Profil & Informasi tentang Negara Bangladesh [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Bangladesh [Lengkap]

Informasi mengenai Bangladesh.

NamaBangladesh
Nama resmiRepublik Rakyat Bangladesh
গণপ্রজাতন্ত্রী বাংলাদেশ
Gônôprôjatôntri Bangladesh (Bengali)
Ibu kotaDhaka
Semboyan-
Lagu kebangsaanআমার সোনার বাংলা
Amar Shonar Bangla
Bentuk PemerintahanRepublik
Sistem PemerintahanRepublik Parlementer
KemerdekaanPemisahan India: 14 Agustus 1947
Deklarasi Kemerdekaan: 26 Maret 1971
Pembebasan Bangladesh: 16 Desember 1971
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan Legislatifজাতীয় সংসদ
Jatiyô Sôngsôd
Bahasa NasionalBengali
AgamaIslam
Hindu
Buddha
Kristen
Animisme
Mata UangTaka (৳) (BDT)
Zona WaktuWaktu Standar Bangladesh (BST) (UTC+6)
Kode Telepon+880
Domain.bd dan .বাংলা
Daftar Situs Resmi Pemerintahanwww.bangladesh.gov.bd
Jumlah Penduduk162.650.853 (estimasi Juli 2020)

Bangladesh, sebuah republik berdaulat di Asia selatan, adalah negara dengan jumlah populasi terbanyak ke-8 di dunia.

Negeri ini dulunya merupakan sayap timur Pakistan yang terpisah sejauh 1.600 kilometer dengan Pakistan Barat.

Batas-batas wilayah negara Bangladesh:

  • Utara: India,
  • Selatan: Teluk Benggala,
  • Barat: India,
  • Timur: India dan Myanmar.
Letak negara Bangladesh
Letak Bangladesh

Nama resmi Bangladesh adalah গণপ্রজাতন্ত্রী বাংলাদেশ (Gônôprôjatôntri Bangladesh) yang secara harfiah berarti Republik Rakyat Bangladesh.

Bangladesh (বাংলাদেশ) sendiri bermakna “Negara Bangla” dalam bahasa Bengali.

Negara Bangladesh beribu kota di Dhaka yang terletak di bagian tengah negara ini.

Bendera negara Bangladesh
Bendera Bangladesh

Pembagian Administratif

Di Bangladesh, terdapat 7 divisi yang mempermudah administrasi pemerintahan. Di bawah divisi terdapat beberapa distrik (zila). Total ada 64 distrik di Bangladesh.

Distrik terbagi lagi menjadi upazila (sub distrik) atau thana (stasiun polisi). Setiap stasiun polisi, kecuali yang terdapat di daerah metropolitan, terdiri dari beberapa kesatuan.

Setiap kesatuan ini terbagi lagi menjadi desa. Di wilayah metropolitan, stasiun polisi berada di atas ward, yang dibagi lagi menjadi mahallas.

Dhaka adalah ibu kota negara sekaligus kota terbesar di Bangladesh. Kota utama lainnya adalah Chittagong, Khulna, Sylhet, Rajshahi, Barisal, Bogra, Comilla, Mymensingh, dan Rangpur.

Divisi di negara Bangladesh
Divisi di negara Bangladesh

7 Divisi yang ada di negara Bangladesh:

  1. Barisāl (বরিশাল),
  2. Chittagong (চট্টগ্রাম),
  3. Dhaka (ঢাকা),
  4. Khulna (খুলনা),
  5. Rajshahi (রাজশাহী),
  6. Sylhet (সিলেট),
  7. Rangpur (রংপুর).
Lambang negara Bangladesh
Lambang negara Bangladesh

Agama

Dua agama yang mendominasi Bangladesh adalah Islam dan Hindu. Aliran Islam yang paling banyak dianut oleh masyarakat adalah Sunni. Syi’ah, Ahmadiyyah, atau Sufi juga ada di Bangladesh namun minoritas.

Mayoritas etnis Bihari menganut aliran Islam Syiah. Kelompok agama lain yang eksis di sana adalah Buddha (kebanyakan Theravada), Kristen (kebanyakan Katolik Roma), dan animisme.

Bangladesh adalah negara Muslim terbesar ke-4 menurut populasi setelah Indonesia, Pakistan, dan India. Islam secara konstitusi adalah agama negara, tetapi agama lain masih boleh dianut.

Perserikatan Bangsa-Bangsa telah mengakui negara ini sebagai negara Islam yang demokratis dan moderat.

Somapura Mahavihara di Paharpur, Bangladesh.
Vihara ini merupakan vihara Buddha terbesar di Asia Selatan.
Vihara ini didirikan oleh Dharmapala dari Benggala.
Somapura Mahavihara di Paharpur, Bangladesh. Vihara ini merupakan vihara Buddha terbesar di Asia Selatan yang didirikan oleh Dharmapala dari Benggala.

Bahasa

Bahasa resmi dan yang paling banyak dituturkan di negeri tersebut adalah bahasa Bengali atau Bangla, sebuah bahasa Indo-Arya yang berakar dari bahasa Sanskerta. Bahasa ini memiliki aksaranya sendiri.

Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa kedua di kalangan terpelajar. Sejak Keputusan Presiden tahun 1987, bahasa Bengali harus digunakan pada semua korespondensi resmi kecuali korespondensi asing.

Danau Boga di Bandarban.
Danau Boga di Bandarban.

Kebudayaan

Bangladesh memiliki budaya yang merupakan perpaduan antara unsur kuno dan modern, yang melambangkan sejarah panjang. Teks tertulis mula-mula dalam bahasa Bengali adalah Charyapada dari abad ke-8 Masehi.

Sastra Bengali pada abad pertengahan didominasi sastra keagamaan (seperti Chandidas) atau adaptasi dari bahasa lain (misalnya Alaol).

Sastra Bengali mencapai ekspresi penuhnya sekitar abad ke-19. Bangladesh juga memiliki tradisi panjang dalam sastra rakyat, contohnya Thakurmar Jhuli, Maimansingha Gitika, atau kisah-kisah yang berkaitan dengan Gopal Bhar.

Tradisi musik Bangladesh fokus pada lirik (Baniprodhan) dengan sedikit diiringi alat musik. Tradisi Baul merupakan salah satu peninggalan musik rakyat Bangla yang unik.

Bermacam-macam tradisi musik Bangladesh terbagi menurut wilayah. Gombhira, Bhatiali, dan Bhawaiya adalah beberapa bentuk musik yang populer.

Musik rakyat Benggala sering diiringi dengan ektara, sebuah instrumen dengan satu dawai. Instrumen musik lainnya adalah dhol, dotara, suling, dan tabla. Bentuk tarian Bangladesh berasal dari tradisi rakyat khususnya dari kelompok suku pribumi dan juga tradisi tari India.

Mendaki gunung adalah kegiatan populer di Distrik Bandarban.
Mendaki gunung adalah kegiatan populer di Distrik Bandarban.

Masakan Bangladesh menggunakan sedikit minyak dengan dominasi sayuran. Tradisi kuliner Bangladesh berhubungan erat dengan masakan India dan Timur Tengah, meski masakan Bangladesh juga memiliki ciri uniknya tersendiri.

Nasi dan kari adalah masakan tradisional yang digemari. Penduduk Bangladesh membuat daging manis dari olahan susu, misalnya Chômchôm, Rôshogolla, dan Kalojam.

Sari (shaŗi) merupakan set pakaian yang biasa dikenakan oleh perempuan Bangladesh. Salwar kameez (shaloar kamiz) juga cukup sering dikenakan.

Di daerah urban, beberapa perempuan telah mengenakan pakaian Barat. Di antara para lelaki, pakaian Eropa juga banyak disukai. Mereka juga mengenakan kurta-paejama (dikenakan pada acara religius) dan lungi.

Salah satu puncak tertinggi di negara ini, Keokradong.
Salah satu puncak tertinggi di negara ini, Keokradong.

Olagraga

Kabaddi adalah olahraga nasional Bangladesh, namun kriket dan sepak bola tidak kalah populer. Pada tahun 1997, tim nasional kriket Bangladesh memenangkan ICC Trophy yang membuat mereka dapat berpartisipasi dalam Piala Dunia Kriket 1999.

Dalam penampilan pertama mereka di Piala Dunia kala itu, Bangladesh mengalahkan Pakistan dan Skotlandia pada babak pertama. Pada tahun 2000, tim kriket Bangladesh berhasil mendapat status test cricket.

Olahraga lain yang populer di Negara Bangla adalah hoki lapangan, tenis, bulu tangkis, bola tangan, voli, catur, menembak, dan karambol. Dewan Pengawas Olahraga Bangladesh mengatur dua puluh sembilan federasi olahraga berbeda di negara tersebut.

Pada tahun 2011, Bangladesh berkesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia Kriket bersama dengan India dan Sri Lanka.

  • 1
    Share