002, 57,8% populasi beragama Katolik. Sebagian besar umat Katolik di negara ini adalah jemaat Ritus Latin. Sejumlah umat Katolik Yunani tinggal di wilayah Region Carniola Putih.

Meskipun jumlah Protestan relatif sedikit (kurang dari 1% pada tahun 2002), warisan Protestan secara historis signifikan mengingat bahwa bahasa standar Slovenia dan sastra Slovenia didirikan oleh Reformasi Protestan pada abad ke-16.

Saat ini, minoritas Lutheran hidup di wilayah paling timur Prekmurje.

Selain dua denominasi Kristen tersebut, komunitas Yahudi juga ada. Meskipun kerugian yang diderita selama Holocaust, umat Yahudi masih berjumlah beberapa ratus, kebanyakan tinggal di Ljubljana.

Menurut sensus 2002, Islam adalah agama terbesar kedua (2,4%). Sebagian besar Muslim berasal dari Bosnia.

Denominasi terbesar ketiga adalah Kristen Ortodoks (2,2%) dengan sebagian besar adalah jemaat Gereja Ortodoks Serbia dan minoritas jemaat Gereja Makedonia dan Ortodoks lainnya.

Pada 2002, sekitar 10% populasi adalah ateis, 10% populasi tidak ada denominasi khusus, dan sekitar 16% memutuskan untuk tidak menjawab. Menurut Poll Eurobarometer 2010:

  • 32% populasi menjawab bahwa “mereka percaya adanya Tuhan”
  • 36% menjawab bahwa “mereka percaya ada semacam roh atau kekuatan hidup”
  • 26% bahwa “mereka tidak percaya ada semacam Tuhan, roh, atau kekuatan hidup”

Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal