Profil & Informasi tentang Negara Komoro [Lengkap]

Profil negara Komoro

Informasi mengenai Komoro.

NamaKomoro
Nama resmiPerserikatan Komoro
Union des Comores (Prancis)
Udzima wa Komori (Komoro)
الاتحاد القمري
Al-Ittiḥād al-Qumurī/Qamarī (Arab)
Ibu kotaMoroni
SemboyanUnité, Justice, Progrès
(Prancis: "Persatuan, Keadilan, Kemajuan")
Lagu kebangsaanUdzima wa ya Masiwa
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
Kemerdekaan6 Juli 1975
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPresiden
Badan LegislatifAssemblée de la Union
Bahasa NasionalKomoro, Arab, dan Prancis
AgamaIslam dan Katolik Roma
Mata UangFranc Komoro (CF) (KMF)
Zona WaktuWaktu Afrika Timur (EAT) (UTC+3)
Kode Telepon+269
Domain.km

Perserikatan Komoro adalah sebuah negara pulau di Samudra Hindia tepatnya di ujung utara Selat Mozambik, lepas pantai timur Afrika. Ibu kota dan kota terbesar Komoro adalah Moroni. Agama mayoritas populasi adalah Islam Sunni. Sebagai anggota Liga Arab, Komoro adalah satu-satunya negara di dunia Arab yang sepenuhnya berada di belahan bumi selatan.

Batas-batas wilayah Komoro:

Letak negara Komoro
Letak Mozambik

Komoro memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Komoro
Bendera Komoro

Geografi

Komoro dibentuk oleh Ngazidja, Mwali, dan Nzwani yang merupakan tiga pulau besar di Kepulauan Komoro serta beberapa pulau kecil. Pulau tersebut secara resmi dikenal dalam bahasa Komoro. Ibu kota dan kota terbesar Moroni terletak di Pulau Ngazidja. Dengan wilayah seluas 2.034 km², Komoro adalah salah satu negara terkecil di dunia. Komoro juga mengklaim 320 km² laut teritorial.

Pulau Ngazidja adalah pulau terbesar Kepulauan Komoro. Gunung Karthala dan La Grille berada di Ngazidja. Pulau Mwali dengan adalah pulau terkecil di antara pulau besar di Komor. Nzwani memiliki bentuk segitiga yang khas karena adanya Pegunungan Sima, Nioumakélé, dan Jimilimé.

Gunung Karthala adalah titik tertinggi di Komoro (2.361 m).

Peta Komoro
Peta Komoro

Demografi

Salah satu etnis terbesar di Komoro merupakan etnis Shirazi. Minoritas, misalnya orang Malagasy dan India berasal dari pemukim awal Prancis. Orang-orang tiongkok juga dapat ditemukan di Grande Comore (terutama Moroni).

Lambang negara Komoro
Lambang negara Komoro

Bahasa

Bahasa yang paling mudah ditemukan di Komoro adalah bahasa Komoro atau Shikomori. Ini adalah bahasa yang terkait dengan Swahili dan memiliki empat varian berbeda yakni Shingazidja, Shimwali, Shinzwani, dan Shimaore.

Bahasa Arab dan Prancis adalah bahasa resmi di Komoro bersama dengan bahasa Komoro. Bahasa Arab dipakai secara luas sebagai bahasa kedua. Bahasa Prancis adalah bahasa administratif di Komoro.

Pemandangan kota pesisir di Anjouan termasuk masjid
Pemandangan kota pesisir di Anjouan termasuk masjid

Agama

Islam Sunni adalah agama mayoritas di Komoro yang mewakili 99% populasi. Sebagian kecil penduduk Komoro, kebanyakan adalah ekspatriat dari Heksagon (Prancis Metropolitan) dan merupakan jemaat Gereja Katolik Roma.

  • 1
    Share